Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Warga Cianjur Selatan Masih Banyak Yang Tak Nikmati Listrik

Rudi Rusmana

Jumat, 14 Agustus 2015 - 13:20 WIB

Anak anak ini pun belajar dengan penerangan lampu teplok...
Anak anak ini pun belajar dengan penerangan lampu teplok...
A A A

BERITACIANJUR.COM – Kendati sebagian besar wilayah di Cianjur, sudah terjangkau aliran listrik. Namun, ternyata masih ada masyarakat diantaranya yang belum mendapatkan penerangan dari PLN seperti beberapa daerah di Kecamatan Leles dan Kecamatan Agrabinta.

Menurut Ade B (47), warga Desa Nagasari, Kecamatan Leles. Masih ada beberapa daerah di Kecamatan Leles yang hingga kini masyarakatnya belum mendapatkan penerangan listrik.

"Memang sampai sekarang masih ada masyarakat yang belum mendapatkan penerangan listrik untuk di Kecamatan Leles. Misalnya saja seperti sebagian masyarakat di Kampung Ciranji-Desa Pusakasari, daerah Sampalan-Desa Karyamukti, dan di Desa Puncakwangi penerangannya belum merata hinga ke seluruh perkampungan," tutur Ade kepada “BC”, Kamis (13/8).

Ade yang juga merupakan salah satu tokoh pemuda di Kecamatan Leles tersebut menambahkan, malahan menurut sepengetahun dirinya, untuk di Kecamatan Agrabinta pun masih terdapat beberapa wilayah yang mengalami hal serupa.

"Kalau untuk beberapa daerah di Kecamatan Agrabinta, sebetulnya sudah tersedia tiangnya dari pelebaran jaringan waktu yang lalau. Saat ini hanya tinggal pemasangan KWH saja ke rumah-rumah seperti di Desa Bunisari, Mulyasari, dan Desa Neglasari," terang Ade.

Sementara itu Camat Leles, Rustandi mengatakan, bila pihaknya akan mengecek terlebih dahulu mana-mana saja daerah di wilayahnya yang sampai saat ini belum mendapatkan penerangan listrik.

"Nanti akan coba kita cek dulu, sekaligus diinventarisir daerah mana saja di wilayah Leles yang hingga sekarang belum mendapatkan aliran listrik. Sebab saya sendiri kan masih baru menjabat di sini (Leles, red) jadi belum begitu tahu persis tentang kondisi masyarakatnya," kata Rustandi ketika dihubungi dalam kesempatan terpisah.

Sedangkan Camat Agrabinta, Usep Saepul Rohman menilai, sebetulnya semua desa di Wilayah Agrabinta sudah mendapatkan jaringan PLN hanya saja untuk penerangan listriknya memang sampai sekarang belum merata di masyarakat.

"Kalau untuk jaringannya sendiri, sebetulnya semua desa di Wilayah Agrabinta sudah terjangkau oleh PLN. Tetapi penerangan listriknya sendiri memang belum merata hingga ke dusun-dusun mungkin kendalanya itu karena adanya keterbatasan dari segi anggaran," tuturnya kepada "BC" dalam kesempatan berbeda.

Usep menyebutkan, untuk saat inipun ada beberapa wilayah di Kecamatan Agrabinta yang sedang berjalan untuk program penambahan jaringan dan penerangan listrik seperti di daerah Bunisari, Bojongkaso, dan Mekarsari.

"Beberapa daerah tersebut saat ini sedang berjalan program perluasan jaringannya, sebagian daerah lainnya pun hanya tinggal yang ke pelosok-pelosoknya saja karena terkendala situasi dan kondisi ekonomi masyarakat. Ketika nantinya mau dipasang KWH pun kalau masyarakatnya sendiri belum siap bagaimana," tukasnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?

Aktualita 19/04/2018 07:55 WIB

Balas Budi? Ini Dugaan Kongkalikong Antara Bupati dan Ketua DPRD

DUGAAN kongkalikong antara Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dengan Ketua DPRD, Yadi Mulyadi menyeruak. Pasalnya, meski sejak awal sudah diketahui belum mengantongi izin, namun Megaproyek Campaka baru…

Aktualita 19/04/2018 07:50 WIB

Golkar Pecat Dua Anggotanya, Demokrat?

HAWA politik Cianjur kian memanas. Birunya langit tak lagi menjadi pertanda akan cerahnya panggung politik Cianjur, tapi sebaliknya justru membawa pertanda datangnya “hujan badai” yang akan menyapu…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polwan Polres Cianjur Berikan Bantuan Bagi Adah

MEMPERINGATI Hari Kartini 2018 jajaran Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur menggelar sejumlah kegiatan sosial, di antaranya dengan menyambangi kediaman Adah, warga Kampung Mayak Empang RT 01/04, Desa…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polres Cianjur Ciduk Tujuh Pelaku Kejahatan

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur menciduk tujuh orang pelaku kejahatan yang biasa menjalankan aksinya di wilayah hukum Cianjur. Penangkapan ketujuh pelaku itu dilakukan dalam waktu dan tempat berbeda.

Aktualita 18/04/2018 08:10 WIB

Desak Pemkab Tanggung Jawab, Garis Sebar Spanduk Banjir

BANJIR belum pernah terjadi sebelumnya di Cianjur. Masihkah kita bangga dengan dosa-dosa? Itulah tulisan dalam spanduk yang dipasang Gerakan Reformis Islam (Garis) di sejumlah lokasi banjir di kawasan…