Jumat, 27 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Tahun Depan, Setiap Parpol Disuntik Dana Rp 1 Miliar

Putra Lugina Sukma

Rabu, 19 Agustus 2015 - 08:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Di tengah kuatnya keluh kesah warga dalam menghadapi situasi ekonomi yang serba sulit, kabar menggembirakan justeri menghampiri partai politik (parpol) di Kabupaten Cianjur. Dengan dalih untuk menghidupkan program pendidikan politik, Pemkab Cianjur berencana akan menaikan alokasi anggaran hibah bantuan parpol mulai tahun depan.

Mau tahu berapa besar anggaran hibah yang akan diterima masing-masing parpol nanti? Sesuai rencana, tercatat mulai tahun 2016 mendatang, masing-masing parpol akan menerima bantuan hibah sebesar Rp 1 miliar. Kali ini, lepas dari perolehan suara atau kursi, setiap parpol pemenang Pileg 2014 lalu mendapatkan nominal jatah bantuan yang sama.  

Dengan demikian, khusus untuk kepentingan pembinaan parpol, mulai tahun depan Pemkab Cianjur harus menyiapkan anggaran sebesar 11 miliar rupiah. Angka sebesar itu muncul karena berdasarkan hasil Pileg 2014 lalu, di Cianjur terdapat 11 parpol pemenang. 

Rencana penambahan alokasi bantuan hibah parpol hingga menembus angka 1 miliar rupiah per parpol ini dibenarkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cianjur, Sudrajat Laksana.

Menurut salah seorang pejabat senior yang akrab disapa Ajat, kebijakan itu diambil menyusul tidak optimalnya program pendidikan politik di Cianjur selama ini karena terkendala minimnya alokasi anggaran yang dimiliki masing-masing parpol. Ia mencontohkan anggaran hibah bantuan hibah parpol  yang dinilai masih minim.

Padahal, lanjutnya, anggaran tersebut dibutuhkan untuk memfasilitasi parpol dalam menjalankan program pendidikan politik  serta menghidupkan pengkaderan  dan organisasi sebagaimana tercantum dalam Undang Undang (UU) Partai Politik.

"Untuk bisa memaksimalkan pendidikan politik, dengan berbekal dana yang ada saat ini memang belum cukup. Makanya ketika ada wacana dinaikan, saya sangat mendukung. Soalnya, bagaimana pendidikan dan pengkaderan partai politik mau bisa berjalan maksimal kalau anggarannya saja minim,” ujar Ajat.

Terkait besaran alokasi bantuan hibah parpol, sambungnya, berdasarkan data yang ada di kantor Badan Kesbangpol, untuk tahun 2009-2014 ditetapkan sebesar Rp 897 per satu suara yang diraih parpol.

Ajat menambahkan, untuk mengatasi masalah macetnya pendidikan politik, pihaknya berencana akan menaikan bantuan hibah  pembinaan parpol  sebesar 1 miliar per parpol. Sesuai rencana, bantuan tersebut akan mulai direalisasikan tahun depan.

"Banyak yang mengeluhkan kalau uang pendidikan politik ini, dinilai masih belum maksimal dan perlu ada penambahan," paparnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Fasilitasi Partai Politik dan Pemilihan Umum, Darojat Heriana memaparkan, total jumlah suara di Kabupaten Cianjur pada Pileg 2009 lalu sebanyak 1.049.822 yang terbagi ke dalam raihan suara sembilan parpol. Bantuan alokasi dana untuk parpol tersebut diberikan setiap tahun sejak 2009.

“Selama 5 tahun tersebut tidak ada penambahan alokasi anggaran. Soalnya pengesahan hanya satu kali dan alokasi sebesar itu berlaku selama lima tahun,” ujar Darojat.

Darojat mengaku, pihaknya seringkali mendapat keluhan dari sejumlah parpol terkait minimnya aloaksi dana bantuan untuk parpol tersebut. “Kalau mendengar masukan mereka aloaksi dana untuk parpol itu idealnya sebesar Rp 50 juta per Pimpinan Anak Cabang (pengurus kecamatan, red),” ucapnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Petani Penggarap di Cianjur Tuntut Penerapan Reforma Agraria

RATUSAN petani penggarap di Cianjur menggeruduk gedung DPRD Kabupaten Cianjur, di Jalan KH Abdullah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.Mereka menuntut pemerintah mengimplementasikan reforma agraria karena…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lodaya 2018

KAPOLRES Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Lodaya 2018 di Lapangan Utama Mapolres Cianjur, Jalan KH Abdulah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Warga Terdampak Banjir di Ciadun Kembali Tempati Rumah

WARGA di sejumlah kampung di Desa Kertajadi dan Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun yang sempat mengungsi akibat perkampungannya diterjang banjir bandang sudah kembali ke rumah mereka.

Aktualita 22 jam yang lalu

Dua Kali, Kadisdik Diperiksa Polres

DUGAAN korupsi di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Cianjur semakin menguat. Hal itu menyusul diperiksanya Kadisdik Cianjur, Cecep Sobandi oleh Kepolisian Resor (Polres) Cianjur.

Aktualita 22 jam yang lalu

Dugaan Permainan Proyek Terendus, Kadis Pertanian Dipanggil Polisi

WOW, ada apa dengan Cianjur? Setelah Kadisdik diperiksa karena dugaan korupsi, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan dan Holtikultura Kabupaten Cianjur, Mamad Nano pun dipanggil Sat Reskrim Polres…

Bisnis Line 25/04/2018 21:43 WIB

MyRobo Kembali ‘Unjuk Gigi’ Melalui Event CRG

SEJUMLAH pelajar dari SMP Al Azhar Cianjur yang tergabung dalam MyRobo berhasil mengharumkan nama Kabupaten Cianjur di kancah Internasional. Setelah mengalahkan kontingen dari beberapa Negara di Asia,…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Banjir Bandang dan Longsor Terjang Cianjur Selatan

RATUSAN keluarga dievakuasi karena meluapnya air Sungai Cidamar, Kecamatan Cidaun. Sementara jalur penghubung Cianjur-Bandung di Kecamatan Naringgul tertutup longsor, akibatnya arus lalulintas di ruas…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Polres Cianjur Siap Gelar Ops Patuh Lodaya 2018

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas Polres Cianjur akan menggelar Operasi Patuh Lodaya 2018, mulai Kamis (26/4/2018) hingga Minggu (6/5/2018).

Aktualita 25/04/2018 08:00 WIB

Mundur Sebelum Kami Turun Tangan

SEGERALAH untuk mundur sebelum kami yang turun tangan. Kalimat itulah yang tertulis dalam Surat Pernyataan Terbuka untuk Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dan wakilnya, Herman Suherman.

Aktualita 25/04/2018 07:55 WIB

Akhirnya Bupati Berani Sambangi Acara Menteri

Ada yang berbeda saat acara launching program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) yang digelar Kementrian Pertanian (Kementan) di Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi, Senin (23/4/2018) lalu.