Senin, 19 Februari 2018 | Cianjur, Indonesia

Jangan 'Golput', Manfaatkan Momentum Bersejarah!

Anton Ramadhan

Selasa, 08 Desember 2015 - 20:12 WIB

ilustrasi: berita cianjur.com
ilustrasi: berita cianjur.com
A A A

Sembilan Desember 2015 tidak berlebihan disebut sebagai hari penentuan masa depan 269 daerah, baik kabupaten, kota, maupun provinsi Indonesia untuk lima tahun ke depan. Ini berarti lebih dari separuh daerah akan melakukan penggantian pemimpin.

Sejatinya animo masyarakat menghadapi pemilihan kepala daerah serentak 2015 ini, terkesan biasa-biasa saja. Kalaupun ada euforia, ini hanyalah aksi para pendukung fanatik dari para calon pemimpin dan mereka penggembira. Artinya bisa disimpulkan ada kencendrungan menurunnya kuantitas dan kualitas pemilhan kepala daerah.

Kuantitas dan kualitas pilkada sangat mungkin mempengaruhi niat para pemilih untuk datang ke tempat-tempat pencoblosan. Namun begitu perlu diingatkan lagi, bahwa pilkada serentak adalah momen menentukan nasib daerah tersebut untuk melakukan perbaikan dan membangun di rentang waktu 5 tahun ke depan.

Jadi kelalaian para pemilih dengan mengabaikan hak suaranya (golput), justru akan berdampak pada hasil pembangunan nanti. Bila hasil pemilihan melahirkan pemimpin yang tidak diharapkan, tentu saja itu adalah konsekwensi dari kurangnya partisipasi masyarakat setempat, karena membiarkan aspirasinya diredam oleh peserta yang punya "amunisi" berlebihan. Karena sudah lumrah pilkada adalah ajang "investasi" kekuasaan.

Sekedar menghimbau dan mengingatkan agar masyarakat sebisanya menyalurkan hak pilihnya, dengan memilih pasangan pemimpin yang berkualitas dan merakyat. Tidak hanya sekadar merakyat, namun nuraninya sangat mengerti kebutuhan rakyat yang dipimpin.

Pemimpin yang mengerti rakyat, sejatinya tak terukur pada masa kampanye pilkada yang sangat pendek rentang waktunya. Pemimpin yang aspiratif juga, tentu saja tak cuma dilihat dari satu person pemimpin yang maju dalam pilkada. Penilaian mestinya ditakar dari satu kesatuan pasangan calon kepala daerah. Karena kedua pemimpin akan menyatu dalam menjalankan roda pemerintahan.

Sejujurnya negeri ini sedang dilanda banyak cobaan, hal ini memerlukan energi positif dari para pemimpin daerah yang energik, jujur, cekatan, dan berani bekerja keras. Kita membutuhkan wajah-wajah baru dari daerah yang "masih segar" untuk membangkitkan kembali semangat membangun Indonesia dari daerah. Semangat muda dan enerjik, dengan pasangannya yang mampu mengimbangi dan menjaga kedahsyatan spirit muda, baik karakter dan keimanannya.
 

Selamat memanfaatkan momentum bersejarah di negeri ini, khususnya bumi Cianjur. Jangan lewatkan hari bersejarah tersebut dengan memilih pemimpin 'ber-spirit' muda, mengerti hak hak rakyat dan tentu saja selalu berlandaskan keimanan yang kuat dan mengakar.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 38 menit yang lalu

Kornas Jokowi Jabar Segera Lapor ke Kantor Staf Presiden

KORNAS Jokowi Jawa Barat, Isman Muslim mengancam akan melaporkan masalah pencatutan nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diduga dilakukan pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, ke Kantor…

Aktualita 43 menit yang lalu

Cianjur Kabupaten Tanpa Aturan?

SELAMA beberapa pekan terakhir ini, masyarakat Cianjur disuguhkan kabar seputar tindak tanduk pejabat pemerintah Kabupaten Cianjur yang begitu ‘hebat’, hingga membuat berdecak ‘kagum’.

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Rd Siti Jenab Diusulkan Jadi Pahlawan Nasionla

Pakar sejarah Jawa Barat Profesor Nina Herlina Lubis bersama Lutfi Yondri dari Dewan Cagar Budaya Jabar, mengusulkan nama Rd Siti Jenab menjadi pahlawan nasional ke Pemkab Cianjur.

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Kapolda Jabar Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Cianjur

KAPOLDA Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan kunjungan ke wilayah hukum Polres Cianjur, Sabtu (17/2/2018).

Cianjur Euy 7 jam yang lalu

Korem 061/SK Tanami Pohon Diwilayah Terdampak Longsor

Komando Resort Militer (Korem) 061 Suryakancana menanam bibit pohon akar wangi dan manii di wilayah yang terdampak bencana longsor di kawasan Puncak, Bogor. Pemilihan kedua bibit pohon itu, karena dianggap…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Waspadai Hoax Jelang Pilkada Serentak

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jawa Barat memaksimalkan patroli di dunia maya untuk menangkal munculnya pemberitaan bohong (Hoax, red) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang…

Aktualita 15/02/2018 08:00 WIB

Masyarakat Ancam Laporkan Bupati ke Presiden

JELAS-jelas belum dilengkapi izin, namun pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Kecamatan Campaka malah dianggap sebagai terobosan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, yang bertujuan untuk meningkatkan…

Aktualita 15/02/2018 07:55 WIB

Buruh Tani Cianjur Sambut Baik Lengsernya Iwan Cahmawan

Balai Pengembangan Benih Padi (BPBP) Cihea memasuki babak baru di tahun 2018 ini. Iwan Cahmawan yang selama 4 tahun lebih memimpin pengelolaan balai, akhirnya lengser dari jabatannya sebagai Kepala BPBP.

Ragam 15/02/2018 01:59 WIB

Baladewa Entertaiment Fokus Kembangkan Budaya Sunda

Perkembangan seni dan budaya asing, kini sudah tidak terbendung lagi. Kesenian dan budaya khas daerah, semakin jarang diminati. Berangkat dari fakta yang ada, beberapa paguyuban kesenian daerah semakin…

Cianjur Euy 14/02/2018 21:35 WIB

Pemkab Cianjur Dorong Pembangunan Jalur Puncak II

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur kembali mendorong pelaksanaan pembangunan Jalur Puncak II, mengingat kondisi jalur puncak I yang rawan longsor dan dinilai tidak cukup menampung volume kendaraan…