Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

YJ: MK Takkan Terima Gugatan Suranto

Putra Lugina Sukma

Kamis, 07 Januari 2016 - 10:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Hari ini, Mahkamah Konstitusi (MK) mulai menggelar sidang sengketa Pilkada Kab. Cianjur dengan agenda pendahuluan. Kuasa hukum paslon BERIMAN, Yudi Junadi meyakini MK tidak akan menerima gugatan kubu Suranto Cs tersebut.

“Jika MK konsisten dengan peraturan yang dibuatnya sendiri, sambung dia, seharusnya MK tidak menerima gugatan yang tidak memenuhi syarat formal,” kata YJ di Cianjur, kemarin.

Menurutnya, dalam sidang pendahuluan akan diputuskan kewenangan MK memeriksa hasil suara, sesuai dengan pasal 158 Undang-Undang Pemilukada dan Peraturan MK. “Saya optimis MK tidak akan menerima gugatan kecurangan yang dijadikan dalil faktanya bukan sebuah putusan hakim yang berkekuatan hukum. Basis demokrasi itu bukti hukum, bukan dugaan atau opini atau bahkan suudzon,“ ungkapnya.

Terpisah, Ketua Komisi Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Cianjur, Irhan Ari Muhammad menjelaskan, agenda sidang hari ini merupakan sidang pendahuluan pemohon. Dalam persidangan tersebut pemohon akan menyampaikan bukti-bukti yang dimilikinya.

“Nanti MK akan menilai apakah berkas gugatan tersebut memenuhi syarat sesuai dengan yang ada dalam undang-undang atau tidak,” katanya.

Tahapan sidang selanjutnya, kata dia, merupakan tahapan sidang  dengan agenda termohon akan menjawab pertanyaan dari hakim MK. “Biasanya waktu pelaksanaan sidang pihak termohon beda waktu dengan sidang pemohon. Jadi  apakah nanti sidangnya sampai di situ setelah pihak termohon menjelaskan atau diteruskan?” ujarnya.

Seperti diketahui, kubu SUARA melayangkan gugatan ke MK terkait perselisihan perolehan suara pada Pilkada Cianjur yang berlangsung 9 Desember 2015. Hasilnya, Paslon BERIMAN unggul dengan perolehan suara 464.412 atau sebanyak 49,02 persen atas Paslon SUARA dengan perilehan suara 432.647 atau sebanyak 45,67 persen. (fir)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 7 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 16 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…