Rabu, 24 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Kang Herman: Jaga & Majukan Seni Budaya Cianjur!

BERITACIANJUR.COM

Sabtu, 22 Agustus 2015 - 13:57 WIB

Seni non pertunjukan bila tanpa perhatian akan mati dengan sendirinya...
Seni non pertunjukan bila tanpa perhatian akan mati dengan sendirinya...
A A A

CATATAN PINGGIR KANG HERMAN SUHERMAN...

Sejatinya peningkatan seni dan budaya Cianjur akan berdampak kepada kemajuan Cianjur. Berdasarkan catatan saya, seni dan budaya cukup banyak, bahkan jumlahnya mencapai ratusan jika digabungkan dengan seni non pertunjukan.

Namun ada hal mendesak yang perlu diupayakan untuk melestarikan dan memajukan seni budaya Cianjur, agar tak lenyap dalam riak budaya kehidupan masyarakat Cianjur. Seni non pertunjukan seperti seni griya dan seni rupa misalnya, adalah seni yang kini jarang bermunculan dan bisa dibilang hampir punah di Cianjur.

Pada intinya ada tiga indikator yang jadi penyebab hampir punahnya seni budaya itu sendiri; Pertama, regenerasi tidak berjalan dengan mulus. Kedua, frekuensi pegelarannya semakin jarang. Dan ketiga, yakni semakin ditinggalkan masyarakat . 

Padahal, sebagai penikmat dan pendukung hidupnya seni budaya, peran masyarakat sangat dominan. Faktor penyebab lain adalah, peralatan yang digunakan untuk pagelaran seni budaya sangat minim. Perlu jadi catatan bahwa andai masyarakat tidak peduli, maka seni dan budaya itu pun akan mati dengan sendirinya.

Oleh karena itu, upaya pencegahan mutlak harus dilakukan. Caranya dengan mewariskan kepada generasi muda. Tokoh budaya didorong agar melakukan kegiatan seni dengan melibatkan generasi muda, untuk melanjutkan keterampilan dan wawasan seni budaya itu sendiri.

Tokoh seni budaya yang lebih tua perlu diberikan peluang dan fasilitas proporsional untuk mendidik keluarga, atau orang terdekat agar dapat mewariskan 'kekayaan' Negeri Cianjur tersebut kepada generasi lebih muda.

Memang perlu diakui fasilitas dan anggaran merupakan hal penting untuk menghidupkan kembali seni budaya yang mati suri. Disamping itu tak kalah pentingnya, keterlibatkan para pakar seni budaya baik dari akademisi maupun praktisi seni, perlu didorong untuk terus merevitalisasi seni dan budaya yang dianggap mulai punah atau ditinggalkan masyarakat. 

Semakin sering seni dan budaya tersebut digelar, maka peluang warisan tak ternilai itu menggema kembali dan lestari akan semakin besar.

Atas keprihatinan terhadap kelestarian budaya negeri Cianjur tercinta ini, bila Allah berkenan kami sudah merancang dengan Irvan Rivano Muchtar untuk menyiapkan anggaran peningkatan budaya Cianjur. Mari kita jaga dan majukan seni budaya yang tak ternilai itu! (fl/c.com)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 29 menit yang lalu

5 Kecamatan di Cianjur Terdampak Gempa

Gempa bumi menggoyang Cianjur, Selasa (23/1/2018) siang. Sejumlah wilayah di selatan Cianjur terdampak cukup parah. Tercatat, sejumlah bangunan rusak dan delapan orang siswa sekolah mengalami luka-luka.

Aktualita 34 menit yang lalu

Masalahnya Banyak, RSUD Akan Diperiksa Khusus

SETELAH satu per satu permasalahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur terbongkar, akhirnya Inspektorat Daerah (Irda) Cianjur akan segera melakukan pemeriksaan khusus (riksus), terhadap para…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Polres Waspadai Wilayah Pesisir Pantai Selatan Cianjur

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mewaspadai wilayah pesisir pantai selatan dijadikan akses masuknya narkoba dari jalur laut ke wilayah hukum Cianjur. Peningkatan kewaspadaan itu, dilakukan karena wilayah…

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Personel Polres Latihan Peningkatan Kemampuan

SERATUSAN personel pengendali massa (Dalmas) Sat Sabhara Polres Cianjur melakukan latihan peningkatan kemampuan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar serentak bulan Juni mendatang.

Cianjur Euy 12 jam yang lalu

Antisipasi Penyebaran Difteri, Dinkes Lakukan Vaksinasi

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan imunisasi dan pemberian vaksin kepada masyarakat di sejumlah wilayah rawan kasus difteri.Namun, keterbatasan vaksin membuat petugas hanya melakukan…

Aktualita 24 jam yang lalu

Desak Audit RSUD, Komisi IV Sebut Pemkab Cianjur Jangan Tinggal Diam

BPJS Kesehatan menunggak hingga Rp45 miliar. Itulah pengakuan dari pejabat RSUD Sayang Cianjur yang disampaikan terhadap Komisi IV DPRD Cianjur.

Aktualita 23/01/2018 08:00 WIB

Aset RSUD Diduga Raib

EMPAT masalah sudah terungkap dan membuat geram banyak pihak. Kini, persoalan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur kembali terbongkar. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 22/01/2018 21:29 WIB

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 22/01/2018 21:25 WIB

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 22/01/2018 20:57 WIB

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…