Kamis, 18 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Elektabilitas Ridwan Kamil Merosot

Gia Gusniar

Rabu, 24 Februari 2016 - 09:00 WIB

net
net
A A A

BERITACIANJUR.COM - Nama Ridwan Kamil digadang-gadang bisa menyaingi Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama (Ahok). Namun Wali Kota Bandung yang akrab disapa Kang Emil, belum juga menyatakan diri mau maju atau tidak pada pemilihan kepala daerah DKI Jakarta 2017.

Tak tegasnya Emil menentukan sikap membuat masyarakat Jakarta tak lagi mempertimbangkan Emil sebagai salah satu calon yang akan mereka pilih. Hal tersebut diungkapkan peneliti di Cyrus Network, Hasan Nasbi

"Coba dari tahun lalu dia bilang "insya Allah saya akan maju di Jakarta, tolong doakan". Apa yang dia lakukan di Bandung bisa jadi nilai tambah. Kalau sekarang apa yang dia lakukan tidak jadi nilai tambah. Karena orang tidak menganggap dia sebagai calon," kata Hasan, Selasa (23/2).

Hasil survei terbaru jelang pemilihan kepala daerah DKI Jakarta 2017 yang dilakukan Populi Center menempatkan Ahok di urutan teratas dengan angka 52,2 persen. Di bawahnya ada Emil, namun dengan elektabilitas hanya 12 persen.

Dari catatan Hasan, elektabilitas Ahok dan Emil sebelumnya tidak terlampau jauh, yakni di  kisaran 10-15 persen. Hasan menyebut dari survei yang pernah ia lakukan pada April 2015, selisih elektabilitas antara Ahok dan Emil hanya sekitar 5 persen.

"Tapi sekarang sudah 40 persen, sudah makin lebar. Tapi kalau jaraknya seperti ini, masih berani enggak tuh Kang Emil untuk maju di Jakarta?" ujar Hasan.

Ia menilai Emil bisa saja kembali meningkatkan elektabilitasnya. Namun, Hasan menegaskan satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendeklarasikan diri sesegera mungkin.

"Semakin lama dia mendeklarasikan diri sebagai calon definitif, semakin kehilangan banyak waktu dia. Kalau jaraknya (elektabilitas) semakin lebar, akan semakin sulit untuk mengalahkan Ahok," ucap Hasan. (net/gg)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 18 jam yang lalu

Hati-hati, Limbah Medis di RSUD Masih Numpuk

MESKI berbahaya bahkan mengancam kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya, namun persoalan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di RSUD Sayang Cianjur, yang dibiarkan menumpuk di ruangan…

Kick Off 19 jam yang lalu

Poin Perdana Maung di Partai Perang Para Mantan, Ini Catatan Gomez

PERANG para mantan mewarnai duel antara Persib kontra Sriwijaya FC. Maung Bandung berhasil membuka Piala Presiden 2018 dengan kemenangan.

Cianjur Euy 16/01/2018 21:43 WIB

Irda Didesak Tindak Tegas!

INSPEKTORAT Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur diminta fokus dan serius dalam melakukan pemeriksaan terhadap pegawai dan pejabat di lingkungan RSUD Sayang, Cianjur yang diduga terlibat melakukan pungutan…

Aktualita 16/01/2018 08:00 WIB

Innalillahi, Bahan Berbahaya dan Beracun Dibiarkan Numpuk

RSUD, oh, RSUD. Ada apa dengan RSUD Sayang Cianjur? Dua mhasalah besar belum juga selesai, kini rumah sakit plat merah tersebut kembali menjadi sorotan publik. Betapa tidak, limbah bahan berbahaya dan…

Cianjur Euy 16/01/2018 07:55 WIB

Satu Pelaku Pesta Seks Sesama Jenis Ditetapkan sebagai Tersangka

SATU dari lima orang pelaku pesta seks sesama jenis di salah satu Komplek Villa di kawasan Cipanas, Sabtu (13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Cianjur Euy 15/01/2018 22:55 WIB

Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Bertani

Pemerintah Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu mendorong warga setempat untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk mengembangkan pertanian. Pasalnya lahan pertanian diwilayah itu terus berkurang, akibat…

Cianjur Euy 15/01/2018 22:53 WIB

Waspadai Angin Kencang, Pemkab Diminta Tebang Pohon

Kondisi cuaca ekstrim yang terjadi mengharuskan warga dan pengendara yang melintas di sejumlah ruas jalan di Cianjur agar mewaspadai bahaya pohon tumbang akibat terjangan angin kencang.

Cianjur Euy 15/01/2018 22:51 WIB

Wabup: Hari Ini Harga Daging Ayam di Cianjur Rp 33 Ribu/Kg

MENGHILANGNYA daging ayam potong di sejumlah Pasar Tradisional di Cianjur dalam tiga hari terakhir, akibat mogok berjualannya pedagang membuat Pemkab Cianjur bergerak cepat untuk menyelesaikan persoalan…

Aktualita 15/01/2018 08:00 WIB

Ada Indikasi Penyimpangan, Kapan Ditindak?

DUA permasalahan besar di RSUD Sayang Cianjur, semakin menjadi sorotan bahkan membuat geram sejumlah kalangan. Betapa tidak, meski sudah meresahkan dan mengorbankan banyak masyarakat, namun hingga saat…

Cianjur Euy 15/01/2018 07:30 WIB

Ada 1 Pelajar dan 1 Ayah Beranak Tiga, 5 Pelaku Ditangkap Saat Bugil

IRONIS, di Kota Santri yang memiliki program ‘Cianjur Lebih Maju dan Agamis’, ada pesta seks sesama jenis. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu ((13/1/2018) sekitar pukul 22.00 Wib.