Senin, 25 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Masyarakat Cianjur pun Angkat Bicara

M. Arlan Akbar

Jumat, 08 Januari 2016 - 05:30 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR - Beragam komentar disampaikan masyarakat terkait ajuan gugatan hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur yang dilayangkan pasangan calon (paslon) nomor urut 3 (Suranto-Aldwin Rahardian) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Dikatakan salah seorang tim pemenangan SUARA (Suranto-Aldwin Rahardian), Habib Jaenullah, pada dasarnya terkait ketidakpuasan terhadap hasil Pilkada langkah yang dilakukan paslon no 3 mengajukan gugatan ke MK sudah benar. Tentunya ini dilakukan juga untuk menjamin proses demokrasi dan menampung aspirasi bagi pendukung. 

Menurutnya, keputusan sementara yang memenagkan paslon rival dari segi perolehan suara belum bisa dipastikan unggul karena harus melewati prosedur temuan adanya dugaan pelanggaran. Sebagaimana semangat keinginan pemilu yang jujur dan adil, peraturan pilkada harus ditegakkan‎ agar masyarakat tidak menganggap kemenangan yang diraih dapat dipertanggung jawabkan.

"Catatan dugaan pelanggaran pemilu jelas sangat berpengaruh besar bagi tim salah satu paslon. Harusnya bisa digulirkan penegakan aturan, tidak bisa dianggap benar jika bersalah,"ungkapnya kepada "BC", kemarin.

Pihaknya yakin, ajuan gugatan yang dilayangkan paslon unggulannya bisa diterima dan memenangkan persaingan dengan kubu paslon rival. Sebab itu lanjut dia, hasil final ada pada MK yang mengeluarkan ‎keputusan bukan pengumuman KPU yang sifatnya baru sementara.

"Kita masih menunggu hasilnya. Mudah-mudahan aduan laporan yang diajukan bisa dipertimbangkan secara hukum‎ dan beralasan kuat memenangkan gugtan," katanya.

Sementara, Ketum Sekertaris Bersama (Sekber) Cipanas, Ade Kosasih mengatakan, , proses layangan aduan MK harus dihormati dalam mengakomodir adanya aspirasi masyarakat yang menginginkan hasil penyelenggaraan Pilkada serentak Cianjur secara sah diketahui umum.

Menurutnya, masyarakat sudah berpartisipasi dalam proses pemungutan. Suara pemilih yang ‎sudah masuk adalah pertanggung jawaban jika hasil akhirnya belum bisa diputuskan. Adapun desakan dari masyarakat yang ingin hasil Pilkada ‎beres dari adanya dugaan pelanggaran tentunya harus dihormati.

"Pelayangan keberatan dengan aduan diharapkan hasilnya bisa terbuka, sehingga masyarakat tidak dibingungkan dengan hasil akhir keputusan pilkada. Adapun yang berhak memutuskan soal itu tentunya MK,” katanya.

Ia berharap semua kubu dapat menahan diri sampai putusan final dikelurkan. Adapun nanti pada akhirnya untuk hasil putusan tersebut, semua harus bisa menerima dengan legowo. (nuk)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…