Jumat, 21 Juli 2017 - Pukul 09:39

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

inspirasi

Dana APBD untuk Rakyat, Wakil Rakyat Menyesuaikan

Oleh: Tjetjep Muchtar Soleh - Rabu 07 Oktober 2015 | 15:12 WIB

Dana APBD untuk Rakyat, Wakil Rakyat Menyesuaikan

SEBAGIAN besar alokasi anggaran yang ada dalam APBD adalah milik rakyat dan digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan dan pembangunan kemasyarakatan

 

Namun untuk para anggota dewan juga perlu dana untuk menggali dan menyerap aspirasi masyarakat. Sementara untuk permintaan lain-lain, semuanya sesuai takaran anggaran daerah yang ada.

 

Alokasi dana untuk motorik keja para anggota dewan, itu merupakan haknya karena untuk keperluan mobilitas, baik dalam rangka menggali informasi atau saat mengunjungi masyarakat, sehingga para anggota dewan mengetahui aspirasi masyarakat.

 

 Mobilitas ini juga perlu dilakukan dewan. Bagaimana mereka bisa menyerap aspirasi masyarakat, kalau dewannya hanya diam saja di tempat.

 

Untuk tunjangan rumah dan dana aspirasi, saya menganggap hal tersebut masih dalam takaran rasional. Artinya disesuaikan dengan kemampuan keuangan yang dimiliki daerah.

 

Kalau APBD tidak mampu, ya tidak boleh. Seperti permintaan tunjangan, itu rasional, karena di kabupaten lain lebih tinggi dibandingkan dengan Cianjur.

 

Nanti juga dilihat apakah APBD Cianjur ini memungkinkan atau tidak. Sekali lagi, kalau tidak cukup ya tidak usah, kita ambil tengah-tengah saja.

 

Sementara untuk fasilitas kendaraan, tentunya ini juga bergantung dari kebutuhan dan dilihat dari kemampuan APBD. (***)

Komentar