Sabtu, 24 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Setidaknya 15 'pencari suaka' tewas di perairan Cianjur

Redaksi Test

Minggu, 19 Juli 2015 - 01:00 WIB

google
google
A A A

CIANJUR. Badan SAR Nasional (Basarnas) menemukan setidaknya 15 jenazah korban tenggelamnya kapal, yang diduga ditumpangi para pencari suaka di lepas pantai Cianjur, Jawa Barat, hari Jumat (27/09).

"Sampai saat ini 15 orang meninggal dunia dan sekitar 50 orang yang selamat sudah dievakuasi ke Cianjur," kata Imam Ahsiani, pejabat Basarnas, kepada beritacianjur.com.Ia mengatakan belum diketahui negara asal korban, namun ada satu korban selamat yang mengaku berasal dari Lebanon. Mereka diduga dalam perjalanan menuju Australia.

Basarnas, jelas Imam Ahsiani, memperoleh informasi awal dari pihak berwenang Australia bahwa kapal mengangkut sekitar 80 orang. Polisi di Cianjur kepada AFP mengatakan bahwa orang-orang ini berasal dari Lebanon, Yordnia, dan Yaman.

"Warga menemukan 20 jenazah yang mengapung di air, sebagian besar anak-anak," kata Warsono, polisi di Cianjur, kepada AFP. "Warga juga mengatakan bahwa kapal yang mereka ditumpangi pecah berkeping-keping," tambahnya.

Warsono mengatakan diyakini kapal tersebut ditumpangi 120 orang ketika mengalami kecelakaan. Menurutnya, mereka meninggalkan Jawa menuju Pulau Christmas dari Pelabuhan Ratu.

 

Ratusan orang dari berbagai negara tewas dalam beberapa tahun terakhir saat mencoba memasuki Australia melalui laut. Sering mereka menggunakan kapal dan perahu yang dinilai tidak layak mengarungi laut. Insiden terbaru ini terjadi menjelang kunjungan Perdana Menteri Baru Australia, Tony Abbott, ke Indonesia hari Senin.

Kunjungan ini diperkirakan akan banyak didominasi oleh pembicaraan mengenai persoalan orang-orang yang ingin memasuki Australia melalui Indonesia.Abbott telah meminta bantuan militer untuk mencegah kedatangan para pendatang

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 22/02/2018 20:16 WIB

Partisipasi Pemilih di Pilgub Jabar Diharapkan Meningkat

PARTISIPASI masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 diharapkan meningkat. Karena, dengan meningkatnya pasrtisipasi pemilih dinilai akan meningkatkan kualitas pesta demokrasi…

Cianjur Euy 22/02/2018 20:15 WIB

SPRI Cianjur Tolak Kebijakan UU MD3

SERIKAT Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) Kabupaten Cianjur berunjukrasa terkait penolakan revisi Undang-undang Nomo 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), Kamis (22/2/2018).

Cianjur Euy 22/02/2018 20:15 WIB

Demiz: Penanganan Sungai Citarum Harus Berkesinambungan

PENANGANAN Sungai Citarum harus dilakukan berkesinambungan. Penanganannya bisa dilakukan secara struktural, non-struktural, dan kultural yang membutuhkan campur tangan semua pihak.

Cianjur Euy 21/02/2018 22:31 WIB

Pemkab Didiorong Keluarkan Regulasi Terkait Usia Pernikahan

PERNIKAHAN usia anak dinilai akan menimbulkan risiko bagi para pasangan, mulai dari kesehatan, ekonomi dan ketahanan keluarga. Sebab itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur didorong untuk mengeluarkan…

Cianjur Euy 21/02/2018 22:30 WIB

Polres Cianjur Intensifkan Penindakan Kasus Narkoba

PEREDARAN dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Cianjur dinilai sangat mengkhawatirkan. Jumlah orang yang terlibat dalam kasus tersebut terus bertambah, dan telah menyentuh semua kalangan.

Bisnis Line 21/02/2018 21:45 WIB Advertorial

Mahasiswa AKPER Deklarasi Anti Narkoba

SEBAGAI salah satu bentuk keprihatinan maraknya peredaran narkoba dan salah satu upaya untuk menekan peredaran narkoba, Akademi Keperawatan (AKPER) Pemkab Cianjur mendeklarasikan anti narkoba. Deklarasi…

Ragam 21/02/2018 18:57 WIB Advertorial

Paguyuban Baladewa : Musik dan Budaya Menyatukan Nusantara

Komunitas napak tilas dan kesenian sunda buhun, yang tergabung dalam wadah Kesenian Paguyuban Baladewa, menggelar parhelatan latihan bersama pada Selasa (20/02), kemarin. Latihan dalam rangka meningkatkan…

Cianjur Euy 20/02/2018 21:17 WIB

Kelanjutan Pembangunan Jalur Puncak II Tidak Jelas

PEMERINTAH pusat maupun provinsi terkesan silih lempar kewengan terkait kelanjutan pembangunan jalur Puncak II. Padahal, jalur itu diharapkan jadi alternatif mengatasi kemacetan di kawasan Puncak.

Cianjur Euy 20/02/2018 20:46 WIB

Polres Cianjur Antisipasi Penyebaran Isu Hoax dan SARA

MARAKNYA informasi bohong (Hoax, red) di tengah masyarakat yang beredar melalui media sosial atau dari mulut ke mulut mendapat perhatian serius dari jajaran Polres Cianjur.

Cianjur Euy 20/02/2018 20:15 WIB

25 Siswa Bintara Latihan Kerja di Polres Cianjur

SEBANYAK 25 siswa bintara Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jawa Barat tahun angkatan 2018 melaksanakan latihan kerja di Polres Cianjur. Latihan kerja yang diikuti siswa bintara itu dilaksanakan sejak…