Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Tak Cukup Cuma Koran, Kami pun Hadirkan Portal News

Kang Anton

Sabtu, 18 Juli 2015 - 11:50 WIB

sumber.net
sumber.net
A A A

IDUL FITRI pun membawa barokah, setelah sebelumnya kami melakukan perubahan total perwajahan dan gaya penyajian berita "Harian Berita Cianjur”, kini kami hadirkan lagi portal berita online “beritacianjur.com”. Sejatinya ini adalah upaya pelayanan kami pada pembaca, agar mampu menyerap informasi sebanyak banyaknya, sekaligus berusaha memberi nilai lebih dari informasi yang diperoleh.

Mengapa perlu media online?

Pers online seperti berlari kesetanan, melaju kencang dan melangkahi percepatan informasi media cetak. Coba dibayangkan ketika media cetak hanya bisa mencari, mengolah, mengemas berita, dan dalam sekali terbitan hanya punya satu berita headline. Sementara media online, dalam sehari mampu memunculkan sekian banyak berita aktual latest headlines.

Back to basic! Akhirnya media cetak pun mesti kembali ke fungsi referensialnya, pesan sebagai bahan pustaka. Dengan begitu pemilihan konten tak lagi mesti berpayah-payah mengejar aktualitas berita semata, namun berusaha menyajikan pesan yang lebih lengkap dan menarik. Gejala perubahan pola penyajian pesan, kini telah dilakukan oleh sejumlah media cetak, yang ‘sadar’ tak mampu mengejar percepatan sajian berita media online.

Laju pertumbuhan media pers online tak bisa lagi dicegat, seiring dengan 'kegilaan' majunya teknologi informasi dan industri komunikasi. Persaingan produk industri komunikasi, terus memicu ‘adrenalin’ para pelakunya untuk melahirkan inovasi produk yang canggih, dan berusaha berempati dengan ketertarikan publik.

China misalnya, dengan pola kebijakan industri yang melibatkan warganya secara massal. Kini China seperti legenda ‘Naga’ yang meliuk-liuk, memilin dan mencengkram dunia dengan produk industrinya. Kekuatan industri negeri sebesar Amerika Serikat pun mampu diredamnya. Sampai-sampai Presiden Obama pun berteriak, "Hey China! Stop obral produk anda dengan harga murah!".

Produk industri China bak gelombang raksasa, yang terus menggulung sampai ke pelosok dunia mana pun. Dampaknya luar biasa, inovasi teknologi apa pun diserap dan diobral murah kemana-mana. Kini siapa lagi yang tak melenggang dengan telepon selular di tangan, yang mampu dimiliki cuma seharga ‘kacang goreng’? Hape apa lagi yang tak dilengkapi dengan fasilitas internet?

Siapa lagi yang tak akrab dengan handset berfasilitas android/Obral teknologi komunikasi membuat serapan informasi publik global seperti tak lagi bersekat. Publik pun makin gampang menyerap pesan global yang tercepat dan terkini. Semua fasilitas sudah tersedia, dengan cuma sekali sentuh.

Tak berlebih bila Negeri Tirai Bambu bisa dibilang lumayan ‘berjasa’ membuat semuanya jadi murah, gampang dan sejujurnya publik pun enjoy.Ini adalah era internet, booming produk industri pers kini telah berpindah ke ruang maya. Dampak dari fenomena itu pun begitu mudah teramati, dengan sekian banyaknya investasi yang melahirkan portal berita yang kian beragam. Salam dari Cianjur!

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 47 menit yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?