Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Inilah Zola, maung Ngora Yang Mulai Bersinar

Angga Purwanda

Selasa, 17 November 2015 - 10:13 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM, SURABAYA - Tidak berlebihan kiranya, bila Zola saat ini dinobatkan sebagai bintang masa depan Persib. Talenta luar biasa yang dimiliki pemain U-17 menjadi bukti, suksesnya program pendidikan dan latihan (Diklat) Persib dalam dua tahun terakhir ini.

Sebagai pemain muda, tak banyak orang tahu bagaimana cikal bakal seorang bintang itu lahir. Bukan soal genetik dan habit tapi ada proses panjang, yang berjalan stimultan melalui latihan dan disiplin keras. Seperti yang diutarakan Budi Nugraha, ayah Zola.

Zola pertama kali menimba ilmu sepak bola di Sekolah Sepak Bola UNI pada usia 9 tahun. Tepatnya saat mau naik kelas 4 SD. Selain belajar di SBB, dia secara kontinyu berlatih sendiri di rumah daerah Rancakamurang, Gedebage, Kota Bandung. Sebuah halaman sempit pekarangan rumah, menjadi tempat favoritnya mengasah teknik dan fisik.

"Saya tidak pernah menyuruhnya berlatih. Tapi dia sering latihan atas kemauannya sendiri. Kalau di SSB latihan sore, pagi harinya Zola latihan di rumah sekitar satu jam. Begitulah setiap hari," kata Budi.

Bahkan sebelum dimasukkan ke SSB, Budi sudah mengetahui talenta anaknya itu dari para tetangganya. "Saya pertama tahu kalau anak saya memang memiliki bakat sepak bola itu, dari teman-teman di kampung saya. Katanya, Zola sering main bola dan skillnya bagus. Teman-teman saya itu, yang nyuruh saya agar memasukkan Zola ke SSB," katanya.

Sebelum mendaftarkan Zola ke SBB, Budi mencoba meyakinkan anaknya dengan membawanya nonton pertandingan final Piala Himenda. Di sana, Zola melihat Febri Haryadi yang masih berumur 11 tahun bermain.

"Melihat Febri main bola di final, membuat Zola tertarik masuk SSB. Lalu saya  memilih UNI, karena selain jarak dengan rumah yang cukup dekat juga nama besar UNI yang selama ini melahirkan para pemain bola terkenal," aku eks pemain Persikab ini.

Adalah para pelatih UNI yaitu Saifulloh, Iwan Bastian dan Agus yang pertama kali memberi polesan kepada Zola. Tidak butuh waktu lama bagi Zola, untuk memperkenalkan diri. Setelah empat hari latihan, dia sudah diturunkan Piala Wiranto.

Sebagai pemain usia dini, perkembangan Zola terus dipantau oleh para tim pemandu bakat. Untuk melebarkan sayapnya, Zola lalu dipinang Saswco yang mengajaknya bergabung di 2011. Dengan menjadi siswa Saswco, membuat pemain yang mengidolakan Atep ini, mendapatkan beasiswa dari H Yoko sebagai orangtua angkat bersama Ir Gembong. (net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…