Senin, 23 Oktober 2017 - Pukul 03:44

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sport

Tropi Pichichi, Ajang Pembuktian Messi - Ronaldo

Oleh: Yadi Haryadi - Jumat 21 Agustus 2015 | 07:21 WIB

Tropi Pichichi, Ajang Pembuktian Messi - Ronaldo

ilustrasi/net

BERITACIANJUR.COM – Sejak musim 2009–2010, peraih Trofi Pichichi sebagai penanda pemain tersubur La Liga tak jauh-jauh dari Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi. Kecenderungan itu diprediksi masih langgeng di 2015-16.

 

Musim lalu gelar topskorer jadi milik Ronaldo setelah membuat total 48 gol dari 35 pertandingan. Bintang Real Madrid tersebut mempertahankan gelar itu setelah juga meraihnya di musim 2013–14 dengan 31 gol dari 30 laga. Sebelum Ronaldo mendominasi dua musim terakhir, jatah Messi yang menjadi topskorer juga selama dua musim.

 

Bintang Barcelona itu membuat 46 gol dari 32 laga di 2012–13 dan 50 gol dari 37 partai musim 2011–12. Nama Messi dan Ronaldo kembali bergantian jadi topskorer di musim 2009–10 dan 2010–11, Messi berjaya dengan 34 gol dari 35 laga di 2009–10 sedangkan Ronaldo pada 2010–11 dengan 41 gol (40 gol menurut Liga de Futbol Profesional) dari 34 pertandingan.

 

Dalam persaingannya tersebut, Messi dan Ronaldo bukan cuma silih berganti menjadi topskorer tetapi juga telah saling lecut memecahkan rekor jumlah gol terbanyak La Liga. Total 50 gol Messi di musim 2011-12 menjadi yang terbanyak yang bisa dibuat seorang pemain dalam sejarah La Liga sedangkan 48 gol Ronaldo pada musim lalu menjadi yang terbanyak kedua.

 

Messi dan Ronaldo kini juga sama-sama telah mengoleksi tiga gelar topskorer La Liga, membuat salah satu dari mereka bisa saja meraih yang keempat pada musim 2015-16. Ini tentu saja membuat salah satunya untuk sementara akan mengungguli rival beratnya, tetapi juga memberikan hak berbangga diri kepada barisan penggemarnya, sekaligus menyamai Ferenc Puskas sebagai topskorer empat kali walaupun Telmo Zarra masih menjulang sebagai pesepakbola paling sering yang meraih gelar top skorer sebanyak enam kali.

 

Lantas siapa kira-kira yang akan berjaya, Messi atau Ronaldo. Tak mudah menerkanya, sama sulitnya untuk menebak apakah Barca atau Madrid yang bakal juara di musim 2015-16.

 

Maka opini dan prediksi bisa saja terbelah, di kancah bursa taruhan sekalipun. Ladbrokes, misalnya, yang menjagokan Ronaldo untuk jadi topskorer tipis mengungguli Messi. Sebaliknya bWin menempatkan Messi di posisi teratas lagi-lagi dengan keunggulan yang tak signifikan dibandingkan Ronaldo.

 

Kedua pemberi statistik terkemuka tersebut tampaknya sepakat dalam satu hal; topskorer La Liga 2015-16 kalau tidak Messi, ya Ronaldo, walaupun ada nama-nama lain semacam Luis Suarez dan Neymar dari Barcelona atau Karim Benzema di Madrid. (net)

Komentar