Minggu, 25 Juni 2017 - Pukul 14:13

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

ekonomi bisnis

Lagi, Kopi Arabika Beraroma Jeruk Bawa Keberuntungan

Oleh: fl/bc - Sabtu 22 Agustus 2015 | 11:59 WIB

Lagi, Kopi Arabika Beraroma Jeruk Bawa Keberuntungan

Panen kopi di Desa Sukadana Cianjur...

Kembali kelompok petani kopi Desa Sukadana, menuai berkah dengan memanen kopi beraroma jeruk. Sekitar setahun lalu kopi Sukadana berasa atau beraroma jeruk ini, telah mulai dikenal para penyuka kopi.

 

Berbeda dengan kebanyakan jenis kopi arabika, tanaman kopi yang ditanam di daerah ini merupakan varietas baru kopi beraroma jeruk, yang bisa dibilang hanya ada di daerah tersebut.

 

Kopi arabika Sukadana memang lebih nikmat dan mengandung kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi arabika yang telah ada.

 

Para petani kopi ini menghadirkan varian kopi arabika baru dengan melakukan sistem tanam tumpang sari dengan tanaman jeruk yang ditanam berdampingan dengan pohon kopi.

 

Dengan kekhasan aromanya, Kopi arabika berasa jeruk ini dipasarkan lebih mahal dari kopi biasanya.

 

"Karena kopi ini termasuk kualitas tinggi, kami menargetkan bisa mengekspor kopi ini. Kopi arabika rasa atau beraroma jeruk ini, baru ada di Indonesia. Tapi, katanya kopi ini juga pernah dibuat di Bali dan sangat digemari warga dari berbagai dunia," kata seorang petani kopi Sukada.(fl/bc)

Komentar