Senin, 11 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Produksi Sayuran di Cipanas Menurun Drastis

Asri Fatimah

Rabu, 19 Agustus 2015 - 08:30 WIB

asri fatimah/'BC'
asri fatimah/'BC'
A A A

BERITACIANJUR.COM - Produksi sayuran di perkebunan Cipanas mengalami penurunan tajam akibat musim kemarau panjang. Bahkan, terdapat beberapa komoditas yang sudah bisa ditanami sehingga mengakibatkan petani merugi.

Menurut Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Agrojaya Desa Sindangjaya Cipanas, Lili, musim kemarau ini produksi sayuran cenderung  menurun. Dalam kondisi normal, petani bisa memanen sayuran sampai 70 ton. Kini, petani hanya berhasil memanen 35 ton, hal itupun di tambah produksi sayuran dari wilayah yang lain.

"Saat ini penurunan produksi sayuran sangat terasa, malah ada juga beberapa komoditas sayuran yang sudah sulit ditanam akibat kemarau misalnya sosin," ujarnya beberapa waktu lalu.

Penurunan produksi tersebut diakibatkan terjadi karena kemarau panjang. Pasokan air yang terus berkurang , menyebabkan beberapa lahan perkebunan alami kekeringan dan tak bisa di tanami lagi.

“Malah tak sedikit yang sudah ditanami dan siap dipanenpun,  penghasilan panennya kini jauh berbeda dari biasanya dan cenderung lebih sedikit, karena banyak yang layu dan mati,” tambahnya.

Salah seorang petani, Euis mengatakan jika saat ini dirinya sudah tidak bisa menanan sayuran. Soalnya, tanahnya sudah kering dan pasokan airpun sudah mulai berkurang. Jika dipaksakan, ulas Euis, hasil yang didapatkan tidak akan sebanding dengan pengeluaran. Produksi sayuran tidak akan seimbang harus membeli air untuk perawatannya. 

"Memang saat ini produsi sayuran menurun, saya saja dari dua patok kebun, hasilnya tidak seimbang, banyak yang layu dan kering. Kalau dipaksakan pakai air juga biaya terlalu mahal karena airnya harus beli, " pungkasnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14 jam yang lalu

Usai Periksa BPBP, Mobil Irda Dicegat

USAI melakukan pemeriksaan terhadap Balai Pengembangan Benih Padi (Cihea), tiba-tiba kendaraan yang ditumpangi tim Inspektorat Daerah (Irda) Jabar dicegat aktivis buruh tani. Ada apa?

Kick Off 14 jam yang lalu

BCFL 2017, Makin Akhir Makin Panas

LUAR BIASA! Meski masih menyisakan satu laga, Bayu FC sudah memastikan diri sebagai Jawara Seri B Berita Cianjur Futsal League (BCFL) 2017. Perolehan poinnya sudah tak mungkin disalip para pesaingnya.

Bisnis Line 20 jam yang lalu

234 SC Lebarkan Sayap ke Selatan Cianjur

234 Solidarity Community (SC) yang terkenal sebagai Organisasi Massa (Ormas) terbesar di Cianjur, kini semakin fokus lebarkan sayapnya hingga ke pelosok Cianjur. Bertempat di Kecamatan Pasir Kuda, pada…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Jelang Pemilu, Anggota Linmas Dapat Pembekalan

MENGANTISIPASI timbulnya konflik jelang pelaksanaan pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), 25 anggota Linmas Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang mendapat pembekalan.

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Gudang Biji Plastik Terbakar, Kerugian Capai Puluhan Juta

SEBUAH mesin pengolahan biji plastik di sebuah pabrik di Kampung Haurwangi RT 002/013, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi terbakar, Minggu (10/12/2017) sekitar pukul 07.45 WIB. Tak ada korban jiwa dalam…

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Rem Blong, Truk Tanki Senggol Sepeda Motor

RANI Nuraeni (28), warga Kampung Raksabala RT 002/009, Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi harus mendapatkan perawatan dari tim medis, setelah motor yang dikendarainya tersempet sebuah truk pengangkut…

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Wana Wisata Pokland Terus Berbenah

Meski Wana Wisata Pokland terbilang anyar, belum genap satu tahun, namun keberadaan wisata di Desa/Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur itu sudah bisa mencuri perhatian para wisatawan.

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Penyempitan Jalan dan Buruknya Drainase Disoal

PEMBANGUNAN ruas trotoar di Kabupaten Cianjur dikeluhkan pengendara dan pengguna jalan. Karena, pembangunan itu menyebabkan menyempitnya ruas jalan dan menimbulkan kemacetan.

Si Maung 08/12/2017 19:10 WIB

Segera Tiba di Bandung, Ini Gomez di Mata Essien

KEHADIRAN pelatih anyar Roberto Carlos Mario Gomez disambut baik para bobotoh dan jajaran pelatih, termasuk bintang Maung Bandung, Michael Essien.

Aktualita 08/12/2017 19:04 WIB

Sejarah Baru Dua Srikandi

SEJARAH baru di Kepolisian Resor Cianjur, seorang kapolres dipimpin oleh pejabat perempuan. Dia adalah AKBP Soliyah SIk MH yang menjadi Kapolres Cianjur menggantikan pejabat lama AKBP Arif Budiman SIk…