Selasa, 17 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Kang Herman: Jaga & Majukan Seni Budaya Cianjur!

BERITACIANJUR.COM

Sabtu, 22 Agustus 2015 - 13:57 WIB

Seni non pertunjukan bila tanpa perhatian akan mati dengan sendirinya...
Seni non pertunjukan bila tanpa perhatian akan mati dengan sendirinya...
A A A

CATATAN PINGGIR KANG HERMAN SUHERMAN...

Sejatinya peningkatan seni dan budaya Cianjur akan berdampak kepada kemajuan Cianjur. Berdasarkan catatan saya, seni dan budaya cukup banyak, bahkan jumlahnya mencapai ratusan jika digabungkan dengan seni non pertunjukan.

Namun ada hal mendesak yang perlu diupayakan untuk melestarikan dan memajukan seni budaya Cianjur, agar tak lenyap dalam riak budaya kehidupan masyarakat Cianjur. Seni non pertunjukan seperti seni griya dan seni rupa misalnya, adalah seni yang kini jarang bermunculan dan bisa dibilang hampir punah di Cianjur.

Pada intinya ada tiga indikator yang jadi penyebab hampir punahnya seni budaya itu sendiri; Pertama, regenerasi tidak berjalan dengan mulus. Kedua, frekuensi pegelarannya semakin jarang. Dan ketiga, yakni semakin ditinggalkan masyarakat . 

Padahal, sebagai penikmat dan pendukung hidupnya seni budaya, peran masyarakat sangat dominan. Faktor penyebab lain adalah, peralatan yang digunakan untuk pagelaran seni budaya sangat minim. Perlu jadi catatan bahwa andai masyarakat tidak peduli, maka seni dan budaya itu pun akan mati dengan sendirinya.

Oleh karena itu, upaya pencegahan mutlak harus dilakukan. Caranya dengan mewariskan kepada generasi muda. Tokoh budaya didorong agar melakukan kegiatan seni dengan melibatkan generasi muda, untuk melanjutkan keterampilan dan wawasan seni budaya itu sendiri.

Tokoh seni budaya yang lebih tua perlu diberikan peluang dan fasilitas proporsional untuk mendidik keluarga, atau orang terdekat agar dapat mewariskan 'kekayaan' Negeri Cianjur tersebut kepada generasi lebih muda.

Memang perlu diakui fasilitas dan anggaran merupakan hal penting untuk menghidupkan kembali seni budaya yang mati suri. Disamping itu tak kalah pentingnya, keterlibatkan para pakar seni budaya baik dari akademisi maupun praktisi seni, perlu didorong untuk terus merevitalisasi seni dan budaya yang dianggap mulai punah atau ditinggalkan masyarakat. 

Semakin sering seni dan budaya tersebut digelar, maka peluang warisan tak ternilai itu menggema kembali dan lestari akan semakin besar.

Atas keprihatinan terhadap kelestarian budaya negeri Cianjur tercinta ini, bila Allah berkenan kami sudah merancang dengan Irvan Rivano Muchtar untuk menyiapkan anggaran peningkatan budaya Cianjur. Mari kita jaga dan majukan seni budaya yang tak ternilai itu! (fl/c.com)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 9 jam yang lalu

Dugaan Penyimpangan APBD Menguat

TERNYATA, dugaan penyimpangan dan tanggapan miring terhadap pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar tak hanya ramai dilontarkan masyarakat dan para aktivis saja, namun hal tersebut juga menjamur…

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Konsultasi Publik Revisi RTRW Disorot

PELAKSANAAN kegiatan konsultasi publik revisi Renca Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Cianjur 2011-2013 disorot.

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

PT TSW Akan Ditutup, Camat Upayakan Mediasi

MENYIKAPI pernyataan pengusaha PT Three Six World (PT TSW), yang dalam waktu dekat akan menutup usahanya, Kecamatan Ciranjang akan menggelar rapat dengan para pihak terkait. Langkah tersebut dilakukan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Galian C Pasir Lemu Karangtengah Makan Korban

GALIAN C Kampung Pasir Lemu RT, 02 /05, Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, minggu 16/07 sekira pukul 11,15 Wib, ambruk menutupi dua alat berat (Beko) hingga satu orang opratornta tewas seketika…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Jembatan Gantung Kali Cilaku Rusak Berat

JEMBATAN gantung terbuat dari anyaman bambu, sepanjang keurang lebih 100 meter, lebar 1,2 meter, yang melintasi kali Cilaku kondisinya rusak berat.

Aktualita 16/07/2018 07:00 WIB

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:11 WIB

Tahun ini, Rp3,5 M untuk Proyek Buku RT

DANA Rukun Tetangga (RT) yang diluncurkan pemerintah Kabupaten Cianjur setiap tahunnya, kerap jadi bidikan kalangan pengusaha yang berniat mengais keuntungan.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:09 WIB

Warga Mekargalih Kudu Waspada

WARGA Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur harus lebih waspada saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, tak berpenghuni.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:07 WIB

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 15/07/2018 20:15 WIB

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.