Rabu, 28 Juni 2017 - Pukul 17:32

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

edukasi

SMPN I Gekbrong Jadikan Film Sebagai Medium Pembelajaran

Oleh: Susi Susilawati - Sabtu 22 Agustus 2015 | 09:30 WIB

SMPN I Gekbrong Jadikan Film Sebagai Medium Pembelajaran

susi susilawati/'BC'

BERITACIANJUR.COM – Menghasilkan lulusan yang berkualias tidak hanya dilihat berdasarkan materi yang disampaikan sesuai dengan kurikulum, namun perlu didukung cara penyampaian materi itu sendiri.

 

SMPN 1 Gekbrong mengaku mempunyai cara tersendiri untuk itu. Guru PKN Yudi Supriyadi mengatakan pihaknya menerapkan cara pengajaran yang berbeda kepada peserta didiknya, yakni dengan moving class atau pembelajaran dengan media film.

 

Penggunaan media film sebagai pembelajaran kata dia, bertujuan untuk mendukung suasana belajar yang informatif, edukatif serta menjadikan kelas taman belajar bagi peserta didik.

 

“Di sini, moving class dijadwalkan seminggu sekali selama dua jam pelajaran. Selama sesi ini siswa tidak hanya menonton tapi juga diminta untuk menyimak. Karena selesai menonton, guru akan membuat sesi tanya jawab atau diskusi,” terangnya kepada “BC”, Jumat (21/8).

 

Diakuinya, penerapan moving class di SMPN 1 Gekbrong tidak hanya berlaku pada mata pelajaran PKN saja, melainkan pelajaran lainnya. “Film yang kita putar tentunya yang bida mencerdaskan, memberikan inspirasi serta memberikan wawasan tambahan kepada siswa. Responnya, sejauh ini cukup berhasil. Siswa jauh lebih termotivasi dan semangat untuk belajar,” ungkapnya. ***

Komentar