Selasa, 22 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Asosiasi Street Soccer Indonesia Dikukuhkan

Yadi Haryadi

Jumat, 21 Agustus 2015 - 08:14 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Street soccer semakin populer di Indonesia. Untuk mewadahi secara khusus olahraga rekreasi tersebut Indonesia membentuk asosiasi resminya. Bernama Asosiasi Street Soccer Indonesia (ASSI), organisasi tersebut, Kamis (20/8), diresmikan kepengurusannya dan dikukuhkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi. ASSI disebut bernaung di bawah Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI).

“Hari ini merupakan salah satu hari paling bersejarah bagi kami pengurus ASSI, atas dilaksanakannya pelantikan dan pengukuhan pengurus ASSI. Ini merupakan prestasi pertama kami dalam rangkaian langkah awal peran-serta ASSI untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam mengisi kemerdekaan bangsa kita, sesuai kapasitas kami masing-masing,” ungkap ketua umum ASSI, Mandira Isman.

Dijelaskan Mandira, ASSI merupakan sebuah asosiasi yang menaungi olah raga rekreasi, bernama street soccer. Niat, semangat dan kepedulian serta kebersamaan dalam membangun ASSI muncul dari gerak hati para pengurus sebagai pemuda bangsa. ASSI ingin memberdayakan kalangan masyarakat yang kurang beruntung dan termarginalkan, agar tetap mampu memelihara daya juang dan harapan secara terus-menerus sehingga mampu memberi inspirasi tiada henti bagi orang-orang disekitarnya.

"Jiwa muda penggiat street soccer dan jiwa muda para pengurus ASSI merupakan sebuah isyarat yang jelas untuk dibentuknya sinergi yang sangat kuat dan erat, dalam membantu pemerintah, yang dalam hal ini berada di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga," ujarnya.

Mandira mengungkapkan, salah satu jalan terbaik adalah memajukan olahraga sepakbola yang merupakan olahraga rakyat di seluruh belahan dunia manapun. "Sepakbola telah menjadi simbol pemersatu manusia lintas batas negara, suku, agama, ras maupun antar golongan, dan mampu menjadi perekat bagi para pemuda dan mengajarkan nilai-nilai sportivitas, serta integritas yang dibalut dengan rasa hormat, dalam mencapai cita-cita dan impian kita bersama," ucapnya.

Ditmbahkan Mandira, melalui street soccer diharapkan para talenta muda Indonesia yang masih tersembunyi di pelosok-pelosok kampung, kolong-kolong jembatan, rumah-rumah singgah, dan jalanan-jalanan rawan, menjadikan Street Soccer sebagai sarana yang tepat untuk mewujudkan harapan dan impian mereka-mereka yang mungkin kurang beruntung dalam kehidupannya sehari-hari, dan belum dapat terjangkau oleh institusi maupun kelompok masyarakat lainnya.(net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 18 menit yang lalu

Paket Kombo D'Abah Jadi Menu Andalan 'Bukber'.

BULAN Ramadhan merupakan momentum keberkahan bagi umat Islam. Uniknya, momen keberkahan ramadhan ternyata dirasakan tidak hanya untuk muslim, tetapi juga dirasakan oleh para pebisnis kuliner. Bagaimana…

Cianjur Euy 19 menit yang lalu

CAI Soroti Pendirian Mall GSP Ciranjang

PENDIRIAN Ruko dan Mall GSP Ciranjang kembali mendapat sorotan publik. Kali ini sorotan tajam disampaikan kalangan aktivis yang tergabung dalam Cianjur Aktivis Independen (CAI).

Cianjur Euy 20 menit yang lalu

Pemicu Terjadinya Macet Di Ciranjang Bertambah

JALAN raya Cianjur - Bandung tepatnya di pertigaan jalan masuk ke pasar, Bojongpicung dan menuju jalan Jati, setiap harinya tak pernah sepi kendaraan motor maupun mobil.

Cianjur Euy 22 menit yang lalu

PJU Tak Ada, Jalan Kebon Jeruk Rawan Lakalantas

TIDAK tersedianya fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang ruas jalan Ciranjang - Bojongpicung tepatnya di Kampung Kebon Jeruk, Kecamatan Bojongpicung menyebabkan lokasi tersebut rawan terjadi…

Aktualita 14 jam yang lalu

Wabup Akui Nikmati Upah Pungut

TERNYATA, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman mengakui jika dirinya memang menerima bagian dari alokasi dana insentif pemungutan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU). Kok bisa?

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Longsor Tutup Akses Jalan Ke Gunung Padang

BENCANA longsor kembali menerjang Kabupaten Cianjur, kini terjadi di wilayah Kecamatan Campaka. Akibatnya, akses jalan menuju situs Meghalitikum Gunung Padang sempat tertutup longsoran tanah, Jumat (18/5/2018)…

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Muspida Kabupaten Cianjur Komitmen Berantas Minuman Keras dan Oplosan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur berkomitmen untuk memberantas minuman keras (Miras) bermerk dan oplosan dengan cara meningkatkan razia gabungan diberbagai wilayah setiap pekannya.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Kecamatan Ciranjang Gelar Sertijab Serentak Kepala Desa

PASCA pelantikan Kepala Desa oleh Bupati Cianjur empat hari lalu, Kecamatan Ciranjang langsung menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga Kepala Desa di wilayahnya, Senin (21/5).

Bisnis Line 21/05/2018 21:15 WIB

Pizza Hut Cianjur Diduga Operasional Tanpa Izin Andalalin

DINAS Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Cianjur bakal memberikan surat teguran terhadap restauran Pizza di Jalan Ir H Juanda. Pasalnya, sampai saat ini restauran pizza…

Cianjur Euy 21/05/2018 21:14 WIB

Pembangunan Simbol Keagamaan Rentan Memicu Konflik

BANGUNAN monumental sekarang ini marak bermunculan di Kabupaten Cianjur. Berbagai bangunan tugu dibangun pemerintah di sejumlah lokasi yang tersebar di 32 Kecamatan.