Jumat, 27 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Hore, Gaji TKI di Taiwan akan Dinaikkan

Disma M. Taryum

Jumat, 21 Agustus 2015 - 06:53 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM - Kabar baik datang dari Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Informasi yang disampaikan Deputi Penempatan BNP2TKI Agusdin Subiantoro menyebutkan, gaji para pekerja migran asal Indonesia yang kini mengadu nasib di Taiwan mengalami kenaikan.

 

Menurut Agusdin, kenaikan gaji TKI di Taiwan itu akan berlaku mulai 1 September nanti. “Kenaikan gaji untuk TKI yang bekerja di Taiwan memang menjadi prioritas,” katanya saat menerima sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang memiliki kepedulian terhadap TKI di kantor BNP2TKI, kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (20/8).

Sejumlah LSM yang hadir pada pertemuan itu antara lain dari perwakilan International Organisation for Migration (IOM), International Labour Organisation (ILO), Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI),  utusan Economic and Social Council (ECOSOC), serta sejumlah organisasi pekerja migran lainnya.

Agusdin menjelaskan, untuk TKI sektor domestik atau penata laksana rumah tangga (PLRT) di Taiwan saja akan mendapat kenaikan gaji dari Dolar Taiwan Baru (TWD) 15.840 menjadi TWD 17.000. Jika dirupiahkan maka gaji PLRT pasca-kenaikan nanti sekitar Rp 7,2 juta.

Agusdin menjelaskan, BNP2TKI memang melakukan berbagai upaya agar TKI di Taiwan bisa terus mendapat kenaikan gaji. Misalnya, melalui kerja sama dengan perwakilan RI di luar negeri ataupun Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipeh.

Selain itu, BNP2TKI juga terus berkoordinasi dengan agensi para TKI di luar negeri dan Perusahaan Penyalur TKI Swasta (PPTKIS).  Menurutnya, badan pemerintah yang kini dipimpin Nusron Wahid itu juga berupaya agar kenaikan gaji itu bukan hanya untuk TKI yang sudah bekerja secara permanen. "Kenaikan upah juga harus dinikmati oleh TKI yang masih dalam amsa kontrak,” ucapnya. (net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Petani Penggarap di Cianjur Tuntut Penerapan Reforma Agraria

RATUSAN petani penggarap di Cianjur menggeruduk gedung DPRD Kabupaten Cianjur, di Jalan KH Abdullah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.Mereka menuntut pemerintah mengimplementasikan reforma agraria karena…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lodaya 2018

KAPOLRES Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Lodaya 2018 di Lapangan Utama Mapolres Cianjur, Jalan KH Abdulah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Warga Terdampak Banjir di Ciadun Kembali Tempati Rumah

WARGA di sejumlah kampung di Desa Kertajadi dan Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun yang sempat mengungsi akibat perkampungannya diterjang banjir bandang sudah kembali ke rumah mereka.

Bisnis Line 25/04/2018 21:43 WIB

MyRobo Kembali ‘Unjuk Gigi’ Melalui Event CRG

SEJUMLAH pelajar dari SMP Al Azhar Cianjur yang tergabung dalam MyRobo berhasil mengharumkan nama Kabupaten Cianjur di kancah Internasional. Setelah mengalahkan kontingen dari beberapa Negara di Asia,…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Banjir Bandang dan Longsor Terjang Cianjur Selatan

RATUSAN keluarga dievakuasi karena meluapnya air Sungai Cidamar, Kecamatan Cidaun. Sementara jalur penghubung Cianjur-Bandung di Kecamatan Naringgul tertutup longsor, akibatnya arus lalulintas di ruas…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Polres Cianjur Siap Gelar Ops Patuh Lodaya 2018

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas Polres Cianjur akan menggelar Operasi Patuh Lodaya 2018, mulai Kamis (26/4/2018) hingga Minggu (6/5/2018).

Bisnis Line 24/04/2018 23:34 WIB Advertorial

Alfamart Gelar Pemberdayaan Wanita Melalui Pelatihan

Memperingati Hari Kartini, Toko Modern Alfamart menggelar kegiatan pemberdayaan wanita berupa pelatihan pengolahan bonggol pisang menjadi produk bernilai ekonomis di Balai Desa Sukaratu, Kecamatan Gekbrong,…

Cianjur Euy 24/04/2018 20:53 WIB

Siswa SMK Berikan Sarung Cinta Untuk Mak Icih

RAUT sumringah terlihat dari wajah Mak Icih, saat puluhan siswa dari salah satu SMK kesehatan swasta di Sukabumi mendatangi kediamannya di Kampung Cikaret, Gang Al Falah, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.

Cianjur Euy 24/04/2018 20:52 WIB

IPM Kabupaten Cianjur Jeblok, Paling Bontot di Jawa Barat

INDEKS Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Cianjur, masih relatif jeblok. Posisinya pada 2017 berada paling bontot dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat. Hal itu, diungkapkan anggota DPRD Kabupaten Cianjur,…

Cianjur Euy 24/04/2018 20:51 WIB

Perpres TKA Berdampak Plus Minus Bagi Daerah

PENERAPAN Peraturan Presiden Nomor 20/2018 tentang penggunaan tenaga kerja asing (TKA) memiliki dampak positif dan negatif bagi dunia kerja di daerah. Sebab, hingga kini masih banyak calon tenaga kerja…