Kamis, 14 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Penegakan Hukum Tindak Pidana Pemilu Jangan Memihak

Firman Taqur

Rabu, 12 Agustus 2015 - 08:29 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM - Penegakan hukum tindak pidana pemilu harus semata mengusung spirit tanpa keberpihakan. Karenanya, keberadaan Sentra Gakumdu atau Penegakan Hukum Terpadu harus benar-benar mampu mengejawantahkan semangat netralitas tersebut.

Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh menegaskan hal tersebut saat menghadiri peluncuran Sentra Gabungan Cianjur di Wisma Sinar Kasih, Pacet, Selasa (11/8). Hadir di acara tersebut, jajaran Muspida Kab. Cianjur, penyelenggara pilkada dan tamu undangan lainnya.

Bupati mengatakan, jika Sentra Gakumdu ini merupakan forum bersama yang komponennya berasal dari unsur Panwaslu Kab. Cianjur, aparat kepolisian (Polres Cianjur) dan petugas kejaksaan (Kejari Cianjur). 

Dengan komponen yang menurutnya ideal, maka bupati mengharapkan dalam menjalankan tugasnya, Sentra Gakumdu bisa benar-benar menegakkan hukum Kaitan dengan tindak pidana pemilu secara cepat, sederhana dan tidak memihak.

"Selalu responsif dan gerak cepat jika ditemukan unsur pidana dalam pelanggaran pemilu, baik temuan pihak panwas, laporan masyarakat ataupun laporan dari masing–masing tim kampanye calon, untuk kemudian ditindaklanjuti dengan proses hukum yang berlaku melalui sentra penegakkan hukum terpadu," terangnya, kemarin.

Selain itu, Sentra Gakumdu Cianjur ke depan juga senantiasa pro aktif dan peka terhadap setiap perkembangan yang terjadi serta senantiasa meningkatkan kinerja seoptimal mungkin. "Mudah-mudahan tekad dan semangat untuk mewujudkan pilkada yang berkualitas tahun ini dapat tercapai," imbuhnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 10 jam yang lalu

24 Siswa SMK Darmawangsa Siap Prakerin

Sebanyak 24 siswa kelas XI SMK Kesehatan Darmawangsa Cianjur, dinyatakan siap melaksanakan prakerin 2017-2018 dengan usainya pelaksanaan ujian pra-prakerin (UPP).

Aktualita 11 jam yang lalu

Cegah Difteri dengan Imunisasi

WABAH difteri di Cianjur makin meluas sehingga meneror masyarakat. Betapa tidak, di sepanjang 2017, tercatat 11 orang di lima lokasi berbeda terjangkit dan dua di antaranya meninggal dunia.

Aktualita 11 jam yang lalu

Dinkes Bilang Vaksin Halal, MUI: Kami Belum Pernah Terbitkan Sertifikasi Halal

KEPALABidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Neneng Efa Fatimah mengatakan, masih banyak warga Cianjur yang belum sadar pentingnya imunisasi.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Rem Blong, Truk Tronton Seruduk Mobil dan Pagar Rumah

KECELAKAAN kembali terjadi di ruas Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, Kampung/Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Rabu (13/12/2017) sekitar pukul 05.00 WIB.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Nasib Ratusan Buruh PT Ikon Garmindo, Harus Diselesaikan di Pengadilan

ANJURAN penyelesaian persoalan hak-hak buruh PT Ikon Garmindo ke ranah Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), ternyata tidak hanya disampaikan pihak Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Cianjur. 

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Tak Mudah Terbuai Iming-iming Investor

Alih fungsi lahan produktif di Kabupaten Cianjur terbilang menggila. Ratusan bahkan ribuan hektar lahan pesawahan di Kabupaten yang mayoritas masyarakatnya bergelut di bidang agraris (pertanian, red)…

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

2018 Bantuan DD Akan Naik Kabar Hoax

Kabar adanya kenaikan untuk pagu bantuan Dana Desa (DD) di Tahun 2018, nyatanya sebatas berita bohong belaka alias Kabar Hoax.  Hal tersebut dikatakan Kepala Desa Mekarwangi, Kecamatan Haurwangi, Cecep…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Pegadaian Berikan 200 Kupon Servis Motor Gratis

CIANJUR - Akhir tahun 2017, banyak perusahaan adu promosi agar target perusahaan mereka tercapai. Sebut saja salah satunya Pegadaian Cabang Cianjur. Dalam rangka mempromosikan program mereka yang bertajuk…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Papamango Thai Laris Manis

CIANJUR - Siapa tak kenal dengan minuman jus mangga kekinian asal negeri Thailand, Mangothai yang kini tengah menjadi incaran para pecinta kuliner. Minuman ngehits ini mendadak menjadi idola dan hampir…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Pemenang Tender Terbukti Subkan Pekerjaan

TERUNGKAP, pelaksanaan kegiatan perataan dan pemagaran pembangunan Masjid Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi ternyata disub kontrakkan oleh pihak pemenang tender.