Rabu, 23 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Daging Sapi Mahal, Pedagang Bakso Putar Otak

Nuki Nugraha

Senin, 24 Agustus 2015 - 10:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM – Meroketnya harga daging sapi hingga Rp 120 ribu per kg saat ini berdampak sangat besar kepada para pedagang bakso. Pasalnya, 85 persen bahan baku pedagang ini menggunakan daging sapi.

Para pedagang pun mengaku galau dengan kondisi tersebut karena tidak mungkin sekonyong-konyong harus menaikkan harga jual baksonya kepada pembeli. “Bisa-bisa mereka kabur tidak mau beli,” ucap Sukono (45) seorang pedagang bakso kepada wartawam, Minggu (23/8).

Sukono dan rekan sesama pedagang lainnya pun terpaksa harus memutar otak untuk menekan penambahan biaya produksi. Salahsatunya dengan mencampur daging sapi dengan daging ayam sebagai bahan olahan membuat bakso.

Cara seperti itu, dikatakan Ketua Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (Apmiso), Trisetyo Budiman, menjadi cara yang lazim dilakukan pedagang saat terjadi kenaikan harga daging seperti yang terjadi sekarang ini.

"Kita menaikkan harga (bakso) atau mencampur dengan daging ayam. Kalau harga bakso naik, daya beli masyarakat melemah," ujar Budiman di Jakarta, Minggu (23/8).

Namun begitu, diakui dia, cara seperti itu pastinya akan menurunkan kualitas dari bakso itu sendiri karena tidak selezat jika dibuat seluruhnya dari daging sapi. "Kalau dicampur ayam rasanya nggak seenak kalau pakai daging sapi saja, jadi ini menurunkan penjualan juga," ucapnya.

Pihaknya pun tengah mencari cara agar para pedagang bakso bisa mendapatkan daging sapi dengan harga terjangkau. Saat ini, Apmiso berupaya memotong rantai pasokan daging sapi ke pedagang bakso agar bisa mendapatkan harga lebih murah.

“Bila selama ini para pedagang bakso membeli daging sapi dari pasar tradisional, ke depan Apmiso akan membuat koperasi pedagang bakso yang membeli daging sapi langsung dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Dengan cara ini, diharapkan para pedagang bakso bisa mendapatkan daging sapi dengan harga di bawah Rp 100.000/kg,” ungkapnya. (net)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 17 menit yang lalu

Ini Pemborosan dan Penyelewengan Anggaran

PENGAKUAN Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman yang menyebutkan bahwa dirinya dan pejabat Pemkab Cianjur lainnya termasuk bupati, menerima bagian dari alokasi dana insentif pemungutan Pajak Penerangan…

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Kapolres Minta Personel Jalankan Buddy System

KAPOLRES Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH mengimbau personelnya agar meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam melaksanakan tugas dilapangan sebagai upaya antisipasi aksi teror.

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Karyawan Perumdam Tirta Mukti Tingkatkan Ibadah

BULAN Ramadan menjadi momentum setiap orang untuk berlomba mendapatkan pahala di bulan suci itu. Tak terkecuali para karyawan di lingkungan Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti Cianjur.

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Disdukcapil Minta Perbaikan Jaringan Dipercepat

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait adanya gangguan server dalam pembuatan KTP elektronik dalam tiga hari terakhir.

Si Maung 9 jam yang lalu

JAGA KEANGKERAN 'KANDANG MAUNG'

DEMI harga diri tampil di 'kandang maung' dan target menembus papan atas, kemenangan menjadi harga mati bagi Persib saat menjamu PSM Makassar dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-10, di Stadion Gelora Bandung…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

CAI Soroti Pendirian Mall GSP Ciranjang

PENDIRIAN Ruko dan Mall GSP Ciranjang kembali mendapat sorotan publik. Kali ini sorotan tajam disampaikan kalangan aktivis yang tergabung dalam Cianjur Aktivis Independen (CAI).

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Pemicu Terjadinya Macet Di Ciranjang Bertambah

JALAN raya Cianjur - Bandung tepatnya di pertigaan jalan masuk ke pasar, Bojongpicung dan menuju jalan Jati, setiap harinya tak pernah sepi kendaraan motor maupun mobil.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

PJU Tak Ada, Jalan Kebon Jeruk Rawan Lakalantas

TIDAK tersedianya fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang ruas jalan Ciranjang - Bojongpicung tepatnya di Kampung Kebon Jeruk, Kecamatan Bojongpicung menyebabkan lokasi tersebut rawan terjadi…

Aktualita 24 jam yang lalu

Wabup Akui Nikmati Upah Pungut

TERNYATA, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman mengakui jika dirinya memang menerima bagian dari alokasi dana insentif pemungutan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU). Kok bisa?

Cianjur Euy 22/05/2018 06:05 WIB

Longsor Tutup Akses Jalan Ke Gunung Padang

BENCANA longsor kembali menerjang Kabupaten Cianjur, kini terjadi di wilayah Kecamatan Campaka. Akibatnya, akses jalan menuju situs Meghalitikum Gunung Padang sempat tertutup longsoran tanah, Jumat (18/5/2018)…