Sabtu, 20 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

SUARA Soroti Rendahnya Temuan Panwaslu

Nuki Nugraha

Sabtu, 09 Januari 2016 - 08:00 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR - Rendahnya jumlah pelanggaran pada tahapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur 2015 yang menjadi temuan tim Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Cianjur menjadi sorotan pasangan calon (Paslon) nomor urut 3 (Suranto-Aldwin Rahardian). Bahkan terkait itu, tim advokasi paslon pemilik tagline SUARA memasukan persoalan tersebut ke dalam ajuan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Disebutkan dalam permohonan ajuan gugatan paslon nomor 3, bahwa rendahnya jumlah temuan hasil pengawasan Panwaslu Kabupaten Cianjur ,96 orang  panwascam dan 360 orang PPL ditambah pengawas TPS 3.921 orang, yang hanya menemukan 4 buah temuan pelanggaran seluruh tahapan pemilu 2015 di Kabupaten Cianjur.

Sedangkan temuan yang diperoleh pemohon (paslon no 3-red) mencapai 70 lebih dan sudah dilaporkan kepada panwaslu Cianjur, namun laporan tersebut tidak diindaklanjuti oleh panwaslu.

“Temuan pelanggaran oleh Panwaslu ini memang rendah. Jadi dari beberapa pelanggaran yang terjadi dilapangan cendrung tidak ditindaklanjuti oleh mereka dan banyak kecurangan dibiarkan,”ujar Aldwin Rahardian atau yang akrab disapa Oki saat dihubungi BC, Jumat (8/1).

Oki menilai, sebagai lembaga penyelenggara yang fungsinya melakukan pengawasan, pada pelaksanaan Pilkada 2015 ini Panwaslu bekerja tidak maksimal dalam menjalankan tupoksinya.

“Bisa dikatakan merka ini ”Tidur”. Soalnya yang proaktif itu selama ini justru kita (paslon-red) dibandingkan mereka,”imbuhnya.

Sementara itu , Divisi Pencegahan Panwaslukab Agus Jaelani saat dimintai tanggapannya mengatakan, jika mereka (paslon no 3) mengatakan jumlah pelanggaran yang kita temukan rendah itu merupakan haknya.

Tapi, jelas Agus, pada dasarnya pelanggaran yang berhasil ditemukan Panwaslu dilapangan sebenarnya banyak, hanya saja ada beberapa diantaranya yang memang sudah ditindaklanjuti ataupun sebelumnya berhasil diantisipasi.

“Itu hak mereka. Sebenanrnya temuan kita banyak, hanya saja beberapa kasus diantaranya sudah ditindaklanjuti dan diantisipasi,”ujar Agus saat dihubungi BC, Jumat (8/1).

Contoh temuan yang sudah ditindaklanjuti itu papar Agus, seperti soal pelanggaran untuk pemasangan spanduk-spanduk ataupun bener para paslon yang terpasang didilapangan yang memang pemasangannya terindikasi melanggar aturan.  

Sedangkan untuk perlanggaran yang berhasil diantisipasi, terang Agus, seperti halnya temuan pada saat pelaksanan pembagian daging hewan kurban pada saat Hari Raya Idul Adha.

“Jadi pada saat pelaksanaan pembagian daging tersebut petugas kita menemukan adanya indikasi ditumpangi kepentingan politik. Tapi beruntung kita berhasil mengantisipasi itu,”terangnya.

Dijelaskan Agus, mengapa temuan pelanggaran yang diajukan hanya sebanyak 4 buah, ini lebih dikarenakan syarat dan bukti pelanggaran tersebut lengkap dan kuat. “Jadi ke empat buah temuan yang diajukan itu bisa dikatakan buktinya lengkap dan kuat,” jelasnya. (nuk)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 15 jam yang lalu

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 20 jam yang lalu

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 20 jam yang lalu

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:52 WIB

Harga Daging Ayam di Cianjur Masih Capai Rp 36 Ribu Per Kg

MESKI harga daging ayam potong di Cianjur disepakati Rp 33 ribu per kilogram (Kg). Namun, dipasaran harga daging unggas itu masih terbilang mahal, mencapai Rp 36 ribu per kg.

Cianjur Euy 18/01/2018 21:51 WIB

Polres Sidak Sekolah, Sejumlah Siswa Terbukti Simpan Video Porno

PASCA terungkapnya pesta seks sesama jenis, yang satu diantara pelakunya masih berstatus pelajar. Polres Cianjur gencarkan sosialisasi dan antisipasi dengan menyambangi sejumlah SMA/SMK di Kabupaten Cianjur,…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:50 WIB

Bulan Ini, Pasien Difteri Capai 15 Orang

PASIEN Difteri yang ditangani Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang, Cianjur jumlahnya terus bertambah. Sejak awal 2018, jumlah pasien penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi di selaput lendir hidung…

Aktualita 18/01/2018 08:10 WIB

BPLHD dan Penyidik Polda Jabar Datangi RSUD, Ada Apa?

SEGUDANG masalah terjadi di RSUD Sayang Cianjur. Tak hanya soal limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang dibiarkan menumpuk di ruangan terbuka, namun juga terdapat dua masalah besar lainnya yang hingga…