Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Tak Cukup Cuma Koran, Kami pun Hadirkan Portal News

Kang Anton

Sabtu, 18 Juli 2015 - 11:50 WIB

sumber.net
sumber.net
A A A

IDUL FITRI pun membawa barokah, setelah sebelumnya kami melakukan perubahan total perwajahan dan gaya penyajian berita "Harian Berita Cianjur”, kini kami hadirkan lagi portal berita online “beritacianjur.com”. Sejatinya ini adalah upaya pelayanan kami pada pembaca, agar mampu menyerap informasi sebanyak banyaknya, sekaligus berusaha memberi nilai lebih dari informasi yang diperoleh.

Mengapa perlu media online?

Pers online seperti berlari kesetanan, melaju kencang dan melangkahi percepatan informasi media cetak. Coba dibayangkan ketika media cetak hanya bisa mencari, mengolah, mengemas berita, dan dalam sekali terbitan hanya punya satu berita headline. Sementara media online, dalam sehari mampu memunculkan sekian banyak berita aktual latest headlines.

Back to basic! Akhirnya media cetak pun mesti kembali ke fungsi referensialnya, pesan sebagai bahan pustaka. Dengan begitu pemilihan konten tak lagi mesti berpayah-payah mengejar aktualitas berita semata, namun berusaha menyajikan pesan yang lebih lengkap dan menarik. Gejala perubahan pola penyajian pesan, kini telah dilakukan oleh sejumlah media cetak, yang ‘sadar’ tak mampu mengejar percepatan sajian berita media online.

Laju pertumbuhan media pers online tak bisa lagi dicegat, seiring dengan 'kegilaan' majunya teknologi informasi dan industri komunikasi. Persaingan produk industri komunikasi, terus memicu ‘adrenalin’ para pelakunya untuk melahirkan inovasi produk yang canggih, dan berusaha berempati dengan ketertarikan publik.

China misalnya, dengan pola kebijakan industri yang melibatkan warganya secara massal. Kini China seperti legenda ‘Naga’ yang meliuk-liuk, memilin dan mencengkram dunia dengan produk industrinya. Kekuatan industri negeri sebesar Amerika Serikat pun mampu diredamnya. Sampai-sampai Presiden Obama pun berteriak, "Hey China! Stop obral produk anda dengan harga murah!".

Produk industri China bak gelombang raksasa, yang terus menggulung sampai ke pelosok dunia mana pun. Dampaknya luar biasa, inovasi teknologi apa pun diserap dan diobral murah kemana-mana. Kini siapa lagi yang tak melenggang dengan telepon selular di tangan, yang mampu dimiliki cuma seharga ‘kacang goreng’? Hape apa lagi yang tak dilengkapi dengan fasilitas internet?

Siapa lagi yang tak akrab dengan handset berfasilitas android/Obral teknologi komunikasi membuat serapan informasi publik global seperti tak lagi bersekat. Publik pun makin gampang menyerap pesan global yang tercepat dan terkini. Semua fasilitas sudah tersedia, dengan cuma sekali sentuh.

Tak berlebih bila Negeri Tirai Bambu bisa dibilang lumayan ‘berjasa’ membuat semuanya jadi murah, gampang dan sejujurnya publik pun enjoy.Ini adalah era internet, booming produk industri pers kini telah berpindah ke ruang maya. Dampak dari fenomena itu pun begitu mudah teramati, dengan sekian banyaknya investasi yang melahirkan portal berita yang kian beragam. Salam dari Cianjur!

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 39 menit yang lalu

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 44 menit yang lalu

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.

Ragam 15/02/2018 01:59 WIB

Baladewa Entertaiment Fokus Kembangkan Budaya Sunda

Perkembangan seni dan budaya asing, kini sudah tidak terbendung lagi. Kesenian dan budaya khas daerah, semakin jarang diminati. Berangkat dari fakta yang ada, beberapa paguyuban kesenian daerah semakin…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:35 WIB

Pemkab Cianjur Dorong Pembangunan Jalur Puncak II

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur kembali mendorong pelaksanaan pembangunan Jalur Puncak II, mengingat kondisi jalur puncak I yang rawan longsor dan dinilai tidak cukup menampung volume kendaraan…