Kamis, 14 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

SMPN I Gekbrong Jadikan Film Sebagai Medium Pembelajaran

Susi Susilawati

Sabtu, 22 Agustus 2015 - 09:30 WIB

susi susilawati/'BC'
susi susilawati/'BC'
A A A

BERITACIANJUR.COM – Menghasilkan lulusan yang berkualias tidak hanya dilihat berdasarkan materi yang disampaikan sesuai dengan kurikulum, namun perlu didukung cara penyampaian materi itu sendiri.

SMPN 1 Gekbrong mengaku mempunyai cara tersendiri untuk itu. Guru PKN Yudi Supriyadi mengatakan pihaknya menerapkan cara pengajaran yang berbeda kepada peserta didiknya, yakni dengan moving class atau pembelajaran dengan media film.

Penggunaan media film sebagai pembelajaran kata dia, bertujuan untuk mendukung suasana belajar yang informatif, edukatif serta menjadikan kelas taman belajar bagi peserta didik.

“Di sini, moving class dijadwalkan seminggu sekali selama dua jam pelajaran. Selama sesi ini siswa tidak hanya menonton tapi juga diminta untuk menyimak. Karena selesai menonton, guru akan membuat sesi tanya jawab atau diskusi,” terangnya kepada “BC”, Jumat (21/8).

Diakuinya, penerapan moving class di SMPN 1 Gekbrong tidak hanya berlaku pada mata pelajaran PKN saja, melainkan pelajaran lainnya. “Film yang kita putar tentunya yang bida mencerdaskan, memberikan inspirasi serta memberikan wawasan tambahan kepada siswa. Responnya, sejauh ini cukup berhasil. Siswa jauh lebih termotivasi dan semangat untuk belajar,” ungkapnya. ***

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 10 jam yang lalu

Cegah Difteri dengan Imunisasi

WABAH difteri di Cianjur makin meluas sehingga meneror masyarakat. Betapa tidak, di sepanjang 2017, tercatat 11 orang di lima lokasi berbeda terjangkit dan dua di antaranya meninggal dunia.

Aktualita 11 jam yang lalu

Dinkes Bilang Vaksin Halal, MUI: Kami Belum Pernah Terbitkan Sertifikasi Halal

KEPALABidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Neneng Efa Fatimah mengatakan, masih banyak warga Cianjur yang belum sadar pentingnya imunisasi.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Rem Blong, Truk Tronton Seruduk Mobil dan Pagar Rumah

KECELAKAAN kembali terjadi di ruas Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, Kampung/Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Rabu (13/12/2017) sekitar pukul 05.00 WIB.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Nasib Ratusan Buruh PT Ikon Garmindo, Harus Diselesaikan di Pengadilan

ANJURAN penyelesaian persoalan hak-hak buruh PT Ikon Garmindo ke ranah Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), ternyata tidak hanya disampaikan pihak Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Cianjur. 

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Tak Mudah Terbuai Iming-iming Investor

Alih fungsi lahan produktif di Kabupaten Cianjur terbilang menggila. Ratusan bahkan ribuan hektar lahan pesawahan di Kabupaten yang mayoritas masyarakatnya bergelut di bidang agraris (pertanian, red)…

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

2018 Bantuan DD Akan Naik Kabar Hoax

Kabar adanya kenaikan untuk pagu bantuan Dana Desa (DD) di Tahun 2018, nyatanya sebatas berita bohong belaka alias Kabar Hoax.  Hal tersebut dikatakan Kepala Desa Mekarwangi, Kecamatan Haurwangi, Cecep…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Pegadaian Berikan 200 Kupon Servis Motor Gratis

CIANJUR - Akhir tahun 2017, banyak perusahaan adu promosi agar target perusahaan mereka tercapai. Sebut saja salah satunya Pegadaian Cabang Cianjur. Dalam rangka mempromosikan program mereka yang bertajuk…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Papamango Thai Laris Manis

CIANJUR - Siapa tak kenal dengan minuman jus mangga kekinian asal negeri Thailand, Mangothai yang kini tengah menjadi incaran para pecinta kuliner. Minuman ngehits ini mendadak menjadi idola dan hampir…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Pemenang Tender Terbukti Subkan Pekerjaan

TERUNGKAP, pelaksanaan kegiatan perataan dan pemagaran pembangunan Masjid Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi ternyata disub kontrakkan oleh pihak pemenang tender.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

MTs Manarulhuda Adakan Bengkel Kreasi Siswa

MTs Manarulhuda mengadakan kegiatan Bengkel Kreasi Siswa, selasa (12/12) pagi hari. Kegiatan yang berlangsung di lingkungan sekolah, Desa Sukamanah Kecamatan Karangtengah itu dihadiri orangtua siswa dan…