Rabu, 26 Juli 2017 - Pukul 11:41

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

inspirasi

Ibarat Ikan dan Air, TNI dan Rakyat Harus Menyatu

Oleh: BeritaCianjur.Com - Senin 05 Oktober 2015 | 13:26 WIB

Ibarat Ikan dan Air, TNI dan Rakyat Harus Menyatu

Tentara Nasional Indonesia adalah juga kekuatan rakyat...

Beberapa hal penting yang diserukan Presiden Joko Widodo, dalam sambutannya pada Peringatan HUT TNI ke-70:

 

TNI harus mengingat jati dirinya sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara nasional. Hal isi sesuai dengan tema HUT TNI tahun ini,  yakni ‘Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian’.

 

Seperti kata pepatan Panglima Besar Jenderal Soedirman, bahwa TNI dan Rakyat harus tetap bersatu. Ibarat ikan dengan air. Itulah TNI harus terus bersama. TNI jangan menyakiti rakyat dan tidak boleh melupakan rakyat. Karena bersama rakyatlah TNI akan kuat untuk menghadapi kekuatan musuh dan TNI akan disegani dan diperhitungkan oleh negara lain,

 

Sebagai jatidiri tentara pejuang, TNI harus memiliki daya juang, semangat pantang menyerah untuk mewujudkan Indonesia bermartabat dan menjaga kedaulatan Indonesia. TNI pun harus sigap menghadapi penjarahan laut Indonesia, menjaga perbatasan dan menjaga pulau-pulau terdepan Indonesia.

 

Menghadapi bangsa Indonesia yang majemuk, TNI jangan sampai tersekat dan terkota-kotak dalam suku, gama dan ras. TNI harus bisa mengatasi masalah agama, suku, dan ras. Jaga kebhinekatunggalikaan, karena hal itu yang menjadikan bangsa disegani.

 

Itulah tantangan yang harus dihadapi yakni menjaga kemajemukan. Justru kemajemukan atau keragaman harus jadi perekat bangsa, energi mencapai kemajuan bangsa, kekuatan menyongsong masa depan.

 

Lima tahun ke depan, pembangunan TNI tidak hanya trimarta yang menjadi kekuatan. Tapi bagaimana mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim yang disegani di Asia Timur.

 

Salah satunya dengan pemenuhan kebutuhan dan modernisasi alutsista guna menghadapi peperanngan masa depan, terutama mengandalkan negara maritim. (***)

 

Komentar