Kamis, 21 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Warga Campaka Galang Aksi Solidaritas Korban Kebakaran

Zenal Mustari

Kamis, 23 Juli 2015 - 11:50 WIB

Zenal Mustari/'BC'
Zenal Mustari/'BC'
A A A

BERITACIANJUR.COM - Ramadhan menyisakan duka bagi Hj Ayi Ruhyati (52), warga asal Kampung Lembur Sawah, RT 03/01, Desa Sukajadi, Kecamatan Campaka. Pasalnya rumah miliknya terbakar pekan lalu, Jum'at (17/07). Rumah kesayangannya ludes terbakar si jago merah. Kini, hanya menyisakan puing-puing saja.

Untuk meringankan beban Ayi, warga Desa Sukajadi, Kecamatan Campaka melakukan sikap solidaritas dengan cara membangun kembali rumah tersebut secara gotong-royong.

"Hal ini dilakukan untuk membantu meringankan penderitaan korban. Mengingat semua harta benda milik korban saat kebakaran tidak ada satu pun yang bisa diselamatkan lagi, termasuk surat menyurat dan dokumen penting, semua ikut hangus terbakar," terang Sutisna, Ketua RT 03/01 Kampung Lembur Sawah prihatin, kepada "BC" kemarin.

Dirinya mengaku, warganya kompak menggalang dana guna membangun kembali rumah Ayi yang terbakar. "Muspika dan seluruh warga setempat langsung mengambil sikap dengan mengumpulkan dana dan bahan bangunan secara sukarela untuk membangun rumah korban," tambahnya.

Mendapatkan bantuan, raut wajah Ayi Ruhyati sedikit cerah. Karena bantuan tersebut sangat berarti bagi janda beranak tiga, yang telah ditinggalkan suaminya selama 15 tahun silam tersebut karena meninggal.

Dirinya terlihat senang saat ketua RT setempat menggerakan warga untuk melakukan aksi gotong royong.
"Seperti mimpi, jika saya bisa memiliki rumah  lagi. Semoga kebaikan Pak RT dan yang lainnya mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT," ucapnya, sambil meneteskan air mata seraya berjanji ketika rumahnya sudah kemabli berdiri akan di rawatnya dengan baik.

Hal tersebut diamini oleh Danramil Campaka Kapten Arm. Yayan Ruhiat. Dia mengatakan, bahwa perbaikan rumah tersebut ditaksir akan menelan biaya hingga puluhan juta rupiah.

"Biaya rumah ini, kalau dihitung lebih dari 50 juta. Untuk menutupi biaya tersebut, selain dari bantuan hasil swadaya juga akan di upayakan ke BPBD juga ke Bazda Kecamatan Campaka dari anggaran tahun 2014, dan jika masih belum mencukupi sisa biayanya akan kembali menghimpun dari swadaya warga," ujarnya.

Disisi lain, Yayan sangat bersyukur bahwa warga yang ada di desanya sangat kompak dan peduli dalam meringankan beban tetangga mereka.
"Kami sangat bersyukur, pasalnya Muspika dan juga warga kampung ini sangat kompak sehingga dalam pelaksanaan gotong-royong membangun rumah milik korban tersebut tidak mengalami kesulitan. Dengan adanya solidaritas tinggi diharapkan pembangun pun cepat tuntas,"singkatnya. ***

 

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…