Kamis, 16 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Inilah Sosok si-Kijang Pencetak Gol Tersubur Persib

Angga Purwanda

Rabu, 25 November 2015 - 12:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM, BANDUNG - Siapakah striker lokal yang paling produktif membobol jala lawan sepanjang sejarah Persib Bandung? Jawabannya adalah Sutiono Lamso. Insting gol tinggi yang dimilikinya menjadi salah satu sukses Persib saat menjuarai Kompetisi Liga Indonesia pertama tahun 1994-1995. Sutiono menyumbangkan 21 gol termasuk satu gol ke gawang Petrokimia Putra di partai puncak.

Hingga saat ini, setelah 20 tahun berlalu, torehan golnya belum bisa dipecahkan oleh striker lokal Persib lainnya. Kecepatan, dan kelincahannya saat mengobrak-abrik area pertahanan lawan, membuat pria yang lahir di Purwekerto ini mendapat julukan "Si Kijang" di era 1990-an.

Julukan tersebut rupanya diberikan oleh bobotoh dan jurnalis peliput Persib kala itu. Karena di masanya Sutiono menjadi striker mematikan. Setangguh apapun bek-bek lawan yang kebanyakan para pemain asing "Si Kijang" selalu bisa melepaskan diri dengan kecepatannya berlari lalu shooting bola ke gawang.

"Julukan 'Si Kijang' memang lahir dari para bobotoh dan juga wartawan ketika itu. Filosofinya mungkin karena karakter saya seperti kijang. Binatang yang diindentikan memiliki kelincahan dan kecepatan, juga lingas saat dikawal oleh pemain lawan," katanya.

Diakui Sutiono, dengan kecepatannya yang di atas rata-rata menjadi modal bagi dirinya menjadi seorang "pembunuh" di mulut gawang. "Salah satu modal menjadi seorang striker yaitu arus memiliki kecepatan. Tanpa kecepatan dan kelincahan sulit untuk menjadi striker yang tangguh. Apalagi ketika itu, tim-tim eks Galatama sudah menggunakan para pemain asing. Mereka memiliki postur tubuh yang tinggi besar. Dari segi power saya pasti kalah. Jadi satu-satunya cara yaitu dengan meningkatkan kecepatan," jelasnya.

Sutiono mengungkapkan kecepatan yang dimilikinya tak didapatkannya dari lahir. Yang pasti ada proses latihan keras untuk memiliki kemampuan tersebut. "Ketika itu, pelatih Persib Pak Indra Thohir memiliki program-program jitu dalam mengasah fisik pemain. Terutama beliau merupakan dosen FPOK dan tahu betul bagaimana meningkatan kecepatan dan kelincahan. Kami dilatih dengan keras terutama latihan beban," kata Sutiono.

Dengan mendapatkan julukan "Si Kijang", diakui Sutiono menjadi sebuah kebanggaan bagi dirinya. Sesuai dengan julukannya Sutiono selalu ingin membuktikan julukan yang diberikan bobotoh Persib tersebut.

"Terus terang saya merasa bangga dijuluki 'Si Kijang'. Bagi saya itu menjadi salah satu bentuk pengakuan dari bobotoh dan wartawan. Julukan tersebut memotivasi saya untuk tetap tampil lincah dan gesit di lapangan," tuturnya.

Semasa karirnya sebagai pemain, selain dikenal striker mematikan dan produktivitas golnya yang luar biasa, Sutiono juga pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik di era Perserikatan musim 1993-1994. Selama membela Persib tiga trofi dipersembahkannya yakni musim 1989-1990, 1993-1994 dan juara Liga Indonesia pertama 1994-1995. (net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…