Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Si Konar, Titisan Sang Panglima Viking Persib Club dari Cianjur

Gia Gusniar

Senin, 22 Februari 2016 - 17:44 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM - Almarhum Panglima Viking Persib Club, Ayi Beutik, merupakan sosok penting dalam sejarah perkembangan dunia suporter sepakbola di Indonesia. Dengan segala kontroversi semasa hidupnya, hingga saat ini namanya masih dikenang oleh para bobotoh Persib.

Tak hanya dikenang, sosok fenomenal yang telah menghembuskan nafas terakhirnya pada 9 Agustus 2014 ini, diidolakan para bobotoh. Gaya dan karakternya saat memimpin ribuan bobotoh di stadion kala mendukung Persib pun banyak diikuti para fans setianya.

Dari jutaan bobotoh yang ada di dunia, ada satu sosok yang ternyata merupakan anggota Viking yang sudah dianggapnya sebagai adik kesayangannya. Ia adalah Alan Konar, Panglima Viking Underground Cianjur asal Ciranjang. Tak hanya dekat dengan Almarhum, gaya dan karakternya saat berada di stadion pun nyaris sama.

Pengalaman yang dianggapnya paling luar biasa, saat ia menggantikan posisi Ayi Beutik pada laga persahabatan Persib kontra Bali United, di Stadion Siliwangi Bandung, Sabtu (13/2) lalu. Entah ada angin apa, tiba-tiba saja ia naik ke atas pagar, tempat di mana biasanya Ayi Beutik memimpin bobotoh lainnya untuk mendukung Persib dengan yel-yel dan nyanyian khas bobotoh.

“Saat itu, Dirijen Viking, Mang Yana Bool belum datang. Saya langsung naik ke pagar dan memimpin yel-yel. Itu pengalaman yang luar biasa ketika ribuan bobotoh lainnya mengikuti instruksi saya. Saat itu saya haru, sedih, teringat Almarhum karena di posisi itu biasanya ditempati Mang Ayi Beutik,“ ujar Alan yang juga akrab dipanggil Komeng, kemarin.

Komeng pantas bangga. Pasalnya, tak sembarangan anggota Viking yang bisa naik ke pagar dan memimpin yel-yel yang biasanya dilakukan oleh Almarhum dan Dirijen Viking, Yana Bool. Sebelumnya, pernah ada anggota Viking melakukan hal yang sama seperti dilakukan Komeng. Namun yang terjadi, anggota Viking tersebut malah menyoraki untuk turun.

Komeng mengaku, banyak pengalaman berkesan saat bersama Ayi Beutik. Termasuk ketika ia diberi nama “Konar” oleh Almarhum. “Nama asli saya Allan Ramdani, di Cianjur suka disebut Komeng. Tapi saat dulu rambut saya pake cat kuning ketika mau nonton tandang, Almarhum memberikan nama Konar. Akhirnya di Bandung dan dari bobotoh daerah lainnya ikut manggil Konar sampai sekarang,“ katanya.

Ketua Viking Underground Cianjur, Beni Sumarna pun membenarkan hal tersebut. Menurutnya, Konar merupakan satu-satunya anggota Viking di Cianjur yang paling dekat dengan Ayi Beutik.

“Dulu saat Ayi Beutik ke Cianjur, Almarhum pernah minta tolong ke saya untuk menjaga Konar. Di mata Mang Ayi, Konar merupakan anggota Viking paling loyal,“ akunya.

Selain paling dekat, sambung Beni, Konar juga satu-satunya anggota Viking di Indonesia yang berani melemparkan kue ke muka Ayi Beutik saat Almarhum berulang tahun.

“Saya lupa ulang tahun yang ke berapa, tapi saat itu ga ada satu pun anggota Viking yang berani melemparkan kue ulang tahun ke muka Mang Ayi. Cuma dia (Konar) yang berani. Hasilnya, Mang Ayi juga merasa terkesan,“ pungkasnya. (gg)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…