Jumat, 20 Oktober 2017 - Pukul 02:56

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

sosialita

Semut Lebih Berat dari Umat Manusia?

Oleh: cr3 - Jumat 05 Pebruari 2016 | 17:16 WIB

Semut Lebih Berat dari Umat Manusia?

net/illlustrasi

BERITACIANJUR.COM - Inilah perdebatan yang pernah terjadi di antara para ahli di dunia. Jika disatukan secara total, berat manakah antara seluruh spesies semut dengan berat seluruh umat manusia yang ada di dunia ini? Mari kita simak penelusurannya.

 

Ada sekitar 13.000 spesies semut di seluruh dunia, yang ukurannya kurang dari 1 mm sampai 30 mm. Bobotnya bervariasi, meski sebagian besar ahli setuju berat rata-rata seekor semut kurang dari 10 mg. Tapi tidak ada yang tahu berapa banyak semut yang ada di dunia, guys.

 

Dokumenter BBC Four mengklaim jumlah mereka bukan 10 ribu triliun, melainkan 100 triliun. Meskipun masih bersikukuh berat total semut dengan berat total manusia. Para ahli dari Natural History Museum, Laboratorium Semut Bristol University, dan BWARS mengatakan, tak ada perkiraan yang realistis.

 

Meski keliru untuk jumlah penduduk saat ini, bisa jadi perkiraan ahli biologi Jerman, Wilson dan Hoelldobler pernah akurat. Namun dosen apikultur dari University of Sussex, Francis Ratnieks mengatakan, 2000 tahun lalu, berat semut pernah melebihi umat manusia. Tapi di waktu sekitar kemerdekaan Amerika Serikat (1776) atau sekitarnya, berat umat manusia sudah melebihi para semut.

 

Ingat, manusia bertambah gemuk. Manusia tak hanya bertambah secara populasi, tapi juga soal kegemukan. Serat manusia telah mengungguli semut. Jadi sekarang tau kan guys, semut sama manusia lebih berat mana? hahaha… 

Komentar