Jumat, 27 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Nyamuk Lebih 'Terpikat' Pada Mereka Yang Berdarah O

Fl/internet

Jumat, 14 Agustus 2015 - 20:35 WIB

Yamuk lebih senang hinggap pada mereka yang berdarah O...
Yamuk lebih senang hinggap pada mereka yang berdarah O...
A A A

BERITACIANJUR.COM, WASHINGTON,-- Penelitian menunjukkan, penyebab utama kerentanan seseorang terhadap gigitan nyamuk adalalah golongan darah, kata Elizabeth Tanzi, dokter kulit di Washington DC.

“Kami masih belum sepenuhnya paham, mengapa atau apa hubungannya dengan golongan darah,” katanya melanjutkan seperti dilansir dari laman Women's Health. “Tapi biasanya golongan darah O yang lebih menarik nyamuk.”

Meski begitu, darah bukan satu-satunya hal yang membuat Anda menderita karena gigitan nyamuk. “Ada dua hal yang berperan di sini,” ujarnya. Tanzi mengatakan bahwa fakta mengungkap, beberapa kulit orang tertentu bereaksi lebih jelas daripada yang lain.

Jika Anda memiliki kulit yang lebih sensitif, maka gigitan serangga bisa memicu pelepasan sel inflamasi ke daerah gigitan tersebut, mirip dengan reaksi gatal-gatal.

“Ketika orang-orang tersebut digigit nyamuk, kulit mereka akan mengalami banyak pembengkakan,” katanya. Akibatnya adalah bekas merah-merah di kulit.

Jadi, ketika beberapa orang digigit nyamuk lebih sering dari yang lain, beberapa lainnya melihat gigitan yang lebih banyak karena kulit mereka bereaksi lebih oleh gigitan nyamuk.

Jika Anda salah satu orang yang kulitnya lebih mudah meradang, Anda bisa berjuang melawan nyamuk dengan antihistamin selain dengan obat semprotan nyamuk.

“Mengonsumsi antihistamin beberapa hari sebelum Anda terkena (gigitan nyamuk) dapat menghindari pembengkakan,” kata Tanzi. “Histamin dapat menstabilkan di dalam sistem tubuh sehingga Anda tidak mendapatkan reaksi liar yang sama.”

Selain itu, tidak ada bukti nyata bahwa mengenakan warna pakaian tertentu atau memakai parfum aroma bunga membuat nyamuk lebih tertarik kepada Anda. Para ilmuwan juga mencari tahu, apakah gigitan nyamuk ada hubungannya dengan pola makan.

Sebuah penelitian dalam Jurnal Asosiasi Pengendalian Nyamuk Amerika Serikat menemukan, nyamuk lebih suka mendarat di lengan subjek penelitian yang telah menyerap 350 mililiter bir. Namun, penelitian itu masih diragukan karena penelitian itu hanya melibatkan 13 peserta.

“Iklim yang basah dan lembab adalah yang terburuk untuk nyamuk, terutama menjelang malam,” kata Tanzi. Dan jangan menggaruk gigitan nyamuk. “Jika digaruk, Anda bisa menimbulkan lebih banyak trauma di daerah kulit tersebut dan menyebabkan pembengkakan,” ujarnya.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Petani Penggarap di Cianjur Tuntut Penerapan Reforma Agraria

RATUSAN petani penggarap di Cianjur menggeruduk gedung DPRD Kabupaten Cianjur, di Jalan KH Abdullah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.Mereka menuntut pemerintah mengimplementasikan reforma agraria karena…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lodaya 2018

KAPOLRES Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Lodaya 2018 di Lapangan Utama Mapolres Cianjur, Jalan KH Abdulah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Warga Terdampak Banjir di Ciadun Kembali Tempati Rumah

WARGA di sejumlah kampung di Desa Kertajadi dan Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun yang sempat mengungsi akibat perkampungannya diterjang banjir bandang sudah kembali ke rumah mereka.

Bisnis Line 25/04/2018 21:43 WIB

MyRobo Kembali ‘Unjuk Gigi’ Melalui Event CRG

SEJUMLAH pelajar dari SMP Al Azhar Cianjur yang tergabung dalam MyRobo berhasil mengharumkan nama Kabupaten Cianjur di kancah Internasional. Setelah mengalahkan kontingen dari beberapa Negara di Asia,…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Banjir Bandang dan Longsor Terjang Cianjur Selatan

RATUSAN keluarga dievakuasi karena meluapnya air Sungai Cidamar, Kecamatan Cidaun. Sementara jalur penghubung Cianjur-Bandung di Kecamatan Naringgul tertutup longsor, akibatnya arus lalulintas di ruas…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Polres Cianjur Siap Gelar Ops Patuh Lodaya 2018

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas Polres Cianjur akan menggelar Operasi Patuh Lodaya 2018, mulai Kamis (26/4/2018) hingga Minggu (6/5/2018).

Bisnis Line 24/04/2018 23:34 WIB Advertorial

Alfamart Gelar Pemberdayaan Wanita Melalui Pelatihan

Memperingati Hari Kartini, Toko Modern Alfamart menggelar kegiatan pemberdayaan wanita berupa pelatihan pengolahan bonggol pisang menjadi produk bernilai ekonomis di Balai Desa Sukaratu, Kecamatan Gekbrong,…

Cianjur Euy 24/04/2018 20:53 WIB

Siswa SMK Berikan Sarung Cinta Untuk Mak Icih

RAUT sumringah terlihat dari wajah Mak Icih, saat puluhan siswa dari salah satu SMK kesehatan swasta di Sukabumi mendatangi kediamannya di Kampung Cikaret, Gang Al Falah, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.

Cianjur Euy 24/04/2018 20:52 WIB

IPM Kabupaten Cianjur Jeblok, Paling Bontot di Jawa Barat

INDEKS Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Cianjur, masih relatif jeblok. Posisinya pada 2017 berada paling bontot dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat. Hal itu, diungkapkan anggota DPRD Kabupaten Cianjur,…

Cianjur Euy 24/04/2018 20:51 WIB

Perpres TKA Berdampak Plus Minus Bagi Daerah

PENERAPAN Peraturan Presiden Nomor 20/2018 tentang penggunaan tenaga kerja asing (TKA) memiliki dampak positif dan negatif bagi dunia kerja di daerah. Sebab, hingga kini masih banyak calon tenaga kerja…