Selasa, 14 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Bungkam VVS, Maung Ngora Juara CSL 2015

Putra Lugina Sukma

Senin, 12 Oktober 2015 - 12:00 WIB

dok/BC
dok/BC
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR - Perhelatan Cianjur Super League (CSL) 2015 akhirnya tuntas. Duel “Derby Maung” antara Persib U-19 vs Viking Soccer School (VSS) Cianjur menjadi penutup puncak acara.

Setelah menumbangkan VSS 8-2 pada Minggu (11/10) sore, Maung Ngora –julukan Persib U-19- sukses meraih gelar juara pertama CSL 2015. Di posisi kedua ditempati Drass 07 Sukabumi, sedangkan VSS harus puas menjadi juara ketiga.

Sukses dan meriah. Itulah yang terjadi pada kompetisi sepakbola terakbar di Cianjur ini. Dibuka pada Februari lalu, CSL berjalan lancar dan aman hingga penutupan acara yang dihadiri langsung Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh.

“Saya sangat bangga dengan CSL, karena berdasarkan informasi, even yang dipelopori anak-anak Viking Underground Cianjur ini menjadi satu-satunya kompetisi sepakbola di level daerah, yang menerapkan sistem liga seperti halnya Indonesia Super League (ISL) di level nasional,“ ujar Bupati kepada “BC” kemarin

Menurutnya, CSL menjadi contoh pembinaan sepakbola yang baik. Karena, selain menerapkan sistem kompetisi ideal, penggarapannya pun dikelola dengan profesional. “Barudak Viking ini sudah melakukan pembuktian bahwa mereka sudah bisa berkarya. Sekali lagi, saya sangat bangga,“ tegasnya.

Penilaian Bupati memang bukan tanpa bukti. Selain sukses dari segi penyelenggaraan, CSL yang dioperatori PT Liga Cianjur ini pun sukses dalam melahirkan pemain-pemain lokal yang berkualitas. Dari sekian banyak pemain lokal, Jeni Jatnika dari VSS menjadi salah satu contohnya. Menjadi top skor CSL 2014, kini dia direkrut Persib Junior dan pernah mengikuti Pelatnas U-19.

Menanggapi kesuksesan CSL, Manajer Persib Bandung, Yoyo S Adireja turut mengacungi jempol. Bahkan ia berharap CSL berjalan konsisten dan dan tidak berhenti di tengah jalan seperti yang terjadi di pusat sekarang ini.

“Kegiatan CSL yang digelar anak-anak Viking Cianjur melalui PT Liga Cianjur ini sangat bagus dan sukses. Apalagi ini dilakukan tanpa ada campur tangan pemerintah. Ini menjadi contoh bagi kota lain sebagai penyelenggara. Bahkan, di Bandung sendiri pun sudah jarang ditemukan kegiatan seperti ini,” tuturnya.

Yoyo pun berharap agar musim depan CSL mampu menampilkan tim-tim baru yang berkualitas. Sehingga, jalannya kegiatan ini mampu menyedot anime masyarakat untuk ikut menyaksikan laga.

Pada tahun ini, selain melahirkan juara-juara baru, CSL pun memiliki top skor, pemain dan pelatih terbaik. Gian Zola dari Persib berhasil menyabet gelar pemain terbaik, Deni Haryadi (VSS Cianjur) menjadi pelatih terbaik, serta top skor diraih Bima Fakhri (Drass 07 Sukabumi) yang mengemas 23 gol.

Sementara itu, Ketua Viking Underground sekaligus CEO PT Liga Cianjur, Beni Sumarna, mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah menyuport sehingga CSL bisa berjalan lancar dan aman.

Alhamdulillah, berkat kekompakan anak-anak Viking dan support dari berbagai pihak, CSL yang diikuti 10 tim lokal dan 2 tim dari luar kota ini berjalan sukses. Sekarang bisa sedikit lega, dengan anggaran yang sangat terbatas, ternyata kita bisa menggelar CSL hingga tuntas,“ ucapnya.

Beni memaparkan, CSL merupakan agenda rutin Viking yang sudah berjalan sejak 2011 lalu. Agar musim depan lebih semarak, sambung Beni, pihaknya merencanakan untuk menambah keterlibatan sejumlah klub dari luar kota.

“Penambahan klub-klub dari luar kota agar lebih semarak dan banyak pemain bertalenta. Intinya, dari tahun ke tahun kita berusaha untuk lebih baik meski anggarannya sangat terbatas. Kita memang dapat sponsor, namun anggarannya yang memenuhi 70 persen dari total biaya yang diperlukan. Sisanya yang 30 persen, kita berlakukan budaya udunan,“ bebernya.

Jika dananya mencukupi, lanjut Beni, jumlah tim yang bergabung musim depan akan disesuaikan dengan aturan FIFA, yakni 18 tim. “Ya mudah-mudahan saja pihak swasta dan pemerintah bisa membantu agar Cianjur memiliki kompetisi standar FIFA. Jumlahnya memang belum standar FIFA, tapi sistem atau penggarapannya sudah profesional dan sesuai standar FIFA,“ pungkasnya. (day)

 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 9 jam yang lalu

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…