Jumat, 20 Oktober 2017 - Pukul 02:50

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Kenali Macam-Macam Teh, dan Rasakan Kenikmatannya

Oleh: Raka Pramudya - Sabtu 03 Oktober 2015 | 17:00 WIB

Kenali Macam-Macam Teh, dan Rasakan Kenikmatannya

net

DASAR utama pengolahan teh adalah pemanfaatan oksidasi senyawa polifenol yang didalam daun teh. Oksidasi ini lazim disebut juga fermentasi. Berdasarkan sifat fermentasinya dikenal empat macam produk teh yaitu Teh Hijau (Green Tea), TehOolong, Teh  Hitam (Black Tea)

 

Teh Hitam

Dalam proses pengolahannya memberi kesempatan penuh terjadinya fermentasi (mengalami perubahan kimiawi sempurna sehingga hampir semua kandungan tannin-nya ter-fermentasi menjadi theaflafin dan thearubigin) yang akan merubah warna dari hijau menjadi kecoklatan dan dengan proses pengeringan berubah menjadi hitam. Teh hitam mudah dikenali dipasaran karena warnanya hitam dan paling luas dikonsumsi.

 

Mutu teh merupakan kumpulan sifat yang dimiliki oleh teh, baik fisik maupun kimianya. Kedua sifat ini telah dimiliki sejak berupa pucuk teh maupun diperoleh sebagai akibat teknik penanganan dan pengolahan yang dilakukannya. Kandungan bahan-bahan kimia dalam daun teh terdiri dari tiga kelompok besar yang masing-masing mempunyai kegunaan atau manfaat bagi kesehatan.

 

Zat Polyphenol yang terkandung dalam teh merupakan antioksidant jenis bioflavanoid 100 kali lebih efektif dari vitamin C dan 25 kali dari vitamin E : Menurunkan kadar Cholesterol, Menurunkan tekanan dan kadar gula darah, Membantu kerja ginjal dan mencegah terjadinya batu empedu, Memperlancar pencernaan, Melarutkan lemak, mencegah cholesterol jahat.

 

Unsur Caffeine dalam teh jumlahnya lebih sedikit dibandingkan Kopi. Manfaat caffeine ini bagi kesehatan bersifat sebagai mild stimulant pada sistem syaraf pusat sehingga memperlancar sirkulasi darah ke otak, Dengan minum teh secara teratur akan menaikan tingkat ingatan, cognitive performance, feeling of pleasant and mood.

 

Selain itu, teh juga mengandung protein yang dirasakan sangat besar peranannya dalam pembentukan aroma. Manfaat dari Essential oil bagi kesehatan untuk  melarutkan lemak,  memperlancar pencernaan dan peredaran darah.

 

Teh Hijau

Tidak memberi kesempatan  fermentasi (hampir tidak mengalami proses perubahan kimia) biasanya pucuk teh diproses langsung dengan panas/steam untuk menghentikan aktifitas enzim sehingga sama seperti raw leaf. Karena itu selain warnanya masih hijau dan masih mengandung tannin relatif tinggi.

 

Teh Oolong

Umumnya diproduksi dari tanaman teh yang tumbuh di daerah semi tropis. Prosesnya sama dengan teh hitam, akan tetapi proses fermentasinya sebagian (lebih singkat sekitar 30-70%, dan perubahan berlangsung setengah sempurna sehingga masih mengandung sebagian tannin selain beberapa senyawa turunannya) sehingga warna dan aromanya diantara teh hitam dan teh hijau. (bbs)

Komentar