Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Produksi Sayuran di Cipanas Menurun Drastis

Asri Fatimah

Rabu, 19 Agustus 2015 - 08:30 WIB

asri fatimah/'BC'
asri fatimah/'BC'
A A A

BERITACIANJUR.COM - Produksi sayuran di perkebunan Cipanas mengalami penurunan tajam akibat musim kemarau panjang. Bahkan, terdapat beberapa komoditas yang sudah bisa ditanami sehingga mengakibatkan petani merugi.

Menurut Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Agrojaya Desa Sindangjaya Cipanas, Lili, musim kemarau ini produksi sayuran cenderung  menurun. Dalam kondisi normal, petani bisa memanen sayuran sampai 70 ton. Kini, petani hanya berhasil memanen 35 ton, hal itupun di tambah produksi sayuran dari wilayah yang lain.

"Saat ini penurunan produksi sayuran sangat terasa, malah ada juga beberapa komoditas sayuran yang sudah sulit ditanam akibat kemarau misalnya sosin," ujarnya beberapa waktu lalu.

Penurunan produksi tersebut diakibatkan terjadi karena kemarau panjang. Pasokan air yang terus berkurang , menyebabkan beberapa lahan perkebunan alami kekeringan dan tak bisa di tanami lagi.

“Malah tak sedikit yang sudah ditanami dan siap dipanenpun,  penghasilan panennya kini jauh berbeda dari biasanya dan cenderung lebih sedikit, karena banyak yang layu dan mati,” tambahnya.

Salah seorang petani, Euis mengatakan jika saat ini dirinya sudah tidak bisa menanan sayuran. Soalnya, tanahnya sudah kering dan pasokan airpun sudah mulai berkurang. Jika dipaksakan, ulas Euis, hasil yang didapatkan tidak akan sebanding dengan pengeluaran. Produksi sayuran tidak akan seimbang harus membeli air untuk perawatannya. 

"Memang saat ini produsi sayuran menurun, saya saja dari dua patok kebun, hasilnya tidak seimbang, banyak yang layu dan kering. Kalau dipaksakan pakai air juga biaya terlalu mahal karena airnya harus beli, " pungkasnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 52 menit yang lalu

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 57 menit yang lalu

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.

Ragam 15/02/2018 01:59 WIB

Baladewa Entertaiment Fokus Kembangkan Budaya Sunda

Perkembangan seni dan budaya asing, kini sudah tidak terbendung lagi. Kesenian dan budaya khas daerah, semakin jarang diminati. Berangkat dari fakta yang ada, beberapa paguyuban kesenian daerah semakin…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:33 WIB

Dua Orang Calon Tenaga Kerja Ilegal Berhasil Dipulangkan

DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur kembali berhasil mengembalikan dua orang Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ilegal asal Cianjur. Keduanya diketahui menjadi korban…

Aktualita 14/02/2018 08:05 WIB

‘Maling’ Kembalikan Barang Curiannya, Tetap Dihukum?

DUGAAN tindak pidana kegiatan pengadaan barang dan jasa fiktif di RSUD Sayang Cianjur, masih terus diselidiki Sat Reskrim Polres Cianjur.

Aktualita 14/02/2018 08:00 WIB

DPMPTSP: Berkas Ajuan IMB-nya Belum Masuk

DUGAAN belum adanya kelengkapan izin untuk bangunan perkantoran baru Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur di Campaka, makin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 13/02/2018 22:12 WIB

H. Aris Mulkan Pimpin DPC Hiswana Migas Cianjur

MUSYAWARAH Cabang Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Cianjur berlangsung khidmat, Selasa (13/2/2018). Sebanyak 48 peserta dari berbagai perusahaan SPBU, LPG, SPBE dan Pelumas…

Cianjur Euy 13/02/2018 22:03 WIB

Jalur Puncak Siap Digunakan

PEMBUKAAN jalur (Open traffic) menuju Puncak dapat dilakukan, Kamis (15/2/2018) mendatang, meskipun pengerjaan di ambrolnya sejumlah ruas di kawasan Puncak Pass belum selesai.