Selasa, 23 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Warga Cianjur Selatan Masih Banyak Yang Tak Nikmati Listrik

Rudi Rusmana

Jumat, 14 Agustus 2015 - 13:20 WIB

Anak anak ini pun belajar dengan penerangan lampu teplok...
Anak anak ini pun belajar dengan penerangan lampu teplok...
A A A

BERITACIANJUR.COM – Kendati sebagian besar wilayah di Cianjur, sudah terjangkau aliran listrik. Namun, ternyata masih ada masyarakat diantaranya yang belum mendapatkan penerangan dari PLN seperti beberapa daerah di Kecamatan Leles dan Kecamatan Agrabinta.

Menurut Ade B (47), warga Desa Nagasari, Kecamatan Leles. Masih ada beberapa daerah di Kecamatan Leles yang hingga kini masyarakatnya belum mendapatkan penerangan listrik.

"Memang sampai sekarang masih ada masyarakat yang belum mendapatkan penerangan listrik untuk di Kecamatan Leles. Misalnya saja seperti sebagian masyarakat di Kampung Ciranji-Desa Pusakasari, daerah Sampalan-Desa Karyamukti, dan di Desa Puncakwangi penerangannya belum merata hinga ke seluruh perkampungan," tutur Ade kepada “BC”, Kamis (13/8).

Ade yang juga merupakan salah satu tokoh pemuda di Kecamatan Leles tersebut menambahkan, malahan menurut sepengetahun dirinya, untuk di Kecamatan Agrabinta pun masih terdapat beberapa wilayah yang mengalami hal serupa.

"Kalau untuk beberapa daerah di Kecamatan Agrabinta, sebetulnya sudah tersedia tiangnya dari pelebaran jaringan waktu yang lalau. Saat ini hanya tinggal pemasangan KWH saja ke rumah-rumah seperti di Desa Bunisari, Mulyasari, dan Desa Neglasari," terang Ade.

Sementara itu Camat Leles, Rustandi mengatakan, bila pihaknya akan mengecek terlebih dahulu mana-mana saja daerah di wilayahnya yang sampai saat ini belum mendapatkan penerangan listrik.

"Nanti akan coba kita cek dulu, sekaligus diinventarisir daerah mana saja di wilayah Leles yang hingga sekarang belum mendapatkan aliran listrik. Sebab saya sendiri kan masih baru menjabat di sini (Leles, red) jadi belum begitu tahu persis tentang kondisi masyarakatnya," kata Rustandi ketika dihubungi dalam kesempatan terpisah.

Sedangkan Camat Agrabinta, Usep Saepul Rohman menilai, sebetulnya semua desa di Wilayah Agrabinta sudah mendapatkan jaringan PLN hanya saja untuk penerangan listriknya memang sampai sekarang belum merata di masyarakat.

"Kalau untuk jaringannya sendiri, sebetulnya semua desa di Wilayah Agrabinta sudah terjangkau oleh PLN. Tetapi penerangan listriknya sendiri memang belum merata hingga ke dusun-dusun mungkin kendalanya itu karena adanya keterbatasan dari segi anggaran," tuturnya kepada "BC" dalam kesempatan berbeda.

Usep menyebutkan, untuk saat inipun ada beberapa wilayah di Kecamatan Agrabinta yang sedang berjalan untuk program penambahan jaringan dan penerangan listrik seperti di daerah Bunisari, Bojongkaso, dan Mekarsari.

"Beberapa daerah tersebut saat ini sedang berjalan program perluasan jaringannya, sebagian daerah lainnya pun hanya tinggal yang ke pelosok-pelosoknya saja karena terkendala situasi dan kondisi ekonomi masyarakat. Ketika nantinya mau dipasang KWH pun kalau masyarakatnya sendiri belum siap bagaimana," tukasnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 23 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:52 WIB

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:50 WIB

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 21/01/2018 21:48 WIB

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.