Selasa, 24 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Kang Herman: Jaga & Majukan Seni Budaya Cianjur!

BERITACIANJUR.COM

Sabtu, 22 Agustus 2015 - 13:57 WIB

Seni non pertunjukan bila tanpa perhatian akan mati dengan sendirinya...
Seni non pertunjukan bila tanpa perhatian akan mati dengan sendirinya...
A A A

CATATAN PINGGIR KANG HERMAN SUHERMAN...

Sejatinya peningkatan seni dan budaya Cianjur akan berdampak kepada kemajuan Cianjur. Berdasarkan catatan saya, seni dan budaya cukup banyak, bahkan jumlahnya mencapai ratusan jika digabungkan dengan seni non pertunjukan.

Namun ada hal mendesak yang perlu diupayakan untuk melestarikan dan memajukan seni budaya Cianjur, agar tak lenyap dalam riak budaya kehidupan masyarakat Cianjur. Seni non pertunjukan seperti seni griya dan seni rupa misalnya, adalah seni yang kini jarang bermunculan dan bisa dibilang hampir punah di Cianjur.

Pada intinya ada tiga indikator yang jadi penyebab hampir punahnya seni budaya itu sendiri; Pertama, regenerasi tidak berjalan dengan mulus. Kedua, frekuensi pegelarannya semakin jarang. Dan ketiga, yakni semakin ditinggalkan masyarakat . 

Padahal, sebagai penikmat dan pendukung hidupnya seni budaya, peran masyarakat sangat dominan. Faktor penyebab lain adalah, peralatan yang digunakan untuk pagelaran seni budaya sangat minim. Perlu jadi catatan bahwa andai masyarakat tidak peduli, maka seni dan budaya itu pun akan mati dengan sendirinya.

Oleh karena itu, upaya pencegahan mutlak harus dilakukan. Caranya dengan mewariskan kepada generasi muda. Tokoh budaya didorong agar melakukan kegiatan seni dengan melibatkan generasi muda, untuk melanjutkan keterampilan dan wawasan seni budaya itu sendiri.

Tokoh seni budaya yang lebih tua perlu diberikan peluang dan fasilitas proporsional untuk mendidik keluarga, atau orang terdekat agar dapat mewariskan 'kekayaan' Negeri Cianjur tersebut kepada generasi lebih muda.

Memang perlu diakui fasilitas dan anggaran merupakan hal penting untuk menghidupkan kembali seni budaya yang mati suri. Disamping itu tak kalah pentingnya, keterlibatkan para pakar seni budaya baik dari akademisi maupun praktisi seni, perlu didorong untuk terus merevitalisasi seni dan budaya yang dianggap mulai punah atau ditinggalkan masyarakat. 

Semakin sering seni dan budaya tersebut digelar, maka peluang warisan tak ternilai itu menggema kembali dan lestari akan semakin besar.

Atas keprihatinan terhadap kelestarian budaya negeri Cianjur tercinta ini, bila Allah berkenan kami sudah merancang dengan Irvan Rivano Muchtar untuk menyiapkan anggaran peningkatan budaya Cianjur. Mari kita jaga dan majukan seni budaya yang tak ternilai itu! (fl/c.com)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 23 menit yang lalu

Siswa SMK Berikan Sarung Cinta Untuk Mak Icih

RAUT sumringah terlihat dari wajah Mak Icih, saat puluhan siswa dari salah satu SMK kesehatan swasta di Sukabumi mendatangi kediamannya di Kampung Cikaret, Gang Al Falah, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.

Cianjur Euy 24 menit yang lalu

IPM Kabupaten Cianjur Jeblok, Paling Bontot di Jawa Barat

INDEKS Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Cianjur, masih relatif jeblok. Posisinya pada 2017 berada paling bontot dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat. Hal itu, diungkapkan anggota DPRD Kabupaten Cianjur,…

Cianjur Euy 25 menit yang lalu

Perpres TKA Berdampak Plus Minus Bagi Daerah

PENERAPAN Peraturan Presiden Nomor 20/2018 tentang penggunaan tenaga kerja asing (TKA) memiliki dampak positif dan negatif bagi dunia kerja di daerah. Sebab, hingga kini masih banyak calon tenaga kerja…

Aktualita 13 jam yang lalu

Masyarakatnya Masih Miskin Malah Bangun Gedung

TAK hanya melabrak aturan, Megaproyek Campaka dinilai sejumlah kalangan dibangun di saat kondisi kemiskinan di Cianjur cukup memprihatinkan.

Aktualita 13 jam yang lalu

Dirut RSUD Klaim Tak Ada Masalah

DIREKTUR Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, Ratu Tri Yulia mengaku sudah memenuhi panggilan penyidik Kepolisian Resor (Polres) Cianjur untuk dimintai keterangan.

Si Maung 15 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 15 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Cianjur Euy 23/04/2018 18:46 WIB

Laporan Keuangan Desa di Cianjur Belum Seragam

PEMERINTAHAN Desa (Pemdes) di Kabupaten Cianjur masih belum seragam dalam sistem laporan keuangan desa. Ada yang masih menggunakan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa (Silokades) tapi juga yang sudah menerapkan…

Cianjur Euy 23/04/2018 18:45 WIB

Satlantas Pantau Ruas Infrastruktur Jalan

SATUAN Lalulintas Polres Cianjur, mengagendakan survei pemantauan ruas-ruas infrastruktur jalan menjelang arus mudik Idul Fitri 2018. Hal itu diungkapkan Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Rendy Setia Permana,…

Bisnis Line 23/04/2018 18:30 WIB

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…