Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Dampak Kemarau Warga Mulai Diserang DBD

Misbah Hidayat

Rabu, 12 Agustus 2015 - 07:52 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM - Musim kemarau yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir, tidak hanya menyebabkan kekeringan bagi lahan pertanian. Tetapi, cuaca itu berdampak juga pada munculnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kondisi itu, diakibatkan oleh jentik nyamuk yang berkembang biak di beberapa aliran sungai yang mulai mengering.

Ketua RW 07 Kampung Belengbeng Desa Mayak, Kec. Cibeber, Cianjur, Dede Mulyana mengatakan, ada warganya yang terjangkit penyakit demam berdarah. Hal tersebut diakibatkan oleh nyamuk yang bersarang di sungai kering akibat musim kemarau.

“Warga yang terserang oleh demam berdarah di kampung saya ini berjumlah 2 orang. Kemungkinan penyakit tersebut oleh nyamuk yang berasal dari sungai kering,” ucap Dede kepada “BC” Selasa (11/8).

Kondisi kemarau ujar Dede, membuat sungai yang terdapat dilingkungan kampungnya kering sehingga dipenuhi oleh jentik nyamuk. Hingga, lanjut dia nyamuk tersebut menyerang pemukiman warga dan menjadi penyebab timbulnya penyakit deman berdarah.

“Saya berharap kepada warga agar menjalankan pola hidup sehat di musim kemarau ini. Karena dikhawatirkan serangan nyamuk akan berlangsung lama. Mengingat musim kemarau masih panjang,” ujarnya.

Sementara itu, Rahmat Hidayat (27) warga Kampung Sadamaya wetan RT 02/03 Desa Peuteuy condong Kec. Cibeber merasakan dampak dari datangnya musim kemarau ini yang menyebakan sebagian warga terserang penyakit demam berdarah.

“Bukan hanya di daerah lain, di kampung saya sendiri, akibat musim kemarau ini memicu munculnya nyamuk yang berasal dari sungai kecil yang berada di pinggir rumah saya mungkin,” ungkap Rahmat.

Untuk itu kata Rahmat, sejauh ini pihaknya terus mengadakan langkah pencegahan agar tidak terjangkit oleh penyakit DBD yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aides aigypti tersebut dengan cara menjaga kebersihan lingkungan rumah. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 40 menit yang lalu

5 Kecamatan di Cianjur Terdampak Gempa

Gempa bumi menggoyang Cianjur, Selasa (23/1/2018) siang. Sejumlah wilayah di selatan Cianjur terdampak cukup parah. Tercatat, sejumlah bangunan rusak dan delapan orang siswa sekolah mengalami luka-luka.

Aktualita 45 menit yang lalu

Masalahnya Banyak, RSUD Akan Diperiksa Khusus

SETELAH satu per satu permasalahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur terbongkar, akhirnya Inspektorat Daerah (Irda) Cianjur akan segera melakukan pemeriksaan khusus (riksus), terhadap para…

Aktualita 23/01/2018 08:05 WIB

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 23/01/2018 08:00 WIB

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Aktualita 22/01/2018 08:00 WIB

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…