Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Ingin Terlihat 'Single', Kartu Nikah pun Banyak Dipalsukan

Tim Redaksi

Rabu, 24 Februari 2016 - 17:33 WIB

net/illlustrasi
net/illlustrasi
A A A

BERITACIANJUR.COM - Jangan pernah berupaya memalsukan dokumen pernikahan karena perkaranya bisa berbuntut panjang. Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai Pegawai Pencatat Nikah (PPN) memastikan status palsu seseorang menjadi tanggung jawab Kepala Desa.

Dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 11 Tahun 2007 Tentang Pencatatan Nikah disebutkan kedudukan PPN dengan Pembantu PPN (P3N) atau biasa disebut amil Desa.

Dalam aturan itu dinyatakan P3N sebagai anggota masyarakat tertentu yang diangkat oleh Kepala Kandepag Kabupaten untuk membantu tugas-tugas PPN di desa tertentu. Selain itu diperjelas dalam Instruksi Dirjen Bimas Islam  Nomor DJ.II/I Tahun 2015 Tentang Pengangkatan P3N, jika kedudukan P3N itu merupakan bagian dari aparat pemerintahan desa.

Sehingga Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cugenang, Anwar Munawar angkat suara terkait perilaku oknum P3N yang mencoreng lembaga pernikahan. Pihaknya menolak bertanggungjawab karena P3N menjadi bagian tak terpisahkan dari perangkat desa dan tanggung jawabnya berada di Kepala Desa.

“Jadi segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas yang dijalankan P3N kewenangannya ada di pemerintahan desa yang dipimpin oleh Kepala Desa,” ucapnya kepada “BC” Selasa (23/2).

Disinggung tentang fenomena status palsu, perempuan bersuami dinyatakan perawan maupun pria beristri dinyatakan jejaka yang terjadi di lapangan. Anwar dengan tegas, adanya kesalahan data terjadi diakibatkan oleh perilaku oknum P3N. Soalnya, sejauh ini sudah menerapkan aturan yang ketat berkaitan dengan persyaratan bagi masyarakat yang akan melangsungkan pernikahan.

“Namun berkaitan dengan status janda atau duda yang dipalsukan menjadi perawan atau jejaka kami tidak bertanggung jawab karena itu dibuat di desanya melalui oknum P3N,”  katanya.(ree)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 3 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Bisnis Line 13 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:52 WIB

Harga Daging Ayam di Cianjur Masih Capai Rp 36 Ribu Per Kg

MESKI harga daging ayam potong di Cianjur disepakati Rp 33 ribu per kilogram (Kg). Namun, dipasaran harga daging unggas itu masih terbilang mahal, mencapai Rp 36 ribu per kg.