Rabu, 18 Oktober 2017 - Pukul 10:44

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Tips dan Triks Hasilkan Foto Underwater yang Keren

Oleh: Raka Pramudya - Sabtu 17 Oktober 2015 | 17:00 WIB

Tips dan Triks Hasilkan Foto Underwater yang Keren

ilustrasi/net

MENGABADIKAN momen dan keindahan alam sekarang sudah menjadi hal yang biasa dilakukan orang-orang, karena kemudahan mengambil gambar dari smartphone, tablet, kamera digital maupun kamera DSLR, sehingga fotografi sudah menjadi hobi semua orang karena saat ini juga muncul trend untuk membagikan foto melalui media sosial. Oleh karena itu banyak yang sekarang tiba-tiba berubah menjadi fotografer dadakan dan mencoba belajar.

 

Bagi Anda yang suka dengan keindahan di bawah air maka Anda harus menyediakan kamera yang memiliki fitur underwater agar bisa mengambil gambar dengan baik, mengambil gambar dengan kamera tanpa fitur underwater tentu tidak akan berhasil dan hanya akan merusak kamera.

 

Keindahan yang bisa diambil dari bawah laut tidak hanya keindahan lingkungan bawah air seperti ikan-ikannya maupun tumbuhan bawah air saja, tetapi Anda juga bisa menambahkan model untuk menjadi fokus dalam foto underwater. Anda bisa mengambil gambar dengan kostum putri duyung lengkap di bawah air sebagai contoh salah satu gambar underwater yang menarik.

 

Berikut di bawah ini ada beberapa tips foto underwater yang bisa Anda pelajari untuk bisa menjadi fotografer handal dan profesional serta menghasilkan foto yang luar biasa bagus meskipun ada masih seorang pemula dalam bidang fotografi.

 

Harus Bisa Berenang dan Menyelam

 

Tips foto underwater yang pertama adalah Sebagai orang yang ingin mengambil foto underwater maka Anda wajib bisa berenang dan menyelam. Karena bagaimana mungkin Anda akan mengambil fotodi bawah air jika Anda tidak bisa menyelam apalagi berenang.

 

Jika Anda tidak berpengalam dalam menyelam dan hanya sedikit memiliki kemampuan berenang,maka Anda bisa memilih untuk melakukan pemotretan di dalam kolam renang, namun dalam hal ini Anda akan membutuhkan model untuk difoto, karena di dalam kolam renang tidak ada obyek apapun yang bisa difoto kecuali Anda membawa model. Tentunya model yang Anda pilih haruslah memiliki kemampuan untuk berenang dan menyelam.

 

Menjadi fotografer bawah air itu tidak mudah, terkadang saat harus memotret, bobot tubuh Anda membuat tubuh Anda bergerak dan susah diam di tempat, maka dari itu Anda mungkin bisa menggunakan pemberat agar tubuh Anda dalam air tidak terlalu banyak gerak. Pemberat ini biasa disebut dengan weight belts.

 

Persiapan Kamera Bawah Air

Setelah itu yang perlu Anda siapkan adalah kamera yang bisa digunakan dalam air. Jika Anda merupakan orang yang berpengalaman dengan renang dan menyelam, maka tak ada masalah lagi. Kamera tidak perlu Anda miliki secara pribadi jika awalnya Anda hanya ingin belajar memotret dalam air.

 

Saat ini sudah ada penyewaan kamera yang bisa Anda gunakan. Karena belum tentu nantinya Anda akan serius dengan foto underwater ini. Maka dari itu untuk awalnya Anda bisa menyewa saja kamera bawah air untuk percobaan pertama.

 

Jika hasil yang Anda dapatkan bagus dan Anda mulai tertarik untuk terus melakukan pemotretan di bawah air, maka Anda bisa membelinya. Karena kamera bawah air itu tidak murah harganya, jika Anda tidak serius, maka itu hanya akan membuang-buang uang saja. Inilah hal kedua yang perlu Anda perhatikan dalam tips foto underwater.

 

Pintar Menggunakan Fitur Bawah Air

Mengambil gambar di bawah air hasilnya tentu akan berbeda dengan mengambil gambar di daratan. Cahaya yang masuk ke bawah air tidak sebanyak di daratan, oleh karena itu jika Anda tidak bisa menggunakan fitur bawah air dengan baik, maka hasil gambarnya tidak akan cukup cahaya dan tidak bagus.

 

Di beberapa kamera terdapat fitur beach and snorkeling yang memudahkan Anda dalam melakukan pemotretan di bawah air. Fitur tersebut bisa digunakan untuk bawah air hingga ke kedalam sekitar 3 meter dari permukaan. Selain itu jika Anda ingin memotret dalam kedalam lebih dari 3 meter Anda juga bisa menggunakan mode underwater yang bisa Anda gunakan hingga kedalaman air 15 meter di bawah permukaan.

 

Aktifkan Fungsi Flash

Tips foto underwater selanjutnya adalah Anda harus mengaktifkan fungsi flash. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa di bawah air cahaya yang masuk lebih sedikit ketimbang di atas air, oleh karena itu mengaktifkan fungsi flash akan membuat ketajaman warna di bawah air menjadi lebih baik.

 

Contohnya saja, jika di dalam laut, hewan-hewan kecil seperti plankton yang kasat mata itu tidak akan tertangkap kamera jika tidak menggunakan flash, beda saat Anda menggunakan flash maka plankton-plankton kecil yang dekat dengan jangkauan kamera Anda akan bisa terlihat sebagai bintik-bintik kecil begitu juga dengan ikan dan terumbu karang di sekitarnya warna menjadi lebih tajam dan hidup.

 

Hal ini juga berlaku dengan pemotretan dengan model di bawah kolam renang, dengan flash, maka wajah dan pakaian yang digunakan saat itu akan lebih nampak tajam dan jelas hasilnya.

 

Fokus dan Jeli

Sebagai fotografer Anda harus fokus dan jeli menggunakan berbagai sudut yang paling bagus untuk hasil gambar terbaik, selain itu jika Anda melakukan pemotretan di bawah laut, maka lingkungan yang bagus dan ikan-ikan yang paling menarik mata Anda harus bisa Anda abadikan dengan baik dengan mempertimbangkan lingkungan sekitar, mode underwater dan pengaktifan flash.

 

Apalagi di bawah laut perilaku ikan-ikannya juga bisa sangat menarik untuk Anda abadikan, misalnya jika ikan yang sedang berkamuflase, atau induk ikan bersama anak-anaknya.

 

Pintar Menciptakan Komposisi

Meskipun Anda memotret dalam air, Anda tidak boleh melupakan komposisi yang bisa digunakan untuk memperindah hasil foto Anda. Misalnya jika Anda melakukan pemotretan di bawah air, maka Anda harus pintar memanfaatkan lingkungan di sekitar Anda untuk menciptakan latar belakang yang baik.

 

Saat Anda ingin memotret sekumpulan ikan badut atau clown fish di antara anemone laut, maka Anda menjadikan anemone yang bergerak-gerak sebagai latar belakang yang baik untuk memotret ikan badut tersebut.

 

Begitu juga jika Anda memotret model di bawah laut dengan tips foto underwater, Anda bisa memanfaatkan celah-celah karang yang besar untuk menjadi frame foto Anda sehingga foto Anda menjadi lebih artistik.(bbs)

Komentar