Jumat, 21 Juli 2017 - Pukul 09:40

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

inspirasi

Opini: Media Online, Information Is Commodity

Oleh: Fonda Lapod - Minggu 19 Juli 2015 | 12:04 WIB

Opini: Media Online, Information Is Commodity

google

Beberapa kalangan saat ini menilai media online hanya sekedar pelengkap informasi, gagah-gagahan bahkan ada yang ekstrim menyatakan bahwa media online tidak penting, kurang jelas, dan lain sebagainya. Benarkah begitu?

 

Namun ini sebenarnya ini bisa dibilang pandangan yang keliru, terutama bagi mereka yang dikategorikan tidak 'melek informasi'. Bukan sesuatu yang hiperbolis bila menyebut Era sekarang adalah era "masyarakat informasi". Jauh jauh masa sebelumnya, tepatnya di tahun 1944 pakar komunikasi-informasi, Mc Luhan sudah memperkenalkan ke publik konsep pesan:  'Information is Commodity'.  Dipaparkan dengan tegas bahwa informasi sudah merupakan salah satu kebutuhan pokok, selain 9 kebutuhan pokok manusia lainnya.

 

Nah, sehubungan dengan pesatnya pertumbuhan teknologi informasi, sejatinya media-media online justru sangat efektif penebar informasi di saat ini. Sebab dengan media maya tersebut, interaksi dengan ribuan orang terasa sangat efektif dan cepat. Selain itu perlu diakui media online juga punya keunggulan dibandingkan media informasi lainnya, barangkali karena tak ada batas ruang dan waktu. Kapan, dimana, dan dalam situasi apa pun media tersebut bisa diakses.

 

Terus terang media online kini sudah membuat ketergantungan. Saya misalnya, setiap harinya mengirim pesan (broadcast) baik lewat email, BlackBerry Massenger (BBM), Facebokk, Twitter, blog-blog, dan lainnya. Hampir 98 persen informasi yang saya peroleh, berasal dari media online. Sudah pasti kedepannya, informasi yang disajikan media online pasti semakin dibutuhkan oran,  dan ini merupakan bagian dari trend teknologi informasi yang saat ini terus meningkat, dan benar kata Mc Luhan "informasi kini sudah jadi kebutuhan pokok".

 

Akhirnya saya berasumsi bahwa media online adalah bagian hidup saya. Karena itu tak berlebihan bila saya menyebut, manusia yang tidak butuh informasi yakni tidak seutuhnya disebut sebagai manusia dalam lingkup hidup bermasyarakat.

Komentar