Kamis, 14 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Bahasa Sunda Terancam Punah

M. Arlan Akbar

Jumat, 21 Agustus 2015 - 09:00 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Ranah bahasa Sunda yang memiliki ciri dialek berbeda di tiap daerah dengan penggunaan tingkatan bukan sekedar alat komunikasi, namun juga menunjukkan etika di masyarakat.

Bahasa Sunda Cianjur yang dikenal memiliki kekhasan serta tingkatan bahasa yang halus dalam penuturannya, saat ini oleh generasi muda sudah jarang dipraktekkan. Hal ini disebabkan oleh minimnya pemahaman dan pembiasaan, terutama di lingkungan keluarga. Kondisi tersebut mengancam kelestarian bahasa Sunda.

“Bahkan sekarang ini, orang tua cenderung menggunakan bahasa non Sunda dalam kesehariannya berkomunikasi dengan anak. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian, tidak hanya pemerintah atau dinas terkait, tapi juga masyarakat, apalagi yang ada di lingkungan keluarga,” ujar tenaga pengajar bahasa Sunda SMP 1 Pasundan Cianjur Agus Nurjaman.

Dituturkannya, penggunaan bahasa Sunda terbagi dalam tiga, yakni cohag (kasar), loma (sedang) dan halus. Dikatakan Agus, penggunaan bahasa Sunda yang banyak dipraktekkan yakni loma. Sedangkan untuk penggunaan bahasa Sunda halus, sangat jarangan.

“Ini karena kosa kata yang ada sedikit sulit. Karenanya, penggunaannya dilakukan kalangan tertentu. Untuk bisa menggunakan bahasa Sunda halus yang identik dengan Sunda Cianjuran memang butuh pemahaman, bahkan pembiasaan sejak kecil. Tapi bukan tidak bisa dipelajari dan dipahami,” ungkapnya.

Ditegaskannya, keberadaan bahasa Sunda halus harus tetap ada dan lestari, pasalnya hal tersebut menjadi ciri Kabupaten Cianjur. “Dibanding dengan dialek Sunda di daerah lainnya, Cianjur terkenal yang paling halus penuturannya. Kenapa harus tetap ada, karena dialek ini sangat erat kaitannya dengan kebudayaan setempat yang menjadi cikal bakal kesenian budaya Sunda.,” terangnya.

Karenanya, jangan sampai tidak dipraktekkan bahkan mundur karena kurangnya pemahaman terhadap undak usuk bahasa halus. Ditambahkannya, mempelajari buhasa Sunda halus yang menjadi identik Cianjur juga merupakan bagian dari perwujudan jati diri suatu daerah. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 11 jam yang lalu

Cegah Difteri dengan Imunisasi

WABAH difteri di Cianjur makin meluas sehingga meneror masyarakat. Betapa tidak, di sepanjang 2017, tercatat 11 orang di lima lokasi berbeda terjangkit dan dua di antaranya meninggal dunia.

Aktualita 11 jam yang lalu

Dinkes Bilang Vaksin Halal, MUI: Kami Belum Pernah Terbitkan Sertifikasi Halal

KEPALABidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Neneng Efa Fatimah mengatakan, masih banyak warga Cianjur yang belum sadar pentingnya imunisasi.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Rem Blong, Truk Tronton Seruduk Mobil dan Pagar Rumah

KECELAKAAN kembali terjadi di ruas Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, Kampung/Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Rabu (13/12/2017) sekitar pukul 05.00 WIB.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Nasib Ratusan Buruh PT Ikon Garmindo, Harus Diselesaikan di Pengadilan

ANJURAN penyelesaian persoalan hak-hak buruh PT Ikon Garmindo ke ranah Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), ternyata tidak hanya disampaikan pihak Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Cianjur. 

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Tak Mudah Terbuai Iming-iming Investor

Alih fungsi lahan produktif di Kabupaten Cianjur terbilang menggila. Ratusan bahkan ribuan hektar lahan pesawahan di Kabupaten yang mayoritas masyarakatnya bergelut di bidang agraris (pertanian, red)…

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

2018 Bantuan DD Akan Naik Kabar Hoax

Kabar adanya kenaikan untuk pagu bantuan Dana Desa (DD) di Tahun 2018, nyatanya sebatas berita bohong belaka alias Kabar Hoax.  Hal tersebut dikatakan Kepala Desa Mekarwangi, Kecamatan Haurwangi, Cecep…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Pegadaian Berikan 200 Kupon Servis Motor Gratis

CIANJUR - Akhir tahun 2017, banyak perusahaan adu promosi agar target perusahaan mereka tercapai. Sebut saja salah satunya Pegadaian Cabang Cianjur. Dalam rangka mempromosikan program mereka yang bertajuk…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Papamango Thai Laris Manis

CIANJUR - Siapa tak kenal dengan minuman jus mangga kekinian asal negeri Thailand, Mangothai yang kini tengah menjadi incaran para pecinta kuliner. Minuman ngehits ini mendadak menjadi idola dan hampir…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Pemenang Tender Terbukti Subkan Pekerjaan

TERUNGKAP, pelaksanaan kegiatan perataan dan pemagaran pembangunan Masjid Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi ternyata disub kontrakkan oleh pihak pemenang tender.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

MTs Manarulhuda Adakan Bengkel Kreasi Siswa

MTs Manarulhuda mengadakan kegiatan Bengkel Kreasi Siswa, selasa (12/12) pagi hari. Kegiatan yang berlangsung di lingkungan sekolah, Desa Sukamanah Kecamatan Karangtengah itu dihadiri orangtua siswa dan…