Sabtu, 20 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Masyarakat Cianjur pun Angkat Bicara

M. Arlan Akbar

Jumat, 08 Januari 2016 - 05:30 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR - Beragam komentar disampaikan masyarakat terkait ajuan gugatan hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur yang dilayangkan pasangan calon (paslon) nomor urut 3 (Suranto-Aldwin Rahardian) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Dikatakan salah seorang tim pemenangan SUARA (Suranto-Aldwin Rahardian), Habib Jaenullah, pada dasarnya terkait ketidakpuasan terhadap hasil Pilkada langkah yang dilakukan paslon no 3 mengajukan gugatan ke MK sudah benar. Tentunya ini dilakukan juga untuk menjamin proses demokrasi dan menampung aspirasi bagi pendukung. 

Menurutnya, keputusan sementara yang memenagkan paslon rival dari segi perolehan suara belum bisa dipastikan unggul karena harus melewati prosedur temuan adanya dugaan pelanggaran. Sebagaimana semangat keinginan pemilu yang jujur dan adil, peraturan pilkada harus ditegakkan‎ agar masyarakat tidak menganggap kemenangan yang diraih dapat dipertanggung jawabkan.

"Catatan dugaan pelanggaran pemilu jelas sangat berpengaruh besar bagi tim salah satu paslon. Harusnya bisa digulirkan penegakan aturan, tidak bisa dianggap benar jika bersalah,"ungkapnya kepada "BC", kemarin.

Pihaknya yakin, ajuan gugatan yang dilayangkan paslon unggulannya bisa diterima dan memenangkan persaingan dengan kubu paslon rival. Sebab itu lanjut dia, hasil final ada pada MK yang mengeluarkan ‎keputusan bukan pengumuman KPU yang sifatnya baru sementara.

"Kita masih menunggu hasilnya. Mudah-mudahan aduan laporan yang diajukan bisa dipertimbangkan secara hukum‎ dan beralasan kuat memenangkan gugtan," katanya.

Sementara, Ketum Sekertaris Bersama (Sekber) Cipanas, Ade Kosasih mengatakan, , proses layangan aduan MK harus dihormati dalam mengakomodir adanya aspirasi masyarakat yang menginginkan hasil penyelenggaraan Pilkada serentak Cianjur secara sah diketahui umum.

Menurutnya, masyarakat sudah berpartisipasi dalam proses pemungutan. Suara pemilih yang ‎sudah masuk adalah pertanggung jawaban jika hasil akhirnya belum bisa diputuskan. Adapun desakan dari masyarakat yang ingin hasil Pilkada ‎beres dari adanya dugaan pelanggaran tentunya harus dihormati.

"Pelayangan keberatan dengan aduan diharapkan hasilnya bisa terbuka, sehingga masyarakat tidak dibingungkan dengan hasil akhir keputusan pilkada. Adapun yang berhak memutuskan soal itu tentunya MK,” katanya.

Ia berharap semua kubu dapat menahan diri sampai putusan final dikelurkan. Adapun nanti pada akhirnya untuk hasil putusan tersebut, semua harus bisa menerima dengan legowo. (nuk)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 15 jam yang lalu

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 20 jam yang lalu

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 20 jam yang lalu

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:52 WIB

Harga Daging Ayam di Cianjur Masih Capai Rp 36 Ribu Per Kg

MESKI harga daging ayam potong di Cianjur disepakati Rp 33 ribu per kilogram (Kg). Namun, dipasaran harga daging unggas itu masih terbilang mahal, mencapai Rp 36 ribu per kg.

Cianjur Euy 18/01/2018 21:51 WIB

Polres Sidak Sekolah, Sejumlah Siswa Terbukti Simpan Video Porno

PASCA terungkapnya pesta seks sesama jenis, yang satu diantara pelakunya masih berstatus pelajar. Polres Cianjur gencarkan sosialisasi dan antisipasi dengan menyambangi sejumlah SMA/SMK di Kabupaten Cianjur,…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:50 WIB

Bulan Ini, Pasien Difteri Capai 15 Orang

PASIEN Difteri yang ditangani Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang, Cianjur jumlahnya terus bertambah. Sejak awal 2018, jumlah pasien penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi di selaput lendir hidung…

Aktualita 18/01/2018 08:10 WIB

BPLHD dan Penyidik Polda Jabar Datangi RSUD, Ada Apa?

SEGUDANG masalah terjadi di RSUD Sayang Cianjur. Tak hanya soal limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang dibiarkan menumpuk di ruangan terbuka, namun juga terdapat dua masalah besar lainnya yang hingga…