Kamis, 24 Agustus 2017 - Pukul 10:19

Image
Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

ragam

Cantiknya Masjid Sabilal Muhtadin, Ikon 'Kota Seribu Sungai'

Oleh: Zulfah Robbania - Jumat 21 Agustus 2015 | 12:00 WIB

Cantiknya Masjid Sabilal Muhtadin, Ikon 'Kota Seribu Sungai'

net

BERITACIANJUR.COM – Banjarmasin, ibukota Kalimantan Selatan ini dikenal dengan julukan ‘Kota Seribu Sungai’. Namun yang menakjubkan, di sini, tidak hanya sungai, ternyata Banjarmasin juga punya ikon yang menjadi kebanggaan, yakni Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

 

Pemberian nama pada masjid ini berasal dari ulama besar Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (1710 - 1812) sebagai penyebar Islam di Kerajaan Banjar. Diketahui, Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari pernah menulis sebuah kitab berjudul 'Sabilal Muhtadin' yang kemudian namanya diabadikan menjadi masjid ini.

 

Masjid Sabilal Muhtadin merupakan masjid terbesar di Kota Banjarmasin. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman, tak jauh dari Kantor Gubernur Kalimantan Selatan. Keistimewaan masjid ini adalah posisinya yang persis menghadap Sungai Martapura hingga membuat kian menarik.

 

Masjid Sabilal Muhtadin juga memiliki bentuk unik dengan kubah yang khas mengundang decak kagum siapapun yang melihatnya. Tak jauh dari komplek masjid ini terdapat Taman Maskot yang kerap dijadikan warga Banjarmasin sebagai tempat berekreasi.

 

Dibangun pada tahun 1979, masjid ini mampu menampung hingga 15.000 jamaah meliputi bagian dalam sebanyak 7.500 dan di bagian halaman 7.500 orang. Saat berkunjung ke Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Anda dapat menikmati gaya arsitektur yang mengagumkan.

 

Kubah utama bangunan berwarna keemasan. Sekeliling masjid dihiasi kaligrafi yang terbuat dari bahan tembaga bertuliskan ayat-ayat Al-Quran, Asmaul Husna, serta nama 4 khalifah utama dalam Islam. Pintu dan jendela masjid yang dihiasi relief ukiran khas Banjar semakin mempercantik masjid ini.

 

Hingga kini, Masjid Raya Sabilal Muhtadin masih berfungsi aktif sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan ke-Islam-an masyarakat Banjarmasin.  (net)

Komentar