Senin, 22 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Tingkatkan Kesejahteraan, BPJSTK Bidik Pekerja Informal

Asri Fatimah

Kamis, 25 Februari 2016 - 15:32 WIB

bc/k-1
bc/k-1
A A A

BERITACIANJUR.COMBPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Cianjur memberikan pembekalan pada 20 orang terpilih selama dua hari, yakni 24-25 Februari 2016. Kegiatan yang digelar di aula Dekopinda ini, bertujuan untuk menyampaikan informasi terkait BPJS Ketenagakerjaan pada pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) seperti petani, pedagang, buruh harian lepas, untuk membantu meningkatkan kesejahteraan.

Senior Manager BPJSTK Fattiwel Siahaan mengatakan, sosialisasi program ini dilakukan lantaran Cianjur menjadi salah satu dari empat kabupaten/kota untuk pilot project di Provinsi Jawa 

“Di sini kita paparkan ‘Si Tampan’, yakni tenang, aman dan mapan kepada para pekerja informal. Melalui program ini, pekerja informal akan mendapatkan jaminan kecelakaan, jaminan kematian dan tabungan di hari tua,” terangnya.

Disebutkannya, berdasarkan hasil sensus 2015, ada sekitar 1.460.000 pekerja informal di Kabupaten Cianjur. Dari jumlah tersebut, yang baru terdaftar sebagai anggota BPJSTK hanya 2.000 orang.

"Mayoritas dari mereka sebagi pekerja informal tidak tahu apa itu BPJSTK. Karenanya banyak yang belum nabung. Untuk saat ini target kita adalah minimal masyarakat tau saja dulu apa itu BPJSTK dan apa manfaatnya, karena itu haknya," tuturnya.

Diterangkan, para peserta BPJSTK tidak perlu dikhawatirkan dengan pembiayaan, pasalnya nilainya tidak terlalu besar. Untuk jaminan kecelakaan, peserta cukup membayar per bulannya 1 persen dari penghasilan. Sedangkan untuk jaminan kematian, cukup membayar Rp 6.500 dan untuk jaminan hari tua, membayar dua persen dari hasil kerjanya.

"Karena penghasilan pekerja informal tidak pasti, maka dalam sebulan kita ambil paling rendah itu 1 juta. Artinya untuk mendapatkan tiga produk tersebut, cukup dengan membayar Rp 43.000 dalam satu bulan," katanya.

Koordinator wilayah Cianjur, Dedi Ferryandi mengatakan, untuk menjadi anggota BPJSTK, peserta cukup membawa e-KTP.

“Tidak perlu membawa KK serta identitas lainnya, karena dengan e-KTP kita sudah bisa mengakses data lainnya di dinas kependudukan untuk kelengkapan datanya,” terangnya.

Ditambahkan, Kepala BPJS Cabang Kabupaten Cianjur Joko Sundoro mengatakan, program ini dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja informal. “Jadi sekarang ini yang mendapat jaminan bukan hanya mereka yang bekerja di perusahaan saja, melainkan petani juga bisa dapat jaminan,” tambahnya.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 3 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Bisnis Line 13 jam yang lalu

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 13 jam yang lalu

Mayat Pria Tanpa Identias Ditemukan Mengambang

MAYAT pria tanpa identitas ditemukan mengambang di genangan air Blok Sungai Citarum, Kampung Cinangsi RT 02/10, Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Minggu (21/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Aktualita 19/01/2018 13:13 WIB

Pemkab Cianjur Tolak Kebijakan Impor Beras

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan, Wakil Cianjur, Herman Suherman, saat menghadiri acara panen raya padi di…

Aktualita 19/01/2018 08:00 WIB

Terbongkar, RSUD Masih Berkilah

PENYEBAB amburadulnya pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, sudah terbongkar. Namun pejabat rumah sakit plat merah tersebut masih…

Aktualita 19/01/2018 07:55 WIB

Komisi III Sidak, Pejabat RSUD Tak Ada di Tempat

KOMISI III DPRD Cianjur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sayang Cianjur, Kamis (18/1/2018) siang.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:54 WIB

Aksi Maling Zaman Now

AKHIR-akhir ini kawanan maling spesial kantor desa tengah giat melancarkan aksinya ke sejumlah desa di wilayah Timur Kabupaten Cianjur.

Cianjur Euy 18/01/2018 22:53 WIB

Pencetakan e KTP Dipusatkan di Kecamatan Ciranjang

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur menunjuk Kecamatan Ciranjang sebagai tempat pusat layanan pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi masyarakat yang ada di 5 Kecamatan. Antaralain, Kecamatan Ciranjang,…

Bisnis Line 18/01/2018 22:51 WIB

Cugenang Jadi Pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanah PTSL

MINGGU ketiga di bulan Januari 2018 Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur mulai menggarap program nasional sertifikasi tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap…

Cianjur Euy 18/01/2018 21:52 WIB

Harga Daging Ayam di Cianjur Masih Capai Rp 36 Ribu Per Kg

MESKI harga daging ayam potong di Cianjur disepakati Rp 33 ribu per kilogram (Kg). Namun, dipasaran harga daging unggas itu masih terbilang mahal, mencapai Rp 36 ribu per kg.