Senin, 18 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Bungkam VVS, Maung Ngora Juara CSL 2015

Putra Lugina Sukma

Senin, 12 Oktober 2015 - 12:00 WIB

dok/BC
dok/BC
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR - Perhelatan Cianjur Super League (CSL) 2015 akhirnya tuntas. Duel “Derby Maung” antara Persib U-19 vs Viking Soccer School (VSS) Cianjur menjadi penutup puncak acara.

Setelah menumbangkan VSS 8-2 pada Minggu (11/10) sore, Maung Ngora –julukan Persib U-19- sukses meraih gelar juara pertama CSL 2015. Di posisi kedua ditempati Drass 07 Sukabumi, sedangkan VSS harus puas menjadi juara ketiga.

Sukses dan meriah. Itulah yang terjadi pada kompetisi sepakbola terakbar di Cianjur ini. Dibuka pada Februari lalu, CSL berjalan lancar dan aman hingga penutupan acara yang dihadiri langsung Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh.

“Saya sangat bangga dengan CSL, karena berdasarkan informasi, even yang dipelopori anak-anak Viking Underground Cianjur ini menjadi satu-satunya kompetisi sepakbola di level daerah, yang menerapkan sistem liga seperti halnya Indonesia Super League (ISL) di level nasional,“ ujar Bupati kepada “BC” kemarin

Menurutnya, CSL menjadi contoh pembinaan sepakbola yang baik. Karena, selain menerapkan sistem kompetisi ideal, penggarapannya pun dikelola dengan profesional. “Barudak Viking ini sudah melakukan pembuktian bahwa mereka sudah bisa berkarya. Sekali lagi, saya sangat bangga,“ tegasnya.

Penilaian Bupati memang bukan tanpa bukti. Selain sukses dari segi penyelenggaraan, CSL yang dioperatori PT Liga Cianjur ini pun sukses dalam melahirkan pemain-pemain lokal yang berkualitas. Dari sekian banyak pemain lokal, Jeni Jatnika dari VSS menjadi salah satu contohnya. Menjadi top skor CSL 2014, kini dia direkrut Persib Junior dan pernah mengikuti Pelatnas U-19.

Menanggapi kesuksesan CSL, Manajer Persib Bandung, Yoyo S Adireja turut mengacungi jempol. Bahkan ia berharap CSL berjalan konsisten dan dan tidak berhenti di tengah jalan seperti yang terjadi di pusat sekarang ini.

“Kegiatan CSL yang digelar anak-anak Viking Cianjur melalui PT Liga Cianjur ini sangat bagus dan sukses. Apalagi ini dilakukan tanpa ada campur tangan pemerintah. Ini menjadi contoh bagi kota lain sebagai penyelenggara. Bahkan, di Bandung sendiri pun sudah jarang ditemukan kegiatan seperti ini,” tuturnya.

Yoyo pun berharap agar musim depan CSL mampu menampilkan tim-tim baru yang berkualitas. Sehingga, jalannya kegiatan ini mampu menyedot anime masyarakat untuk ikut menyaksikan laga.

Pada tahun ini, selain melahirkan juara-juara baru, CSL pun memiliki top skor, pemain dan pelatih terbaik. Gian Zola dari Persib berhasil menyabet gelar pemain terbaik, Deni Haryadi (VSS Cianjur) menjadi pelatih terbaik, serta top skor diraih Bima Fakhri (Drass 07 Sukabumi) yang mengemas 23 gol.

Sementara itu, Ketua Viking Underground sekaligus CEO PT Liga Cianjur, Beni Sumarna, mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah menyuport sehingga CSL bisa berjalan lancar dan aman.

Alhamdulillah, berkat kekompakan anak-anak Viking dan support dari berbagai pihak, CSL yang diikuti 10 tim lokal dan 2 tim dari luar kota ini berjalan sukses. Sekarang bisa sedikit lega, dengan anggaran yang sangat terbatas, ternyata kita bisa menggelar CSL hingga tuntas,“ ucapnya.

Beni memaparkan, CSL merupakan agenda rutin Viking yang sudah berjalan sejak 2011 lalu. Agar musim depan lebih semarak, sambung Beni, pihaknya merencanakan untuk menambah keterlibatan sejumlah klub dari luar kota.

“Penambahan klub-klub dari luar kota agar lebih semarak dan banyak pemain bertalenta. Intinya, dari tahun ke tahun kita berusaha untuk lebih baik meski anggarannya sangat terbatas. Kita memang dapat sponsor, namun anggarannya yang memenuhi 70 persen dari total biaya yang diperlukan. Sisanya yang 30 persen, kita berlakukan budaya udunan,“ bebernya.

Jika dananya mencukupi, lanjut Beni, jumlah tim yang bergabung musim depan akan disesuaikan dengan aturan FIFA, yakni 18 tim. “Ya mudah-mudahan saja pihak swasta dan pemerintah bisa membantu agar Cianjur memiliki kompetisi standar FIFA. Jumlahnya memang belum standar FIFA, tapi sistem atau penggarapannya sudah profesional dan sesuai standar FIFA,“ pungkasnya. (day)

 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.