Senin, 11 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Jangan 'Golput', Manfaatkan Momentum Bersejarah!

Anton Ramadhan

Selasa, 08 Desember 2015 - 20:12 WIB

ilustrasi: berita cianjur.com
ilustrasi: berita cianjur.com
A A A

Sembilan Desember 2015 tidak berlebihan disebut sebagai hari penentuan masa depan 269 daerah, baik kabupaten, kota, maupun provinsi Indonesia untuk lima tahun ke depan. Ini berarti lebih dari separuh daerah akan melakukan penggantian pemimpin.

Sejatinya animo masyarakat menghadapi pemilihan kepala daerah serentak 2015 ini, terkesan biasa-biasa saja. Kalaupun ada euforia, ini hanyalah aksi para pendukung fanatik dari para calon pemimpin dan mereka penggembira. Artinya bisa disimpulkan ada kencendrungan menurunnya kuantitas dan kualitas pemilhan kepala daerah.

Kuantitas dan kualitas pilkada sangat mungkin mempengaruhi niat para pemilih untuk datang ke tempat-tempat pencoblosan. Namun begitu perlu diingatkan lagi, bahwa pilkada serentak adalah momen menentukan nasib daerah tersebut untuk melakukan perbaikan dan membangun di rentang waktu 5 tahun ke depan.

Jadi kelalaian para pemilih dengan mengabaikan hak suaranya (golput), justru akan berdampak pada hasil pembangunan nanti. Bila hasil pemilihan melahirkan pemimpin yang tidak diharapkan, tentu saja itu adalah konsekwensi dari kurangnya partisipasi masyarakat setempat, karena membiarkan aspirasinya diredam oleh peserta yang punya "amunisi" berlebihan. Karena sudah lumrah pilkada adalah ajang "investasi" kekuasaan.

Sekedar menghimbau dan mengingatkan agar masyarakat sebisanya menyalurkan hak pilihnya, dengan memilih pasangan pemimpin yang berkualitas dan merakyat. Tidak hanya sekadar merakyat, namun nuraninya sangat mengerti kebutuhan rakyat yang dipimpin.

Pemimpin yang mengerti rakyat, sejatinya tak terukur pada masa kampanye pilkada yang sangat pendek rentang waktunya. Pemimpin yang aspiratif juga, tentu saja tak cuma dilihat dari satu person pemimpin yang maju dalam pilkada. Penilaian mestinya ditakar dari satu kesatuan pasangan calon kepala daerah. Karena kedua pemimpin akan menyatu dalam menjalankan roda pemerintahan.

Sejujurnya negeri ini sedang dilanda banyak cobaan, hal ini memerlukan energi positif dari para pemimpin daerah yang energik, jujur, cekatan, dan berani bekerja keras. Kita membutuhkan wajah-wajah baru dari daerah yang "masih segar" untuk membangkitkan kembali semangat membangun Indonesia dari daerah. Semangat muda dan enerjik, dengan pasangannya yang mampu mengimbangi dan menjaga kedahsyatan spirit muda, baik karakter dan keimanannya.
 

Selamat memanfaatkan momentum bersejarah di negeri ini, khususnya bumi Cianjur. Jangan lewatkan hari bersejarah tersebut dengan memilih pemimpin 'ber-spirit' muda, mengerti hak hak rakyat dan tentu saja selalu berlandaskan keimanan yang kuat dan mengakar.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Babinsa Dilingkungan Kodim 0608 Cianjur Ikuti Tes Urine

Puluhan Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan ASN di lingkungan Komando Distrik Militer (Kodim) 0608 Cianjur mengikuti tes urine di Aula Makodin, Jalan Siliwangi, Senin (11/12/2017).

Aktualita 14 jam yang lalu

Usai Periksa BPBP, Mobil Irda Dicegat

USAI melakukan pemeriksaan terhadap Balai Pengembangan Benih Padi (Cihea), tiba-tiba kendaraan yang ditumpangi tim Inspektorat Daerah (Irda) Jabar dicegat aktivis buruh tani. Ada apa?

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Berlangsung hingga Februari 2018, Waspadai Cuaca Ekstrem

AWAS! Cuaca ekstrem berupa hujan dan angin kencang diprediksi masih akan terjadi hingga Februari 2018. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Ahmad…

Cianjur Euy 14 jam yang lalu

Ini Nasib Buruh PT Ikon Garmindo

 BISA merasakan manisnya upah hasil keringat bekerja, sepertinya menjadi hal yang paling sulit bisa dirasakan ratusan buruh PT Ikon Garmindo, pabrik milik pengusaha asal Korea di Cianjur yang saat ini…

Kick Off 14 jam yang lalu

BCFL 2017, Makin Akhir Makin Panas

LUAR BIASA! Meski masih menyisakan satu laga, Bayu FC sudah memastikan diri sebagai Jawara Seri B Berita Cianjur Futsal League (BCFL) 2017. Perolehan poinnya sudah tak mungkin disalip para pesaingnya.

Bisnis Line 20 jam yang lalu

234 SC Lebarkan Sayap ke Selatan Cianjur

234 Solidarity Community (SC) yang terkenal sebagai Organisasi Massa (Ormas) terbesar di Cianjur, kini semakin fokus lebarkan sayapnya hingga ke pelosok Cianjur. Bertempat di Kecamatan Pasir Kuda, pada…

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Pemda Kesulitan Atasi Lonjakan Harga Elpiji Bersubsidi

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur mengaku kesulitan mengatasi lonjakan harga elpiji bersubsidi (Gas ukuran 3 Kg) yang saat ini tengah terjadi di wilayah Cianjur.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Das Citarum Segera Dibersihkan

GIAT kerjabakti membersihkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dalam waktu dekat akan digelar pihak TNI, menyusul adanya intruksi dari Pangdam III Siliwangi Jawa Barat.

Cianjur Euy 20 jam yang lalu

Jelang Pemilu, Anggota Linmas Dapat Pembekalan

MENGANTISIPASI timbulnya konflik jelang pelaksanaan pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), 25 anggota Linmas Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang mendapat pembekalan.

Cianjur Euy 22 jam yang lalu

Gudang Biji Plastik Terbakar, Kerugian Capai Puluhan Juta

SEBUAH mesin pengolahan biji plastik di sebuah pabrik di Kampung Haurwangi RT 002/013, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi terbakar, Minggu (10/12/2017) sekitar pukul 07.45 WIB. Tak ada korban jiwa dalam…