Senin, 11 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Setidaknya 15 'pencari suaka' tewas di perairan Cianjur

Redaksi Test

Minggu, 19 Juli 2015 - 01:00 WIB

google
google
A A A

CIANJUR. Badan SAR Nasional (Basarnas) menemukan setidaknya 15 jenazah korban tenggelamnya kapal, yang diduga ditumpangi para pencari suaka di lepas pantai Cianjur, Jawa Barat, hari Jumat (27/09).

"Sampai saat ini 15 orang meninggal dunia dan sekitar 50 orang yang selamat sudah dievakuasi ke Cianjur," kata Imam Ahsiani, pejabat Basarnas, kepada beritacianjur.com.Ia mengatakan belum diketahui negara asal korban, namun ada satu korban selamat yang mengaku berasal dari Lebanon. Mereka diduga dalam perjalanan menuju Australia.

Basarnas, jelas Imam Ahsiani, memperoleh informasi awal dari pihak berwenang Australia bahwa kapal mengangkut sekitar 80 orang. Polisi di Cianjur kepada AFP mengatakan bahwa orang-orang ini berasal dari Lebanon, Yordnia, dan Yaman.

"Warga menemukan 20 jenazah yang mengapung di air, sebagian besar anak-anak," kata Warsono, polisi di Cianjur, kepada AFP. "Warga juga mengatakan bahwa kapal yang mereka ditumpangi pecah berkeping-keping," tambahnya.

Warsono mengatakan diyakini kapal tersebut ditumpangi 120 orang ketika mengalami kecelakaan. Menurutnya, mereka meninggalkan Jawa menuju Pulau Christmas dari Pelabuhan Ratu.

 

Ratusan orang dari berbagai negara tewas dalam beberapa tahun terakhir saat mencoba memasuki Australia melalui laut. Sering mereka menggunakan kapal dan perahu yang dinilai tidak layak mengarungi laut. Insiden terbaru ini terjadi menjelang kunjungan Perdana Menteri Baru Australia, Tony Abbott, ke Indonesia hari Senin.

Kunjungan ini diperkirakan akan banyak didominasi oleh pembicaraan mengenai persoalan orang-orang yang ingin memasuki Australia melalui Indonesia.Abbott telah meminta bantuan militer untuk mencegah kedatangan para pendatang

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Babinsa Dilingkungan Kodim 0608 Cianjur Ikuti Tes Urine

Puluhan Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan ASN di lingkungan Komando Distrik Militer (Kodim) 0608 Cianjur mengikuti tes urine di Aula Makodin, Jalan Siliwangi, Senin (11/12/2017).

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Berlangsung hingga Februari 2018, Waspadai Cuaca Ekstrem

AWAS! Cuaca ekstrem berupa hujan dan angin kencang diprediksi masih akan terjadi hingga Februari 2018. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Ahmad…

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Ini Nasib Buruh PT Ikon Garmindo

 BISA merasakan manisnya upah hasil keringat bekerja, sepertinya menjadi hal yang paling sulit bisa dirasakan ratusan buruh PT Ikon Garmindo, pabrik milik pengusaha asal Korea di Cianjur yang saat ini…

Kick Off 14 jam yang lalu

BCFL 2017, Makin Akhir Makin Panas

LUAR BIASA! Meski masih menyisakan satu laga, Bayu FC sudah memastikan diri sebagai Jawara Seri B Berita Cianjur Futsal League (BCFL) 2017. Perolehan poinnya sudah tak mungkin disalip para pesaingnya.

Bisnis Line 20 jam yang lalu

234 SC Lebarkan Sayap ke Selatan Cianjur

234 Solidarity Community (SC) yang terkenal sebagai Organisasi Massa (Ormas) terbesar di Cianjur, kini semakin fokus lebarkan sayapnya hingga ke pelosok Cianjur. Bertempat di Kecamatan Pasir Kuda, pada…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Pemda Kesulitan Atasi Lonjakan Harga Elpiji Bersubsidi

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur mengaku kesulitan mengatasi lonjakan harga elpiji bersubsidi (Gas ukuran 3 Kg) yang saat ini tengah terjadi di wilayah Cianjur.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Das Citarum Segera Dibersihkan

GIAT kerjabakti membersihkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dalam waktu dekat akan digelar pihak TNI, menyusul adanya intruksi dari Pangdam III Siliwangi Jawa Barat.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Jelang Pemilu, Anggota Linmas Dapat Pembekalan

MENGANTISIPASI timbulnya konflik jelang pelaksanaan pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), 25 anggota Linmas Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang mendapat pembekalan.

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Gudang Biji Plastik Terbakar, Kerugian Capai Puluhan Juta

SEBUAH mesin pengolahan biji plastik di sebuah pabrik di Kampung Haurwangi RT 002/013, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi terbakar, Minggu (10/12/2017) sekitar pukul 07.45 WIB. Tak ada korban jiwa dalam…

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Rem Blong, Truk Tanki Senggol Sepeda Motor

RANI Nuraeni (28), warga Kampung Raksabala RT 002/009, Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi harus mendapatkan perawatan dari tim medis, setelah motor yang dikendarainya tersempet sebuah truk pengangkut…