Jumat, 20 Oktober 2017 - Pukul 02:56

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Mengenal Jenis Jam Sesuai Tipe Pemakainya

Oleh: Raka Pramudya - Selasa 20 Oktober 2015 | 17:30 WIB

Mengenal Jenis Jam Sesuai Tipe Pemakainya

ilustrasi/net

SEBUAH jam tangan tidak hanya berfungsi untuk alat penunjuk waktu, namun juga aksesoris yang akan melengkapi penampilan pria dan wanita. Bahkan ada yang extreme, yaitu sebagai alat untuk menunjukkan kemewahan yang berujung pada tingkat sosial pemakainya.

 

Dan terakhir bagi yang bisa melihat peluang ialah jam tangan sebagai investasi, walaupun sangat jarang namun trend ini sudah mulai berkembang. Jam tangan dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu analog dan digital.

 

1. Jam tangan analog

Jenis jam tangan ini alat penunjuknya adalah jarum, ada yang menggunakan jarum jam dua ada yang tiga. Jarum pertama adalah jam, jarum kedua adalah menit dan jarum ketiga adalah detik. Untuk jam analog saat ini sudah banyak mengalami kemajuan, dimana banyak jenis jam ini juga menambahkan fitur untuk menunjukkan tanggal dan bulan.

 

Saat ini untuk jam analog sumber tenaganya tidak hanya berasal dari baterai saja, namun juga ada yang automatic, kinetic dan yang terbaru adalah tenaga sinar matahari

 

Automatic

Arloji automatic mulai diperkenalkan awal abad ini oleh Perrelet dimana pertama kali justru diaplikasikan diarloji saku baru berkembang dan dipasang diarloji tangan oleh Omega di tahun 30-an.

 

Arti automatik memiliki konotasi “tidak perlu diputar” dimana pada jaman itu arloji umumnya menggunakan mesin Hand Winding (diputar tangan). Dengan diperkenalkannya teknologi matik maka pergerakan lengan tangan diubah menjadi energi yg memutar pegas dalam sistem mesin arloji.

 

Teknologi mesin automatik memiliki kekurangan yakni durasi pegas yg terbatas jika arloji tidak dikenakan membuat mesin arloji mati (tidak bergerak) umumnya arloji automatik memiliki durasi 48 jam.

 

Di samping itu sebagaimana arloji mesin (baca: bukan elekronik) memiliki kelemahan di sektor akurasi walau dewasa ini sudah banyak arloji automatik yg akurasinya bagus.

 

Kinetic

Yakni teknologi gabungan antara energi gerakan tangan dan quartz. Teknologi ini mampu menyimpan energi dari gerakan tangan selama kurang lebih 6 bulan. Berbeda dengan Automatic yang kekuatannya berkisar sekitar 40 jam. Sedangkan teknologi terbaru dari Seiko adalah Spring drive (sejak 1999), yaitu teknologi yang diciptakan sekitar 26 tahun dari riset Seiko dengan menggunakan 600 prototype.

 

Teknologi ini menggunakan spiral yang mampu di konversi menjadi sebuah energi. Energi inilah yang nantinya akan digunakan untuk menggerakkan roda dari jam.

 

Tenaga Sinar Matahari

Teknologi ini dikembangkan oleh Citizen, terkenal dengan julukan teknologi Eco Drive. Citizen didirikan pada tahun 1924 dan merupakan produsen penemu pertama teknologi solar (matahari). Dan sekarang merupakan pelopor teknologi Eco Drive.

 

Teknologi ini diyakini sangat ramah lingkungan karena tidak menggunakan baterai, hanya menggunakan tenaga cahaya, bisa matahari, lampu dan lain-lain. Dengan teknologi Eco Drive, beberapa produk dari Citizen mampu menyimpan energi matahari (direct sun shine) cukup 3 menit untuk 1 tahun, artinya kita hanya perlu menangkap sinar matahari 3 menit yang mampu digunakan selama 1 tahun.

 

2. Digital

Seperti namanya maka jam ini menunjukkan waktu dengan digit ( angka ), walaupun sekarang ada juga merk jam tertentu menggabungkan antara digit dan jarum digital. Untuk jenis jam digital penunjukan waktu lebih tepat karena langsung akan tertera di layar jam, baik untuk waktu penunjukkan jam, menit dan detik. Kita tinggal membacanya, dan ini tidak mungkin dilakukan di jam analaog.

 

Pada jenis jam ini banyak sekali fitur fitur tambahan yang sangat membantu, seperti kompas, alarm, pengukur denyut nadi, penghitung langkah bahkan GPS ( Global Positioning System ). Umumnya jenis jam ini sudah water resistance sehingga aman untuk berenang sekalipun.

 

Setelah kita membahas jenis jam maka sekarang kita akan membahas mengenai jenis jam tangan yang sesuai dengan type seseorang. Ada tiga type tersebut adalah :

 

Tipe Sporty

Cocok untuk Anda yang mempunyai jiwa yang aktif dan suka beraktivitas di luar ruangan. Pilihlah jam dari bahan titanium dan antigores dengan desain yang agak besar dan lebar, untuk memudahkan melihat waktu. Atau dapat juga untuk mempertimbangkan jam tangan digital.

 

Merk Festina yang dipercaya sebagai official racing watch di Tour de France dapat dijadikan pilihan. Jam ini menawarkan fitur tachymeter, lap timer, dan split timer. Tak kalah memikat Seiko diving watches juga layak menjadi watch brand yang harus dibeli. Memberikan fitur screw down crowns, casebacks, serta pastinya dilengkapi kemampuan bertahan hingga kedalaman 600 kaki di bawah permukaan laut.

 

Tipe Stylish

Untuk anda yang memiliki selera fashion yang tinggi. Pilihlah jam tangan terbuat dari bahan kulit, dengan fitur unik dan kenyamanan, serta pastinya tahan air.

 

Pilih jenis jam tangan yang biasanya mempunyai fitur cincin emas atau perak serta tampilannya berwarna polos tidak banyak detail. Beberapa jam tangan ini juga diklasifikasikan sebagai perhiasan, karena mereka memiliki fitur emas asli atau perak serta bahkan berlian.

 

Banyak perempuan memilih jam tangan jenis ini dengan assesoris yang ramping lainnya untuk acara-acara formal mereka, karena akan tampak hebat dengan gaun.

 

Atau Pilihan hour markers, diamond bezels, atau diamond cases untuk wanita besutan Michele, Citizen, Seiko, dan Bulova dengan sentuhan diamond dan bertabur batu-batuan pastinya koleksi yang layak untuk dipertimbangkan. Gaya ini identik dengan jam tangan fesyen karena menjual desain ketimbang fungsi.

 

Tipe Pekerja

Untuk tipe pekerja kantoran. Pilihlah jam tangan yang memiliki fitur untuk melihat schedule, timer dan juga alarm untuk mengingatkan jadwal meeting (rapat). (net)

 

 

 

 

Komentar