Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Tahun Depan, Setiap Parpol Disuntik Dana Rp 1 Miliar

Putra Lugina Sukma

Rabu, 19 Agustus 2015 - 08:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Di tengah kuatnya keluh kesah warga dalam menghadapi situasi ekonomi yang serba sulit, kabar menggembirakan justeri menghampiri partai politik (parpol) di Kabupaten Cianjur. Dengan dalih untuk menghidupkan program pendidikan politik, Pemkab Cianjur berencana akan menaikan alokasi anggaran hibah bantuan parpol mulai tahun depan.

Mau tahu berapa besar anggaran hibah yang akan diterima masing-masing parpol nanti? Sesuai rencana, tercatat mulai tahun 2016 mendatang, masing-masing parpol akan menerima bantuan hibah sebesar Rp 1 miliar. Kali ini, lepas dari perolehan suara atau kursi, setiap parpol pemenang Pileg 2014 lalu mendapatkan nominal jatah bantuan yang sama.  

Dengan demikian, khusus untuk kepentingan pembinaan parpol, mulai tahun depan Pemkab Cianjur harus menyiapkan anggaran sebesar 11 miliar rupiah. Angka sebesar itu muncul karena berdasarkan hasil Pileg 2014 lalu, di Cianjur terdapat 11 parpol pemenang. 

Rencana penambahan alokasi bantuan hibah parpol hingga menembus angka 1 miliar rupiah per parpol ini dibenarkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cianjur, Sudrajat Laksana.

Menurut salah seorang pejabat senior yang akrab disapa Ajat, kebijakan itu diambil menyusul tidak optimalnya program pendidikan politik di Cianjur selama ini karena terkendala minimnya alokasi anggaran yang dimiliki masing-masing parpol. Ia mencontohkan anggaran hibah bantuan hibah parpol  yang dinilai masih minim.

Padahal, lanjutnya, anggaran tersebut dibutuhkan untuk memfasilitasi parpol dalam menjalankan program pendidikan politik  serta menghidupkan pengkaderan  dan organisasi sebagaimana tercantum dalam Undang Undang (UU) Partai Politik.

"Untuk bisa memaksimalkan pendidikan politik, dengan berbekal dana yang ada saat ini memang belum cukup. Makanya ketika ada wacana dinaikan, saya sangat mendukung. Soalnya, bagaimana pendidikan dan pengkaderan partai politik mau bisa berjalan maksimal kalau anggarannya saja minim,” ujar Ajat.

Terkait besaran alokasi bantuan hibah parpol, sambungnya, berdasarkan data yang ada di kantor Badan Kesbangpol, untuk tahun 2009-2014 ditetapkan sebesar Rp 897 per satu suara yang diraih parpol.

Ajat menambahkan, untuk mengatasi masalah macetnya pendidikan politik, pihaknya berencana akan menaikan bantuan hibah  pembinaan parpol  sebesar 1 miliar per parpol. Sesuai rencana, bantuan tersebut akan mulai direalisasikan tahun depan.

"Banyak yang mengeluhkan kalau uang pendidikan politik ini, dinilai masih belum maksimal dan perlu ada penambahan," paparnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Fasilitasi Partai Politik dan Pemilihan Umum, Darojat Heriana memaparkan, total jumlah suara di Kabupaten Cianjur pada Pileg 2009 lalu sebanyak 1.049.822 yang terbagi ke dalam raihan suara sembilan parpol. Bantuan alokasi dana untuk parpol tersebut diberikan setiap tahun sejak 2009.

“Selama 5 tahun tersebut tidak ada penambahan alokasi anggaran. Soalnya pengesahan hanya satu kali dan alokasi sebesar itu berlaku selama lima tahun,” ujar Darojat.

Darojat mengaku, pihaknya seringkali mendapat keluhan dari sejumlah parpol terkait minimnya aloaksi dana bantuan untuk parpol tersebut. “Kalau mendengar masukan mereka aloaksi dana untuk parpol itu idealnya sebesar Rp 50 juta per Pimpinan Anak Cabang (pengurus kecamatan, red),” ucapnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 37 menit yang lalu

5 Kecamatan di Cianjur Terdampak Gempa

Gempa bumi menggoyang Cianjur, Selasa (23/1/2018) siang. Sejumlah wilayah di selatan Cianjur terdampak cukup parah. Tercatat, sejumlah bangunan rusak dan delapan orang siswa sekolah mengalami luka-luka.

Aktualita 42 menit yang lalu

Masalahnya Banyak, RSUD Akan Diperiksa Khusus

SETELAH satu per satu permasalahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur terbongkar, akhirnya Inspektorat Daerah (Irda) Cianjur akan segera melakukan pemeriksaan khusus (riksus), terhadap para…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Aktualita 23/01/2018 08:05 WIB

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 23/01/2018 08:00 WIB

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…