Selasa, 23 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Horor AS - Fidel Castro Tuntas, Bendera AS Berkibar di Havana

Internet/reuters

Jumat, 14 Agustus 2015 - 23:00 WIB

Permusuhan Fidel Castro - AS berakhir. Bendesa AS berkibar di Havana...
Permusuhan Fidel Castro - AS berakhir. Bendesa AS berkibar di Havana...
A A A

BERITACIANJUR.COM, HAVANA. --54 Tahun sudah permusuhan AS – Kuba jadi horor yang menegangkan. Namun Hari ini, Jumat 14 Agustus 2015, cerita buruk itu seakan terhapus dengan berkibarnya bendera Amerika Serikat di Havana.

Normalisasi hubungan kedua negara pun di tandai dengan hadirnya Kedutaan Besar AS di Kuba. Setelah sebelumnya Kuba membuka Kedubesnya di Washington, 20 Juli 2015. Menyusul membaiknya hubungan dua negara. Permusuhan yang ditandai dengan embargo dan sanksi ekonomi pun segera diakhiri.
 

Diberitakan Reuters, pengibaran bendera di Kedutaan besar AS di Havana dilakukan oleh tiga pensiunan anggota marinir Amerika yang pada tahun 1961 menurunkan bendera tersebut menyusul keretakan hubungan dua negara. Acara itu disaksikan oleh tamu undangan dan para warga di kota itu.

John Kerry yang menjadi menteri luar negeri AS pertama yang menyambangi Kuba dalam 70 tahun terakhir dalam pidatonya mengatakan bahwa permusuhan yang dialami kedua negara bukanlah hal yang benar dan harus diluruskan menuju hubungan yang lebih baik.
 

Acara simbolis kali ini adalah buah dari kesepakatan akur Havana dan Washington delapan bulan lalu. Kedua negara sepakat menormalisasi hubungan dan memulihkan misi diplomatis, yaitu dibukanya kembali perwakilan di masing-masing negara.


Kendati hubungan membaik, namun Kerry menegaskan sikap AS yang menentang riwayat pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Kuba. "Kami tetap yakin bahwa rakyat Kuba akan lebih baik jika menggunakansistem demokrasi, di mana rakyatnya bebas memilih pemimpin mereka," kata Kerry.
 

Malam sebelumnya, papan nama bertuliskan "Embassy of the United States of America" dipasang di pintu masuk gedung tujuh lantai tersebut. 
 

Terlihat tiga mobil antik buatan Amerika diparkir sebagai latar mimbar tempat Kerry berpidato: Chevrolet Bel Air tahun 1955 dan 1967, dan Chevrolet Impala tahun 1959, tahun pecahnya revolusi Kuba yang menghasilkan kepemimpinan Fidel Castro.
 

Fidel Castro menyerahkan kekuasaan pada adiknya, Raul Castro, tahun 2008 setelah kesehatannya memburuk.
 

Masih ada beberapa hambatan yang mewarnai normalisasi hubungan dua negara bertetangga itu. Kuba ingin agar AS menghentikan embargo ekonomi, mengembalikan Guantanamo dan menghentikan sinyal radio dan televisi ke arah Kuba.
 

Sementara Amerika terus menekan Kuba untuk memperbaiki kualitas HAM, mendeportasi para pelarian politik yang mendapat suaka di Kuba, dan mengembalikan properti warga AS yang dinasionalisasi pada pemerintahan Castro. (fl/cnn/reuters)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:52 WIB

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:50 WIB

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 21/01/2018 21:48 WIB

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.