Rabu, 26 Juli 2017 - Pukul 11:43

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

inspirasi

Tukang Las ini, Ubah Lengan Seperti Iron Man

Oleh: Putra Lugina Sukma - Senin 18 Januari 2016 | 17:45 WIB

Tukang Las ini, Ubah Lengan Seperti Iron Man

NET

Sepintas tukang las ini terkesan biasa-biasa saja, namun ketika melihat lebih dekat ternyata ada yang unik pada tangan si bapak bernama I Wayan Sumardana. Tangan kiri dari tukang las tersebut ternyata ditopang oleh seperangkat besi yang dirangkai dengan peralatan elekronik seperti lengan Iron Man.


Mantap nih si bapak, mirip dengan Tony Stark yang membuat sendiri zirah Iron Man dengan barang-barang bekas. Wayan telah menderita kelumpuhan pada tangan sebelah kirinya. Dengan kemampuan yang dimiliki, ia pun berinisiatif untuk membuat tangan robotnya sendiri dari barang-barang bekas antara lain komputer, dinamo dan sparepart sepeda motor, demi menunjang pekerjaanya sehari-hari. Selain las, Wayan juga memiliki kemampuan lain seperti memperbaiki sepeda dan perkakas rumah tangga.

 

Pengerjaan tangan robot ini diselesaikan oleh Wayan dalam waktu 2 bulan. Mski demikian, ia masih ingin menyempurnakan kinerja lengan robot buatannya itu agar bisa menggerakkan jari-jari tangan kirinya yang lumpuh.

 

Tangan robot Wayan itu dikendalikan oleh alat penerima sinyal yang dipasang di kepala dan terhubung dengan kabel dan rangkaian elektronik. Jadi tangan itu akan bergerak sesuai aba-aba yang diterima oleh alat penerima sinyal tersebut. Gerakan siku tangannya mampu bergerak dengan pergerakan dari gear yang ia pasang.

 

Jika dikembangkan lebih lanjut, tidak menutup kemungkinan Wayan bisa membuat sendiri zirah lengkap 'Iron Man' atau powersuit seperti di game Fallout 4 atau bahkan Mobile Suit Gundam untuk membantu orang-orang lumpuh di Indonesia. (net/pls)

Komentar