Senin, 11 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Tak Cukup Cuma Koran, Kami pun Hadirkan Portal News

Kang Anton

Sabtu, 18 Juli 2015 - 11:50 WIB

sumber.net
sumber.net
A A A

IDUL FITRI pun membawa barokah, setelah sebelumnya kami melakukan perubahan total perwajahan dan gaya penyajian berita "Harian Berita Cianjur”, kini kami hadirkan lagi portal berita online “beritacianjur.com”. Sejatinya ini adalah upaya pelayanan kami pada pembaca, agar mampu menyerap informasi sebanyak banyaknya, sekaligus berusaha memberi nilai lebih dari informasi yang diperoleh.

Mengapa perlu media online?

Pers online seperti berlari kesetanan, melaju kencang dan melangkahi percepatan informasi media cetak. Coba dibayangkan ketika media cetak hanya bisa mencari, mengolah, mengemas berita, dan dalam sekali terbitan hanya punya satu berita headline. Sementara media online, dalam sehari mampu memunculkan sekian banyak berita aktual latest headlines.

Back to basic! Akhirnya media cetak pun mesti kembali ke fungsi referensialnya, pesan sebagai bahan pustaka. Dengan begitu pemilihan konten tak lagi mesti berpayah-payah mengejar aktualitas berita semata, namun berusaha menyajikan pesan yang lebih lengkap dan menarik. Gejala perubahan pola penyajian pesan, kini telah dilakukan oleh sejumlah media cetak, yang ‘sadar’ tak mampu mengejar percepatan sajian berita media online.

Laju pertumbuhan media pers online tak bisa lagi dicegat, seiring dengan 'kegilaan' majunya teknologi informasi dan industri komunikasi. Persaingan produk industri komunikasi, terus memicu ‘adrenalin’ para pelakunya untuk melahirkan inovasi produk yang canggih, dan berusaha berempati dengan ketertarikan publik.

China misalnya, dengan pola kebijakan industri yang melibatkan warganya secara massal. Kini China seperti legenda ‘Naga’ yang meliuk-liuk, memilin dan mencengkram dunia dengan produk industrinya. Kekuatan industri negeri sebesar Amerika Serikat pun mampu diredamnya. Sampai-sampai Presiden Obama pun berteriak, "Hey China! Stop obral produk anda dengan harga murah!".

Produk industri China bak gelombang raksasa, yang terus menggulung sampai ke pelosok dunia mana pun. Dampaknya luar biasa, inovasi teknologi apa pun diserap dan diobral murah kemana-mana. Kini siapa lagi yang tak melenggang dengan telepon selular di tangan, yang mampu dimiliki cuma seharga ‘kacang goreng’? Hape apa lagi yang tak dilengkapi dengan fasilitas internet?

Siapa lagi yang tak akrab dengan handset berfasilitas android/Obral teknologi komunikasi membuat serapan informasi publik global seperti tak lagi bersekat. Publik pun makin gampang menyerap pesan global yang tercepat dan terkini. Semua fasilitas sudah tersedia, dengan cuma sekali sentuh.

Tak berlebih bila Negeri Tirai Bambu bisa dibilang lumayan ‘berjasa’ membuat semuanya jadi murah, gampang dan sejujurnya publik pun enjoy.Ini adalah era internet, booming produk industri pers kini telah berpindah ke ruang maya. Dampak dari fenomena itu pun begitu mudah teramati, dengan sekian banyaknya investasi yang melahirkan portal berita yang kian beragam. Salam dari Cianjur!

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Babinsa Dilingkungan Kodim 0608 Cianjur Ikuti Tes Urine

Puluhan Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan ASN di lingkungan Komando Distrik Militer (Kodim) 0608 Cianjur mengikuti tes urine di Aula Makodin, Jalan Siliwangi, Senin (11/12/2017).

Aktualita 14 jam yang lalu

Usai Periksa BPBP, Mobil Irda Dicegat

USAI melakukan pemeriksaan terhadap Balai Pengembangan Benih Padi (Cihea), tiba-tiba kendaraan yang ditumpangi tim Inspektorat Daerah (Irda) Jabar dicegat aktivis buruh tani. Ada apa?

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Berlangsung hingga Februari 2018, Waspadai Cuaca Ekstrem

AWAS! Cuaca ekstrem berupa hujan dan angin kencang diprediksi masih akan terjadi hingga Februari 2018. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Ahmad…

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Ini Nasib Buruh PT Ikon Garmindo

 BISA merasakan manisnya upah hasil keringat bekerja, sepertinya menjadi hal yang paling sulit bisa dirasakan ratusan buruh PT Ikon Garmindo, pabrik milik pengusaha asal Korea di Cianjur yang saat ini…

Kick Off 14 jam yang lalu

BCFL 2017, Makin Akhir Makin Panas

LUAR BIASA! Meski masih menyisakan satu laga, Bayu FC sudah memastikan diri sebagai Jawara Seri B Berita Cianjur Futsal League (BCFL) 2017. Perolehan poinnya sudah tak mungkin disalip para pesaingnya.

Bisnis Line 20 jam yang lalu

234 SC Lebarkan Sayap ke Selatan Cianjur

234 Solidarity Community (SC) yang terkenal sebagai Organisasi Massa (Ormas) terbesar di Cianjur, kini semakin fokus lebarkan sayapnya hingga ke pelosok Cianjur. Bertempat di Kecamatan Pasir Kuda, pada…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Pemda Kesulitan Atasi Lonjakan Harga Elpiji Bersubsidi

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur mengaku kesulitan mengatasi lonjakan harga elpiji bersubsidi (Gas ukuran 3 Kg) yang saat ini tengah terjadi di wilayah Cianjur.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Das Citarum Segera Dibersihkan

GIAT kerjabakti membersihkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dalam waktu dekat akan digelar pihak TNI, menyusul adanya intruksi dari Pangdam III Siliwangi Jawa Barat.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Jelang Pemilu, Anggota Linmas Dapat Pembekalan

MENGANTISIPASI timbulnya konflik jelang pelaksanaan pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), 25 anggota Linmas Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang mendapat pembekalan.

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Gudang Biji Plastik Terbakar, Kerugian Capai Puluhan Juta

SEBUAH mesin pengolahan biji plastik di sebuah pabrik di Kampung Haurwangi RT 002/013, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi terbakar, Minggu (10/12/2017) sekitar pukul 07.45 WIB. Tak ada korban jiwa dalam…