Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Air Sumur Mengering Warga Terpaksa Beli Air Galonan

Misbah Hidayat

Jumat, 14 Agustus 2015 - 08:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Menyiasati kian parahnya krisis air yang terjadi akibat kemarau ekstrim, beragam cara dilakukan warga. Untuk mengamankan stok kebutuhan air bersih keluarganya, tak sedikit warga yang harus rela berjalan jauh ke kampung lain sambil menenteng jerigen atau ember pengangkut air.

Upaya berbeda dilakukan warga yang tingkat ekonominya lumayan baik. Untuk menghemat waktu dan tenaga, mereka memilih menggunakan jasa warga lainnya guna membantu mencari dan mengangkut air bersih yang dibutuhkannya. Risikonya, mereka mau tidak mau harus merogoh kantongnya hingga puluhan ribu rupiah sebagai ganti ongkos angkut.  

Pilihan seperti itu antara lain dijalani Aan (35), warga Kampung Jangarang RT 03/02, Desa Cibinong Hilir, Kecamatan Cilaku. Menurut Aan, hal itu terpaksa ia lakukan karena cadangan air di sumur miliknya terus berkurang seiring semakin bertambah parahnya dampak kemarau yang terjadi saat ini.

“Untuk memenuhi kebutuhan air, saya terpaksa merogoh kocek untuk membayar orang yang bersedia mengambilkan air ke kampung lain, yang belum terkena dampak kekeringan,” ucap Aan kepada “BC”, kemarin.

Nominal uang yang harus dikeluarkan untuk membayar jasa tukang angkut air ini berbeda-beda, tergantung dari jauh dekatnya sumber air.“Biasanya sih kalau saya, menghargai jasanya untuk satu jerigen air sebesar Rp 25.00 rupiah,” paparnya.

Sementara air yang diperlukan setiap harinya mencapai 5 jerigen. Air sebanyak itu diguna untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya dan warung yang ia miliki.

Ditemui terpisah, Kepala Desa Mulyasari Iyan Sopyan mengatakan, akibat musim kemarau tahun ini warganya memang mengalami kesulitan mendapatkan  air bersih untuk memenuhi kebutuhan rumah tanggannya.

“Sebagian warga saya terpaksa membeli air guna memenuhi kebutuham sehari-hari untuk digunakan mandi dan mencuci,” ungkapnya.

Untuk meringankan beban warga, ia berharap pemerintah daerah agar segera memberikan bantuan air bersih. Alasannya, selama ini warga sangat membutuhkan bantuan air tersebut, karena sumber cadangan air yang biasa digunakan sudah kering. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 30 menit yang lalu

5 Kecamatan di Cianjur Terdampak Gempa

Gempa bumi menggoyang Cianjur, Selasa (23/1/2018) siang. Sejumlah wilayah di selatan Cianjur terdampak cukup parah. Tercatat, sejumlah bangunan rusak dan delapan orang siswa sekolah mengalami luka-luka.

Aktualita 35 menit yang lalu

Masalahnya Banyak, RSUD Akan Diperiksa Khusus

SETELAH satu per satu permasalahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur terbongkar, akhirnya Inspektorat Daerah (Irda) Cianjur akan segera melakukan pemeriksaan khusus (riksus), terhadap para…

Aktualita 24 jam yang lalu

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 23/01/2018 08:00 WIB

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Aktualita 22/01/2018 08:00 WIB

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…