Jumat, 20 Oktober 2017 - Pukul 02:57

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Gaya Busana Yang Diprediksi Bakal Tren di Tahun 2016

Oleh: Raka Pramudya - Jumat 13 Nopember 2015 | 17:00 WIB

Gaya Busana Yang Diprediksi Bakal Tren di Tahun 2016

net

PERKEMBANGAN tren fashion dunia tentu dipengaruhi oleh teknologi, budaya, serta perubahan alam. Untuk mengetahui tren di 2015 hingga 2016 mendatang, para pakar fashion melakukan penelitian kemudian menerjemahkannya dalam sebuah buku. Setidaknya ada empat gaya busana yang bakal nge-tren pada 2016.

 

1. Alliance

Menurut perancang busana sekaligus pengajar di akademi mode, Dina Midiani, alliance menjadi salah satu tren yang mewarnai fashion di tahun mendatang. Tren alliance merupakan perpaduan antara unsur tradisional dan modern yang dimodifikasi menjadi lebih simpel elegan sehingga tetap ada perpaduan motif dari budaya Indonesia, khususnya Solo, Jawa Tengah.

 

"Ada elemen-eleman dari motif batik yang disederhanakan, misalnya menerjemahkan sarung agar lebih terlihat modern atau motif parang dan lipatan di atas material transparan. Unsur tradisionalnya ditampilkan," ujar Dina .

 

Warna yang ditampikan lebih harmonis bernuansa netral seperti hitam polos, putih transparan, silver, gold, namun dipadu dengan sentuhan motif tradisional. Siluetnya juga akan lebih sederhana juga asimetris.

 

2. Biomimetics

Tren biomimetics terinspirasi dari kerusakan alam dan ekosistem yang hampir punah. Warna yang ditampilkan seperti merah darah, putih gading, elektrik, biru gelap, serta hijau lumut. Warna tersebut terinspirasi dari organ tubuh manusia, DNA, bakteri, lumut, serta koral yang sudah rusak.

 

Tema kedua ini terinspirasi dari Banjarmasin. "Banjarmasin kan alamnya rusak. Kerusakan ini yang diangkat menjadi satu konsep baru. Shape-nya maskulin, potongan busana dibuat menggelembung seperti otot di bahu. Celananya juga ada serat-serat seperti urat kita," tutur Dina.

 

Nuansa busananya memiliki sentuhan kain Banjarmasin dengan warna cenderung gelap seperti coklat tua. Hitam dan perpaduan warna netral lainnya yang akan mendominasi tema kedua ini.

 

3. Adroit

Tema yang satu ini berasal dari perkembangan gadget serta generasi muda yang semakin kreatif dalam menciptakan suatu karya khususnya di Kota Jakarta. Warna terang seperti kuning, ungu, pink, merah, serta oranye, akan mendominasi tren tahun mendatang.

 

"Terpacu pada komputer dan holografik juga. Misalnya ada tambahan celana panjang yang bisa dibuat pendek, blouse lipatannya bisa diubah, atau bagaimana menerapkan geometris seperti hologram. Gayanya lebih androginy masih ada efek dimensinya juga," katanya.

 

4. Veracious

Tema terakhir yang akan mendominasi tahun 2015/16 adalah veracious. Apa itu? Veracious membawa unsur-unsur primitif. Namun tidak berarti kuno atau monoton tapi dibentuk dalam busana yang akan terlihat mewah serta elegan.

 

"Dulu mewah itu bling-bling tapi mewah saat ini kembali ke barang-barang yang langka. Elemen-elemen primitif diangkat menjadi busana yang elegan dan mewah. Terinspirasi dari Kepulauan Raja Ampat, Papua," papar Dina.

 

Warna yang diterapkan cenderung kalem, pastel, dan cerah. Biru laut akan mendominasi tren fashion dua tahun mendatang. Motif alam, bebatuan, serta unsur-unsur bawah laut seperti koral akan menjadi detail dari tema Veracious. (net)

Komentar