Jumat, 20 Oktober 2017 - Pukul 02:57

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Bisnis Katering Diet Paleo Menjanjikan

Oleh: Astri D. Andriani - Rabu 19 Agustus 2015 | 17:00 WIB

Bisnis Katering Diet Paleo Menjanjikan

net

BERITACIANJUR.COM – Pengaturan pola makan paleo sedang tren beberapa waktu ini. Sejumlah orang yang sudah mencoba menyatakan jika diet yang menganjurkan pengurangan karbohidrat dan pengutamaan protein tersebut dapat menurunkan berat badan. Tren tersebut dilihat sebagai peluang bisnis oleh beberapa orang untuk membuka jasa katering dengan menu makanan yang disarankan oleh metode diet paleo.

 

Salah satu penyedia jasa tata boga diet paleo adalah Clean Cookery. Bisnis kuliner yang banyak melakukan promosi melalui akun Instagram @cleancookery tersebut belum lama berdiri yakni sejak November 2014. Sang pemilik, Raja Nadhira, sudah mencoba dan berhasil mendapat manfaat dari metode diet ini. Jika banyak orang mengenal diet paleo karena ingin sehat atau langsing, wanita yang akrab disapa Nadhira itu awalnya mencoba diet sebagai usahanya dalam menyembuhkan jerawat.

 

Nadhira bercerita jika dahulu wajahnya sering berjerawat. Ia pun kerap mencoba berbagai produk perawatan hingga mengunjungi sejumlah dokter kulit demi berusaha menyembuhkannya. Tak kunjung membaik, Nadhira akhirnya menjelajah internet dan menemukan jika paleo diet bisa membantu mengurangi masalah jerawat. Setelah dicoba, masalah kulit Nadhira berangsur pulih.

 

Makanan diet paleo memang menghindari karbohidrat dan gula. Menurut peneliti Jennifer Burris dari New York University makanan-makanan tersebut memicu gula darah sehingga dapat meningkatkan hormon yang akan memicu produksi minyak berlebih. "Dari searching online, diet paleo bagus untuk kulit berjerawat. Saya coba dan sukses. Setelah itu banyak keluarga yang tertarik untuk coba," kata Nadhira.

 

Melihat peluang binis katering dengan menu diet paleo, Nadhira mencoba membuka usaha tersebut. Dibantu oleh seorang asisten rumah tangga, Nadhira memasak dan berbelanja sendiri berbagai keperluannya. Wanita 26 tahun tersebut berusaha menawarkan menu masakan yang beragam, mulai dari Indonesia, western, hingga Thailand. Dalam satu hari, Nadhira bisa memasak untuk 40 paket makanan.

 

Satu paket makanan Clean Cookery biasanya terdiri dari lauk, sayuran, serta buah. Tentu saja ia meninggalkan bahan makanan yang tidak disarankan oleh metode paleo, seperti beras, roti, tepung, gandum, susu, kancang merah, dan lain-lain.

 

Bahan-bahan tersebut juga dimasak dengan minyak kelapa atau zaitun. Tersedia tiga jenis paket, yakni paket seminggu, dua minggu, dan empat minggu. Paket dua minggu ditawarkan dengan harga Rp 300 ribuan, paket dua minggu seharga Rp 500 ribuan, sedangkan paket empat minggu seharga Rp 1,1 jutaan.

 

"Kalau ditambah untuk dinner tinggal dikali dua saja. Biasanya yang pesen itu banyak kantoran, usianya 20-30an. Karena kadang kalau satu orang berhasil yang lainnya ramai-ramai ikut pesan karena ongkirnya jadi lebih murah," jelas Nadhira.

 

Clean Cookery yang buka Senin hingga Jumat ini memang banyak mengantar masakannya ke berbagai kantor di daerah Jakarta. Menurutnya, peminat jasa katering ini bukan hanya orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan namun juga mereka yang peduli dengan kesehatan namun tidak punya waktu untuk masak.

 

Banyak pula yang menjadikan Clean Cookery pilihan katering ketika ingin mencari makanan sehat di luar rumah. Ia pun menyarankan agar orang yang ingin mencoba metode diet ini untuk menyeimbangkan gaya hidupnya dengan olahraga.

 

"Dari beberapa klien, biasanya ada penurunan berat badan sekitar dua sampai tiga kilogram setiap minggunya. Saya nggak berani menyebutkan bisa turun berapa kilo karena harus diimbangi dengan olahraga," ungkap pemilik katering yang pernah dipesan oleh presenter Nadya Mulya tersebut. (net)

Komentar