Selasa, 17 Oktober 2017 - Pukul 09:00

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

cianjur selatan

Majukan Perekonomian, Sukajadi Segera Perbaiki Jalan Desa

Oleh: Zenal Mustari - Kamis 20 Agustus 2015 | 10:30 WIB

Majukan Perekonomian, Sukajadi Segera Perbaiki Jalan Desa

zenal mustari/'BC'

BERITACIANJUR.COM – Jalan memiliki peran penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi dan pengembangan potensi di suatu daerah. Karena itu pada tahun 2015 Pemerintah Desa Sukajadi, Kecamatan Campaka akan mengalokasikan Dana Desa (DD) sebesar Rp2,56 Juta untuk pembangunan ruas jalan desa di beberapa titik, salah satunya yang sekarang sedang dilaksanakan di Kampung Rogong RT 1 RW 4.

 

"DD yang telah kami cairkan kemarin, langsung kami alokasikan untuk pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Kampung Rogong RT 1 RW 4. Sebab ruas jalan sepanjang tujuh puluh meter dengan tinggi sekitar lima meter di lokasi tersebut tergolong rawan longsor," terang Sekretaris Desa Sukajadi, Asep Mulyadi kepada "BC" kemarin.

 

Selain itu kata Asep, salah satu pertimbangannya adalah ruas jalan tersebut merupakan jalan alternatif bagi warga di kedua desa yakni Desa Sukajadi dan Desa Margaluyu menuju Kecamatan Campaka atau ke Cianjur kota.

 

"Sebab warga dari sana lebih memilih jalan alternatif ini, ketimbang harus melintas ke ruas jalan kabupaten yang kondisinya kian hari kian bertambah parah tersebut," katanya.

 

Terlebih sambung dirinya, di hampir sepanjang ruas jalan tersebut pun terdapat potensi desa yaitu areal pesawahan penduduk yang terbentang luas serta tanaman Palawija berbagai jenis. Selama ini lanjut dia, warga sekitar selalu mengeluh dengan kondisi ruas jalan yang memang cukup menyulitkan di saat membawa hasil panen mereka seperti Padi dan hasil kebun untuk dipasarkan.

 

"Maka dari itu berdasarkan hasil usulan RPJMdes, kami alokasikan anggaran fisik DD tersebut ke beberapa pembangunan infrastruktur diantaranya untuk pembangunan ruas jalan menuju TPU di Kampung Sukasirna, TPT di Kampung Babakan Pabrik, dan sekarang untuk pembangunan TPT di Kampung Rogong," terang Asep.

 

Sementara itu Riko (43), warga sekitar mengatakan dengan diperbaikinya akses jalan di kampungnya tersebut, diharapkan ketika warga akan membawa hasil panen seperti memasarkan Palawija juga yang lainnya menjadi lancar. "Untuk itu sebagai warga saya pun sangat mendukung dengan adanya pembangunan TPT ini," aku Riko kepada "BC" dalam kesempatan terpisah.

 

Sedangkan Ketua Pemuda setempat, Saripudin mengusulkan, supaya pihak desa dapat meneruskan pembangunan TPT tersebut hingga perbaikan ruas jalan. “Dalam rangka memenuhi kebutuhan warga, kami berharap agar dari fisik DD tahun anggaran 2015. Nantinya bisa kembali dilanjutkan ke pengaspalan jalan,” harapnya dalam kesempatan berbeda.

 

Sebab kata Riko, kondisi jalan yang baik sangat diperlukan untuk kelancaran arus mobilisasi barang dan jasa secara aman, nyaman, cepat, dan ekonomis guna mendorong tercapainya sasaran pembangunan seperti pemerataan pembangunan di desa," pungkasnya. ***

Komentar