Kamis, 14 Desember 2017 | Cianjur, Indonesia

Daging Sapi Mahal, Pedagang Bakso Putar Otak

Nuki Nugraha

Senin, 24 Agustus 2015 - 10:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Meroketnya harga daging sapi hingga Rp 120 ribu per kg saat ini berdampak sangat besar kepada para pedagang bakso. Pasalnya, 85 persen bahan baku pedagang ini menggunakan daging sapi.

Para pedagang pun mengaku galau dengan kondisi tersebut karena tidak mungkin sekonyong-konyong harus menaikkan harga jual baksonya kepada pembeli. “Bisa-bisa mereka kabur tidak mau beli,” ucap Sukono (45) seorang pedagang bakso kepada wartawam, Minggu (23/8).

Sukono dan rekan sesama pedagang lainnya pun terpaksa harus memutar otak untuk menekan penambahan biaya produksi. Salahsatunya dengan mencampur daging sapi dengan daging ayam sebagai bahan olahan membuat bakso.

Cara seperti itu, dikatakan Ketua Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (Apmiso), Trisetyo Budiman, menjadi cara yang lazim dilakukan pedagang saat terjadi kenaikan harga daging seperti yang terjadi sekarang ini.

"Kita menaikkan harga (bakso) atau mencampur dengan daging ayam. Kalau harga bakso naik, daya beli masyarakat melemah," ujar Budiman di Jakarta, Minggu (23/8).

Namun begitu, diakui dia, cara seperti itu pastinya akan menurunkan kualitas dari bakso itu sendiri karena tidak selezat jika dibuat seluruhnya dari daging sapi. "Kalau dicampur ayam rasanya nggak seenak kalau pakai daging sapi saja, jadi ini menurunkan penjualan juga," ucapnya.

Pihaknya pun tengah mencari cara agar para pedagang bakso bisa mendapatkan daging sapi dengan harga terjangkau. Saat ini, Apmiso berupaya memotong rantai pasokan daging sapi ke pedagang bakso agar bisa mendapatkan harga lebih murah.

“Bila selama ini para pedagang bakso membeli daging sapi dari pasar tradisional, ke depan Apmiso akan membuat koperasi pedagang bakso yang membeli daging sapi langsung dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Dengan cara ini, diharapkan para pedagang bakso bisa mendapatkan daging sapi dengan harga di bawah Rp 100.000/kg,” ungkapnya. (net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 10 jam yang lalu

24 Siswa SMK Darmawangsa Siap Prakerin

Sebanyak 24 siswa kelas XI SMK Kesehatan Darmawangsa Cianjur, dinyatakan siap melaksanakan prakerin 2017-2018 dengan usainya pelaksanaan ujian pra-prakerin (UPP).

Aktualita 11 jam yang lalu

Cegah Difteri dengan Imunisasi

WABAH difteri di Cianjur makin meluas sehingga meneror masyarakat. Betapa tidak, di sepanjang 2017, tercatat 11 orang di lima lokasi berbeda terjangkit dan dua di antaranya meninggal dunia.

Aktualita 11 jam yang lalu

Dinkes Bilang Vaksin Halal, MUI: Kami Belum Pernah Terbitkan Sertifikasi Halal

KEPALABidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Neneng Efa Fatimah mengatakan, masih banyak warga Cianjur yang belum sadar pentingnya imunisasi.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Rem Blong, Truk Tronton Seruduk Mobil dan Pagar Rumah

KECELAKAAN kembali terjadi di ruas Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, Kampung/Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Rabu (13/12/2017) sekitar pukul 05.00 WIB.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Nasib Ratusan Buruh PT Ikon Garmindo, Harus Diselesaikan di Pengadilan

ANJURAN penyelesaian persoalan hak-hak buruh PT Ikon Garmindo ke ranah Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), ternyata tidak hanya disampaikan pihak Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Cianjur. 

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Tak Mudah Terbuai Iming-iming Investor

Alih fungsi lahan produktif di Kabupaten Cianjur terbilang menggila. Ratusan bahkan ribuan hektar lahan pesawahan di Kabupaten yang mayoritas masyarakatnya bergelut di bidang agraris (pertanian, red)…

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

2018 Bantuan DD Akan Naik Kabar Hoax

Kabar adanya kenaikan untuk pagu bantuan Dana Desa (DD) di Tahun 2018, nyatanya sebatas berita bohong belaka alias Kabar Hoax.  Hal tersebut dikatakan Kepala Desa Mekarwangi, Kecamatan Haurwangi, Cecep…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Pemenang Tender Terbukti Subkan Pekerjaan

TERUNGKAP, pelaksanaan kegiatan perataan dan pemagaran pembangunan Masjid Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi ternyata disub kontrakkan oleh pihak pemenang tender.

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

MTs Manarulhuda Adakan Bengkel Kreasi Siswa

MTs Manarulhuda mengadakan kegiatan Bengkel Kreasi Siswa, selasa (12/12) pagi hari. Kegiatan yang berlangsung di lingkungan sekolah, Desa Sukamanah Kecamatan Karangtengah itu dihadiri orangtua siswa dan…

Cianjur Euy 18 jam yang lalu

Pemkab Siap Laksanakan Kebijakan Satu Jalur

Uji coba kebijakan satu jalur di sejumlah ruas jalan di wilayah perkotaan Kabupaten Cianjur ditunda hingga awal Januari 2018. Fokus pengamanan dan rekayasa lalulintas menghadapi Natal dan Tahun baru menjadi…