Kamis, 14 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Panwaslu Himbau PNS di Cianjur Netral di Pilkada

Nuki Nugraha

Kamis, 20 Agustus 2015 - 09:00 WIB

ilustrasi net
ilustrasi net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) layangkan surat himbauan kepada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Cianjur  terkait netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam pelaksanaan Pilkada Cianjur 2015.

Surat himbuan langsung diberikan Ketua Panwaslu Cianjur, Saeful Anwar kepada Kepala BKPPD, Cecep Sobandi di ruang kerjanya, Rabu (19/8).Turut menyaksikan Kepala Sekertariat Panwaslu, Indra dan Divisi Pengawasan Panwaslu, Agus Jaelani.

Agus sendiri mengatakan, melalui surattersebut pihaknya mengharapkan BKPPD bisa menghimbau kepada aparatur sipil di Pemkab Cianjur untuk tidak terlibat dalam kegiatan politik dalam bentuk apapun selain menyalurkan hak pilihnya.

Dijelaskan dia, sejumlah aturan yang menjadi dasar agar PNS bersikap netral, sebagaimana disebutakan pula dalam Undang- undang Aturan Sipil Negara (ASN) pasal 2, pasal 4 dan pasal 9. Adapun terkait sanksi pidana disebutkan dalam Pasal 70 ayat (1), pasal 71 ayat (1), pasal 188 dan pasal 189 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

“Jadi bagi aparat sipil negara terlibat dalam kegiatan poitik maka dipidana penjara dengan kurungan enam bulan atau denda minimal Rp600 ribua atau denda maksimal Rp6 juta,”  terang dia.

Agus mengaku, pihaknya seringkali mendapat informasi ataupun laporan terkait adanya PNS terlibat dalam urusan politik untuk memenangkan salah satu calon.Namun sampai dengan saat ini laporan tersebut tidak dilengkapi dengan bukti yang cukup.

“Jadi sewaktu kita kroscek langsung ke lapangan ternyata tidak ada.Hal yang seperti ini cukup menyulitkan.Makanya kamipun berharap kepada masyarakat untuk membantu soalini, terlebih apabila petugas PPL dan PPS kita kebetulan sedang tidak berada dititik laporan tersebut,”terangnya.

Kepala BKPPD, Cecep Sobandi mengatakan, surat himbuan dari Panwaslu ini nanti akan disosialisasikan kepada para aparatur dilingkungan Pemkab Cianjur. “Mudah-mudahan aparatur yang ada paham dan mengerti dengan aturan-aturan yang ditentukan baik oleh KPU maupun Panwaslu,” tandasnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 10 jam yang lalu

24 Siswa SMK Darmawangsa Siap Prakerin

Sebanyak 24 siswa kelas XI SMK Kesehatan Darmawangsa Cianjur, dinyatakan siap melaksanakan prakerin 2017-2018 dengan usainya pelaksanaan ujian pra-prakerin (UPP).

Aktualita 10 jam yang lalu

Cegah Difteri dengan Imunisasi

WABAH difteri di Cianjur makin meluas sehingga meneror masyarakat. Betapa tidak, di sepanjang 2017, tercatat 11 orang di lima lokasi berbeda terjangkit dan dua di antaranya meninggal dunia.

Aktualita 10 jam yang lalu

Dinkes Bilang Vaksin Halal, MUI: Kami Belum Pernah Terbitkan Sertifikasi Halal

KEPALABidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Neneng Efa Fatimah mengatakan, masih banyak warga Cianjur yang belum sadar pentingnya imunisasi.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Rem Blong, Truk Tronton Seruduk Mobil dan Pagar Rumah

KECELAKAAN kembali terjadi di ruas Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, Kampung/Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Rabu (13/12/2017) sekitar pukul 05.00 WIB.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Nasib Ratusan Buruh PT Ikon Garmindo, Harus Diselesaikan di Pengadilan

ANJURAN penyelesaian persoalan hak-hak buruh PT Ikon Garmindo ke ranah Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), ternyata tidak hanya disampaikan pihak Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Cianjur. 

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Tak Mudah Terbuai Iming-iming Investor

Alih fungsi lahan produktif di Kabupaten Cianjur terbilang menggila. Ratusan bahkan ribuan hektar lahan pesawahan di Kabupaten yang mayoritas masyarakatnya bergelut di bidang agraris (pertanian, red)…

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

2018 Bantuan DD Akan Naik Kabar Hoax

Kabar adanya kenaikan untuk pagu bantuan Dana Desa (DD) di Tahun 2018, nyatanya sebatas berita bohong belaka alias Kabar Hoax.  Hal tersebut dikatakan Kepala Desa Mekarwangi, Kecamatan Haurwangi, Cecep…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Pegadaian Berikan 200 Kupon Servis Motor Gratis

CIANJUR - Akhir tahun 2017, banyak perusahaan adu promosi agar target perusahaan mereka tercapai. Sebut saja salah satunya Pegadaian Cabang Cianjur. Dalam rangka mempromosikan program mereka yang bertajuk…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Papamango Thai Laris Manis

CIANJUR - Siapa tak kenal dengan minuman jus mangga kekinian asal negeri Thailand, Mangothai yang kini tengah menjadi incaran para pecinta kuliner. Minuman ngehits ini mendadak menjadi idola dan hampir…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Pemenang Tender Terbukti Subkan Pekerjaan

TERUNGKAP, pelaksanaan kegiatan perataan dan pemagaran pembangunan Masjid Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi ternyata disub kontrakkan oleh pihak pemenang tender.