Rabu, 20 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Cap Go Meh di Cianjur, Sederhana Tapi Meriah

M. Arlan Akbar

Jumat, 26 Februari 2016 - 08:00 WIB

BC/Dok
BC/Dok
A A A

BERITACIANJUR.COM - Perayaan Cap Go Meh berlangsung sederhana namun tetap meriah. Warga, terutama keturunan Tionghoa menyambut antusias perayaan hari terakhir masa perayaan Tahun Baru Imlek. Perayaan Cap Go Meh di Cianjur tidak dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Panitia Cap Go Meh memusatkan kegiatan di lingkungan Vihara Tridarma.

Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh yang menjadi tamu undangan khusus menuturkan alasan perayaan Cap Go Meh tidak seperti biasanya, yakni di lokasi umum, bisa dimanfaatkan sebagai masa tenang dan tidak dianggap perayaan setelah berakhirnya pesta politik setelah proses Pemilukada 2015 beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, dirinya mengucapkan selamat secara pribadi kepada warga keturunan yang merayakan Cap Go Meh. Dirinya berharap, warga keturunan di Cianjur dapat menjalankan ritual ibadah di tempatnya berlangsung dengan aman dan lancar.    

“Pemda tidak memberikan izin rekomendasi seperti biasa, bukan berarti untuk mengecilkan perayaan Cap Go Meh bagi masyarakat warga keturunan yang menjadi bagian masyarakat Cianjur. Karena perayaannya masih bisa diselenggarakan di masing-masing tempat,” katanya kepada “BC”, Kamis (25/2).

Sementara itu, Ketua Majlis Tridarma Tedi Suherman mengatakan, perayaan Cap Go Meh yang diselengarakan di lingkungan vihara dihadiri oleh umat berjumlah ratusan yang datang sejak pagi. Selain jamaah vihara, perayaan Cap Go Meh juga dihadiri kalangan umum dari masyarakat setempat.

“Malam Cap Go Meh, vihara sudah ramai oleh umat yang melangsungkan sembahyang. Dilanjutkan ibadah siang hari lalu ritual seopeh atau pemindahan patung Dewi Avalokitesvara (Kwan Im) dari lokasi altarnya untuk memudahkan ibadah umat dari pukul 12-14.00 WIB,” ungkapnya.

Terpisah, Panitia Cap Go Meh Vihara Tridarma Cianjur Yanto Kusumajaya menuturkan, acara utama Cap Go Meh dari vihara berlangsung pada sore, sekitar pukul 16.00 hingga pukul 20.00 WIB malam. Kemeriahan Cap Go Meh terlihat dari adanya atraksi barongsai dan liong juga acara bazaar makanan.

“Ritual seopeh dipimpin oleh ramani untuk menentukan waktu kapan patung Dewi Dewi Avalokitesvara (Kwan Im) naik kembali ke altar pemujaan. Ritual ibadah pada Cap Go Meh ini lazim dilaksanakan umat Tridarma di seluruh Indonesia,” cetusnya.

Terkait dengan hasil bazaar, dikatakan Yanto, nantinya 25 persen hasil keuntungan akan ditujukan membantu pembangunan gedung serbaguna untuk kegiatan acara bakti sosial kesehatan yang rutin setiap tahun diselenggarakan.

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…