Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Horor AS - Fidel Castro Tuntas, Bendera AS Berkibar di Havana

Internet/reuters

Jumat, 14 Agustus 2015 - 23:00 WIB

Permusuhan Fidel Castro - AS berakhir. Bendesa AS berkibar di Havana...
Permusuhan Fidel Castro - AS berakhir. Bendesa AS berkibar di Havana...
A A A

BERITACIANJUR.COM, HAVANA. --54 Tahun sudah permusuhan AS – Kuba jadi horor yang menegangkan. Namun Hari ini, Jumat 14 Agustus 2015, cerita buruk itu seakan terhapus dengan berkibarnya bendera Amerika Serikat di Havana.

Normalisasi hubungan kedua negara pun di tandai dengan hadirnya Kedutaan Besar AS di Kuba. Setelah sebelumnya Kuba membuka Kedubesnya di Washington, 20 Juli 2015. Menyusul membaiknya hubungan dua negara. Permusuhan yang ditandai dengan embargo dan sanksi ekonomi pun segera diakhiri.
 

Diberitakan Reuters, pengibaran bendera di Kedutaan besar AS di Havana dilakukan oleh tiga pensiunan anggota marinir Amerika yang pada tahun 1961 menurunkan bendera tersebut menyusul keretakan hubungan dua negara. Acara itu disaksikan oleh tamu undangan dan para warga di kota itu.

John Kerry yang menjadi menteri luar negeri AS pertama yang menyambangi Kuba dalam 70 tahun terakhir dalam pidatonya mengatakan bahwa permusuhan yang dialami kedua negara bukanlah hal yang benar dan harus diluruskan menuju hubungan yang lebih baik.
 

Acara simbolis kali ini adalah buah dari kesepakatan akur Havana dan Washington delapan bulan lalu. Kedua negara sepakat menormalisasi hubungan dan memulihkan misi diplomatis, yaitu dibukanya kembali perwakilan di masing-masing negara.


Kendati hubungan membaik, namun Kerry menegaskan sikap AS yang menentang riwayat pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Kuba. "Kami tetap yakin bahwa rakyat Kuba akan lebih baik jika menggunakansistem demokrasi, di mana rakyatnya bebas memilih pemimpin mereka," kata Kerry.
 

Malam sebelumnya, papan nama bertuliskan "Embassy of the United States of America" dipasang di pintu masuk gedung tujuh lantai tersebut. 
 

Terlihat tiga mobil antik buatan Amerika diparkir sebagai latar mimbar tempat Kerry berpidato: Chevrolet Bel Air tahun 1955 dan 1967, dan Chevrolet Impala tahun 1959, tahun pecahnya revolusi Kuba yang menghasilkan kepemimpinan Fidel Castro.
 

Fidel Castro menyerahkan kekuasaan pada adiknya, Raul Castro, tahun 2008 setelah kesehatannya memburuk.
 

Masih ada beberapa hambatan yang mewarnai normalisasi hubungan dua negara bertetangga itu. Kuba ingin agar AS menghentikan embargo ekonomi, mengembalikan Guantanamo dan menghentikan sinyal radio dan televisi ke arah Kuba.
 

Sementara Amerika terus menekan Kuba untuk memperbaiki kualitas HAM, mendeportasi para pelarian politik yang mendapat suaka di Kuba, dan mengembalikan properti warga AS yang dinasionalisasi pada pemerintahan Castro. (fl/cnn/reuters)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polwan Polres Cianjur Berikan Bantuan Bagi Adah

MEMPERINGATI Hari Kartini 2018 jajaran Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur menggelar sejumlah kegiatan sosial, di antaranya dengan menyambangi kediaman Adah, warga Kampung Mayak Empang RT 01/04, Desa…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polres Cianjur Ciduk Tujuh Pelaku Kejahatan

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur menciduk tujuh orang pelaku kejahatan yang biasa menjalankan aksinya di wilayah hukum Cianjur. Penangkapan ketujuh pelaku itu dilakukan dalam waktu dan tempat berbeda.

Aktualita 18/04/2018 08:10 WIB

Desak Pemkab Tanggung Jawab, Garis Sebar Spanduk Banjir

BANJIR belum pernah terjadi sebelumnya di Cianjur. Masihkah kita bangga dengan dosa-dosa? Itulah tulisan dalam spanduk yang dipasang Gerakan Reformis Islam (Garis) di sejumlah lokasi banjir di kawasan…