Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Peserta Main-Main, Upacara Hari Pramuka Tidak Khidmat

Susi Susilawati

Sabtu, 15 Agustus 2015 - 17:14 WIB

Agung/'BC'
Agung/'BC'
A A A

BERITACIANJUR.COM – Ratusan anggota dan pembimbing pramuka dari setiap perwakilan sekolah yang berada di Kecamatan Cianjur mengikuti Upacara Hari Jadi Pramuka (HJP) ke 54. Kegiatan tersebut berlangsung di Lapang Prawatasari (Joglo), Jumat (14/8).

Namun saat pelaksanaan berlangsung, peserta pramuka banyak yang melakukan sikap tidak disiplin bahkan terlihat asik dengan aktivitasnya masing-masing, hal tersebut membuat acara HJP kurang berjalan khidmat.

Menanggapi pelaksanaan HJP yang kurang khidmat, Pembina Pramuka SMPN 5 Cianjur, sekaligus pengurus Kuwara Ranting Kecamatan Cianjur, Dadan Hendaris mengaku menyesalkan hal tersebut.

“Iya saya cukup prihatin, karena anggota pramuka mulai dari pramuka siaga, pramuka penggalang, pramuka penegak dan pramuka pandega tidak bisa disiplin dalam pelaksanaan dan tidak saling memberitahu atau memperingati,” terangnya kepada “BC” seusai acara.

Lanjut dia, kegiatan yang setiap tahun diadakan ini harusnya bisa disikapi lebih tanggung jawab oleh para anggota. “Kalau untuk anak usia SD mungkin masih bisa dimaklumi, akan tetapi jika sudah berkenaan dengan anak usia SMP, SMA/SMK/MA dan para pembinanya, ini cukup prihatin dan harus dievaluasi sebagai perbaikan,” paparnya.

Sementara Kapusbindik Kecamatan Cianjur, sekaligus sebagai pembina upacara, Nandang Kosasih menerangkan, ketidaksiapan para anggota pramuka yang terlihat pada peringatan HJP ini akan dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan sikap kedisiplinan dan tanggung jawab.

“Saya akan memberikan teguran kepada pembina di setiap sekolah untuk bisa mengkondisikan para anggotanya serta menjadikan ini PR di tahun depan untuk bisa diperbaiki, memberikan pembinaan kedisiplinan secara ketat dimulai dari gugus depan,” ucapnya.

Namun yang harus tertanam dalam jiwa seorang pramuka yang mengikuti pendidikan nonformal ini, harus bisa semangat menanamkan jiwa kebangsaannya dan meningkatkan keterampilannya.

“Pembina dan anggota pramuka harus bisa lebih kreatif dalam melakukan pembelajaran. Kemudian harus bangga menjadi anggota pramuka sebab mereka lebih dipersiapkan untuk ma diri menghadapi tantangan zaman,” harap Nandang.

Sedangkan Ketua Kwaran Kecamatan Cianjur, Cecep Rustandi mengatakan, kondisi yang terlihat pada saat kegiatan HJP tentu tidak mencerminkan kedisiplinan dan rasa menghormati satu sama lain. Hal tersebut, dikatakannya, perlu segera diperbaiki dan dibenahi, dimulai dari pembinanya terlebih dahulu.

“Dalam pramuka kan sudah diajarkan bagaimana cara bersikap untuk menghormati orang lain, masa dalam HJP-nya bisa berprilaku seperti itu, malu lah dimana jiwa sebagai pramukanya,” terangnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?