Selasa, 23 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Agustusan Momentum Mengembalikan Tradisi Nenek Moyang

Misbah Hidayat

Selasa, 18 Agustus 2015 - 12:00 WIB

agung/'BC'
agung/'BC'
A A A

BERITACIANJUR.COM – Banyak tradisi yang dilakukan warga untuk tetap melestarikan seni dan budaya yang merupakan tinggalan nenek moyang, satu diantara tradisi itu adalah kesenian dongdang (rumah-rumahan yang berisi hasil bumi, red) yang masih dilakukan oleh warga Desa Babakan Caringin, Kecamatan Karangtengah dalam menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia ke-70. 

Kepala Desa Babakan Caringin, Deni Budiawan mengatakan, acara tersebut baru diadakan kembali dilingkungan desanya. Tujuannya sebagai upaya pelestarian budaya lokal terlebih acara diadakan bertujuan menjalin silaturahmi antar warganya.

“Acara seperti ini, sudah tiga dekade tidak kami laksanakan karena terkendala oleh berbagai alasan, khusus hari ini, Alhamdulilah kami bisa laksanakan kembali,” ujar Deni kepada “BC” Senin (17/8).

Diungkapkan Deni, dalam acara tersebut semua warga yang berasal dari 23 ke RT-an yang berada di wilayah Desa Babakan Caringin ikut terlibat dalam pagelaran budaya dengan ikut dalam helaran acara tersebut dengan membawa dondang yang berisikan hasil bumi.

“Bentuk dongdang yang dibawa warga bermacam-macam, ada yang berbentuk miniatur rumah hingga miniatur bangunan masjid,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya peringatan hari raya Ulang tahun Republik Indonesia bisa menjadi momentum kembalinya kesadaran masyarakat terhadap budaya lokal, terlebih dengan adanya acara tersebut bisa membangun karakter warganya.

Sementara itu, Aos (63), warga Kampung Cirata Kaum RT 01/06 Desa Babakan Caringin, Kecamatan Karangtengah memaknai perayaan hari ulang tahun negara Republik Indonesia pihaknya berharap negara Indonesia bisa menuju perubahan ke arah yang lebih baik.

“Terlebih, dengan adanya peringatan yang dilaksanakan di desa ini, kami sebagai masyarakat merasa senang dan bangga menjadi rakyat indonesia khususnya menjadi warga Cianjur yang terkenal santun,” tutur Aos. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 23 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:52 WIB

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:50 WIB

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 21/01/2018 21:48 WIB

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.