Jumat, 20 Oktober 2017 - Pukul 02:59

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Kenali Tekstur Rambut dan Cara Merawatnya

Oleh: Andini - Selasa 08 Desember 2015 | 19:35 WIB

Kenali Tekstur Rambut dan Cara Merawatnya

ilustrasi/net

SETIAP wanita dan pria pasti ingin memiliki rambut yang indah, sehat, dan berkilau. Merawat rambut memang tidaklah mudah jika kamu tidak memahami dan mengenali jenis rambut kamu. Sebelum melakukan perawatan rambut sebaiknya kenali jenis rambut Anda sehingga dapat memudahkan perawatan rambut dengan baik dan benar.

 

Sebelum melakukan perawatan rambut sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis rambut kamu agar hasilnya lebih baik. Berikut jenis dan cara merawat rambut secara alami :

 

1.  Rambut Berminyak

Ciri rambut berminyak sering terlihat lepek, gampang sekali kotor, dan rambut terasa berminyak. Ada beberapa penyebab sehingga rambut bisa menjadi berminyak yaitu karena faktor keturunan, terlalu jarang mencuci rambut, aktivitas hormon yang tinggi, dan kulit kepala berkeringat karena terus menerus tertutup, bila terus menerus dibiarkan tanpa perawatan yang tepat kulit kepala akan mudah berketombe dan rambut gampang rontok.

 

Yang harus kita lakukan adalah mencuci rambut cukup sering agar kotoran yang berada ditiap helai rambut dan kulit kepala dapat terlepas selain itu memcuci rambut juga menjaga kadar minyak dikulit kepala tidak berlebih. Selain mencuci rambut kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan tradisional dengan buah lemon, yaitu alurkan jus lemon pada kulit kepala dan rambut untuk mengurangi minyak yang ada pada rambut dan kulit kepala.

 

2. Rambut Patah dan Rusak

Ciri rambut tampak kusam, mudah sekali patah dan ujung rambut berbelah/pecah-pecah. Rambut patah dan rusak disebabkan karena terlalu sering mengalami proses kimia seperti Pengeritingan, Pelurusan Rambut (Rebonding), Pewarnaan, Hair Bleach, dsb. Proses tersebut berlangsung dalam waktu yang relative singkat sehingga rambut tidak dapat kesempatan untuk memperbaiki sel-selnya. Yang harus kamu lakukan adalah berhenti melakukan proses kimia apapun pada rambut kamu.

 

Agar rambut kamu kembali seperti semula potong bagian ujung rambut yang pecah-pecah kemudian kembalikan vitalitas rambut lewat nutrisi dan pemakaian pencuci rambut yang tepat, pilih pencuci rambut yang mengandung ginseng dan protein komplek yang dapat menjadikan rambut lebih kuat, tidak mudah rontok, perawatan yang teratur dapat menjadikan rambut yang rapuh kembali kuat. Untuk rambut patah dan rusak buatlah condisioner dengan yogurt.

 

Caranya adalah campur yogurt tawar kemasan kecil, satu butir putih telur, dan satu sendok makan madu. Sebaiknya gunakanlah pada rambut yang basah. Lalu diamkan selama sekitar kurang lebih 5 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Gunakanlah 1 minggu 2 kali jika menginginkan hasil yang bagus.

 

3. Rambut Kering

Ciri rambut terlihat kusam, kaku, mudah patah, dan ujungnya bercabang. Jika mempunyai jenis rambut kering dan kusam pasti sangat mengganggu penampilan, selain jenis rambut ini sering kusut dan sulit diatur, bahkan rambut menjadi lemah dan sangat mudah rontok.

 

Itu disebabkan karena minyak yang ada pada kulit kepala jumlahnya kurang memadai bisa karena faktor polusi, stres, diet terlalu ketat atau proses kimia seperti Bonding, Blow, Keriting, dan proses

pewarnaan Rambut. Maka yang harus kamu lakukakan adalah memberikan kelembaban yang ekstra, dan mencuci rambut dengan pencuci dan condisoner yang mengandung Alpukat. Kamu juga bisa membuat condisioner sendiri, yaitu dengan cara buatlah campuran dua sendok makan mayonnaise dan satu buah alpukat, aduklah merata hingga tekstur alpukat terasa lembut.

 

Sebaiknya gunakanlah pada rambut yang agak basah sambil memberikan pijitan ringan, diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Gunakanlah secara rutin untuk mempunyai rambut yang mengkilap dan menawan.

 

4. Rambut yang sulit diatur

Ciri rambut cepat kusut, sulit untuk diatur, dan ditata rapi. Itu disebabkan karen faktor keturunan. Jika mempunyai jenis rambut seperti ini, memang gampang-gampang susah dalam merawatnya. Nah..!!! sekarang yang harus dilakukan untuk jenis rambut ini adalah dengan menggunakan pencuci dan conditioner yang mengandung minyak zaitun, telur dan jeruk. Karena minyak zaitun akan membantu rambut jauh dari kusut dan mudah ditata rapih.

 

Vitamnin dan nutrisi dari telur dan jeruk membuat rambut lebih bersinar dan sehat, serta merangsang pertumbuhan pada rambut. Kamu juga dapat  membuat condisioner sendiri dirumah dengan cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Caranya yaitu campurlah air perasan satu jeruk lemon, 1/4 gelas minyak zaitun dan 2 buah butir telur. Lalu oleskan campuran tersebut pada rambut yang basah serta kulit kepala. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air bersih. Gunakanlah maksimal 1 minggu 2 kali untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

 

Sangat mudah bukan melakukan perawatan rambut kita secara alami! Kunci utamanya hanya kenali jenis rambut yang kamu miliki, sehingga mempermudah untuk melakukan perawatan rambut yang aman dan mudah. Selamat mencoba dan rasakan rambut yang menawan dan indah. (net)

Komentar