Rabu, 18 Oktober 2017 - Pukul 10:41

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Hijab, Bukan Sekedar Trend

Oleh: Raka Pramudya - Jumat 27 Nopember 2015 | 17:00 WIB

 Hijab, Bukan Sekedar Trend

net

MODE busana memang tak lekang oleh usia. Semakin hari, semakin berkembang saja mode-mode busana yang ada. Termasuk jilbab yang sekarang  sedang menjadi trend, banyak dipakai di kalangan artis maupun di kalangan orang awam.

 

Terlepas dari trend tersebut kaum muslimah hendaknya menyadari sepenuhnya bahwa memakai jilbab dan kerudung bukan hanya sekedar mengikuti trend.

 

Mengapa demikian? Beberapa ahli agama mengemukakan bahwa jika seorang muslimah memakai jilbab dan kerudung hanya sekedar mengikuti tren maka dikhawatirkan akan menjadi kesia-siaan dan kesalahan di dalamnya.

 

Misalnya, memakai jilbab tapi terbuat dari bahan kaos yang melekat di tubuh atau terbuat dari kain transparan yang mengundang pandangan yang tidak semestinya dari kaum laki-laki, sehingga menimbulkan kejahatan yang lebih besar yaitu zina.

 

Selain itu, jika seorang wanita muslimah memakai jilbab tapi tidak disertai kesadaran bahwa itu perintah Allah untuk menjaga diri, maka bisa jadi akhlak yang dia tunjukkan tidak selaras dengan pakaian yang dia kenakan.

 

Banyak pemuka agama Islam yang menyayangkan, jika seorang wanita memakai pakaian yang syar’i tetapi akhlaknya tidak menunjukkan kepribadian Islam. Pernyataan ini bukan berarti bahwa seorang wanita yang belum bisa berperilaku baik tidak boleh memakai jilbab dan kerudung.

 

Memakai jilbab dan kerudung tetap wajib bagi seorang muslimah, akan tetapi akhlak dan perilkau muslimah juga harus dibenahi agar sesuai dengan tuntunan Islam. Kedua hal ini akan mengantarkan muslimah menuju derajat yang mulia sebagai wanita yang terjaga.

 

Menyikapi Fenomena Hijab Syar’i

Banyak masyarakat bijak yang berpesan bahwa sebagai seorang muslimah yang memahami tuntuan Islam tentang hijab syar’i maka harus bisa menyikapi fenomena hijab syar’i yang sedang trend ini dengan penyikapan yang benar. Satu sisi mereka patut bersyukur bahwa saat ini pakaian syar’i banyak digunakan oleh banyak kalangan.

 

Namun, tidak selesai disitu, pengemban dakwah masih punya tanggungan di pundaknya untuk mendakwahkan bagaimana tuntunan Islam terkait penggunaan pakaian itu, bahwa memakai jilbab itu hendknya disadari untuk melaksanakan perintah Allah swt, sehingga pemakainya akan memperoleh ridlo- Nya.

 

Kemudian selain itu, para pengemban dakwah juga perlu menyampaikan akhlak-akhlak lain terkait kepribadian muslimah agar muslimah menjadi semakin baik akhlaknya sesuai dengan tuntunan agama Allah, yakni Islam.

 

Semoga Allah memberi kekuatan hati bagi para muslimah akhir zaman untuk teta teguh di jalan Alalh dengan mematuhi segala seruan Allah yang tertuang dalam Al-Qur’an dan Sunnah. Amiin ya robbal’alamiin. (net)

Komentar