Kamis, 14 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Petani Bunga Hias Kurang Perhatian

Rudi Rusmana

Jumat, 21 Agustus 2015 - 09:00 WIB

rudi rusmana/'BC'
rudi rusmana/'BC'
A A A

BERITACIANJUR.COM - Para petani bunga hias yang berada di wilayah Cipanas dan sekitarnya, saat ini kondisinya memprihatinkan. Padahal, menurut Maman (50), seorang petani bunga, bertani bunga hias tersebut pada waktu sebelum-sebelumnya cukup menjanjikan.

"Menanam bunga hias itu, untuk saat ini kondisinya tidak seperti pada waktu-waktu sebelumnya. Kalau dulu memang cukup menjanjikan," ucapnya saat ditemui di kebun bunga hias di wilayah Cibodas kemarin.

Dia mengatakan, kalau waktu dulu bertani bunga hias tersebut hasilnya dapat dikatakan bisa dibanggakan karena begitu banyaknya pesanan yang diterima. "Bila dulu kan masih banyak pesanan terutama dari luar kota seperti Jakarta, salah satunya untuk proyek perumahan. Tetapi saat ini sepi pesanan," kata Maman.

Sehingga lanjutnya, rata-rata sebagian besar para petani bunga tersebut mengeluh karena sepi pembeli. "Saat ini pun masih ada pembeli tetapi tidak seperti dulu memesan bunga hias dengan jumlah partai yang besar," imbuh Maman.

Hal senada dikatakan petani bunga hias lainnya di wilayah Cibodas, Hidayat (45). Dirinya bertani bunga hias hanya untuk mempertahankan hidupnya saja. "Karena profesi saya menanam bunga hias dan tidak memiliki keahlian lainnya, jadi mau tidak mau sampai sekarang tetap bertahan saja meski kondisinya seperti ini," kata Hidayat saat ditemui di lokasi yang sama.

Hidayat berharap, semoga pihak pemerintah dapat memperhatikan nasib para petani bunga hias supaya bisa kembali bangkit dari keterpurukannya. "Kan modal untuk menanam bunga hias itu berikut perawatannya relatif besar biayanya, sementara pengeluaran setiap bulan untuk bertahan hidup pun tidak sedikit. Sehingga dirasakan lumayan berat juga," terangnya.

Hidayat menyebutkan, setidaknya mereka dapat bantuan dari pemerintah seperti pupuk dan bibit serta peralatan lainnya untuk bertanam bunga hias. "Kalau bisa turut membantu untuk pemasarannya juga," harapnya.

Sementara itu Sekretariat Bersama (sekber) mitra Pemerintah Cipanas, akan mencoba berusaha untuk menjembatani hal tersebut dengan mengusulkannya kepada pihak pemerintah.

"Coba nanti akan kita upayakan untuk diusulkan kepada pemerintah melalui dinas terkait, supaya lebih memperhatikan nasib para petani bunga hias tersebut dengan diberikan semacam bantuan. Sehingga mereka bisa kembali bangkit," singkat Sekjen Sekber, Ade Kosasih ketika dihubungi dalam kesempatan terpisah. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 10 jam yang lalu

24 Siswa SMK Darmawangsa Siap Prakerin

Sebanyak 24 siswa kelas XI SMK Kesehatan Darmawangsa Cianjur, dinyatakan siap melaksanakan prakerin 2017-2018 dengan usainya pelaksanaan ujian pra-prakerin (UPP).

Aktualita 11 jam yang lalu

Cegah Difteri dengan Imunisasi

WABAH difteri di Cianjur makin meluas sehingga meneror masyarakat. Betapa tidak, di sepanjang 2017, tercatat 11 orang di lima lokasi berbeda terjangkit dan dua di antaranya meninggal dunia.

Aktualita 11 jam yang lalu

Dinkes Bilang Vaksin Halal, MUI: Kami Belum Pernah Terbitkan Sertifikasi Halal

KEPALABidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Neneng Efa Fatimah mengatakan, masih banyak warga Cianjur yang belum sadar pentingnya imunisasi.

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Pegadaian Berikan 200 Kupon Servis Motor Gratis

CIANJUR - Akhir tahun 2017, banyak perusahaan adu promosi agar target perusahaan mereka tercapai. Sebut saja salah satunya Pegadaian Cabang Cianjur. Dalam rangka mempromosikan program mereka yang bertajuk…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Papamango Thai Laris Manis

CIANJUR - Siapa tak kenal dengan minuman jus mangga kekinian asal negeri Thailand, Mangothai yang kini tengah menjadi incaran para pecinta kuliner. Minuman ngehits ini mendadak menjadi idola dan hampir…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

MTs Manarulhuda Adakan Bengkel Kreasi Siswa

MTs Manarulhuda mengadakan kegiatan Bengkel Kreasi Siswa, selasa (12/12) pagi hari. Kegiatan yang berlangsung di lingkungan sekolah, Desa Sukamanah Kecamatan Karangtengah itu dihadiri orangtua siswa dan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Pemkab Siap Laksanakan Kebijakan Satu Jalur

Uji coba kebijakan satu jalur di sejumlah ruas jalan di wilayah perkotaan Kabupaten Cianjur ditunda hingga awal Januari 2018. Fokus pengamanan dan rekayasa lalulintas menghadapi Natal dan Tahun baru menjadi…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Polres Cianjur Tingkatkan Kewaspadaan Kerawanan Terorisme

KEPOLSIAN Resor (Polres) Cianjur terus meningkatkan kewaspadaan terkait kemungkinan terjadinya aksi terorisme di wilayah hukum Cianjur. Hal itu, diungkapkan Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH, kepada…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Peringati HJK 2017 Kodim 0608 Cianjur Gelar Kegiatan Sosial

KOMANDO Distrik Militer (Kodim) 0608 Cianjur melaksanakan berbagai kegaiatan sosial untuk memperingati Hari Juang Kartika 2017.

Aktualita 13/12/2017 07:23 WIB

Waduh, Jumlah Penderita Difteri Terus Bertambah

PENYAKIT difteri masih menghantui warga Cianjur. Terbaru, dua orang remaja harus mendapatkan perawatan di ruang isolasi Anggrek, RSUD Sayang Cianjur, setelah dinyatakan positif difteri.