Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Warga Campaka Galang Aksi Solidaritas Korban Kebakaran

Zenal Mustari

Kamis, 23 Juli 2015 - 11:50 WIB

Zenal Mustari/'BC'
Zenal Mustari/'BC'
A A A

BERITACIANJUR.COM - Ramadhan menyisakan duka bagi Hj Ayi Ruhyati (52), warga asal Kampung Lembur Sawah, RT 03/01, Desa Sukajadi, Kecamatan Campaka. Pasalnya rumah miliknya terbakar pekan lalu, Jum'at (17/07). Rumah kesayangannya ludes terbakar si jago merah. Kini, hanya menyisakan puing-puing saja.

Untuk meringankan beban Ayi, warga Desa Sukajadi, Kecamatan Campaka melakukan sikap solidaritas dengan cara membangun kembali rumah tersebut secara gotong-royong.

"Hal ini dilakukan untuk membantu meringankan penderitaan korban. Mengingat semua harta benda milik korban saat kebakaran tidak ada satu pun yang bisa diselamatkan lagi, termasuk surat menyurat dan dokumen penting, semua ikut hangus terbakar," terang Sutisna, Ketua RT 03/01 Kampung Lembur Sawah prihatin, kepada "BC" kemarin.

Dirinya mengaku, warganya kompak menggalang dana guna membangun kembali rumah Ayi yang terbakar. "Muspika dan seluruh warga setempat langsung mengambil sikap dengan mengumpulkan dana dan bahan bangunan secara sukarela untuk membangun rumah korban," tambahnya.

Mendapatkan bantuan, raut wajah Ayi Ruhyati sedikit cerah. Karena bantuan tersebut sangat berarti bagi janda beranak tiga, yang telah ditinggalkan suaminya selama 15 tahun silam tersebut karena meninggal.

Dirinya terlihat senang saat ketua RT setempat menggerakan warga untuk melakukan aksi gotong royong.
"Seperti mimpi, jika saya bisa memiliki rumah  lagi. Semoga kebaikan Pak RT dan yang lainnya mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT," ucapnya, sambil meneteskan air mata seraya berjanji ketika rumahnya sudah kemabli berdiri akan di rawatnya dengan baik.

Hal tersebut diamini oleh Danramil Campaka Kapten Arm. Yayan Ruhiat. Dia mengatakan, bahwa perbaikan rumah tersebut ditaksir akan menelan biaya hingga puluhan juta rupiah.

"Biaya rumah ini, kalau dihitung lebih dari 50 juta. Untuk menutupi biaya tersebut, selain dari bantuan hasil swadaya juga akan di upayakan ke BPBD juga ke Bazda Kecamatan Campaka dari anggaran tahun 2014, dan jika masih belum mencukupi sisa biayanya akan kembali menghimpun dari swadaya warga," ujarnya.

Disisi lain, Yayan sangat bersyukur bahwa warga yang ada di desanya sangat kompak dan peduli dalam meringankan beban tetangga mereka.
"Kami sangat bersyukur, pasalnya Muspika dan juga warga kampung ini sangat kompak sehingga dalam pelaksanaan gotong-royong membangun rumah milik korban tersebut tidak mengalami kesulitan. Dengan adanya solidaritas tinggi diharapkan pembangun pun cepat tuntas,"singkatnya. ***

 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 9 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:52 WIB

Harga Daging Ayam di Cianjur Masih Capai Rp 36 Ribu Per Kg

MESKI harga daging ayam potong di Cianjur disepakati Rp 33 ribu per kilogram (Kg). Namun, dipasaran harga daging unggas itu masih terbilang mahal, mencapai Rp 36 ribu per kg.

Cianjur Euy 18/01/2018 21:51 WIB

Polres Sidak Sekolah, Sejumlah Siswa Terbukti Simpan Video Porno

PASCA terungkapnya pesta seks sesama jenis, yang satu diantara pelakunya masih berstatus pelajar. Polres Cianjur gencarkan sosialisasi dan antisipasi dengan menyambangi sejumlah SMA/SMK di Kabupaten Cianjur,…