Jumat, 21 Juli 2017 - Pukul 09:39

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Selain Pesona Gunung Padang, Pemerintah Berikan Fasilitas Lain! Mau Tau?

Oleh: cr1 - Sabtu 27 Pebruari 2016 | 09:43 WIB

Selain Pesona Gunung Padang, Pemerintah Berikan Fasilitas Lain! Mau Tau?

BC/Dok

BERITACIANJUR.COM - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten (Disbudpar) Cianjur, Dedi Supriadi mengatakan, pembebasan lahan di zona inti nantinya dipergunakan sebagai kawasan eko wisata, eskavasi dan restorasi yang tidak bisa diganggu untuk pembangunan sarana pendukung.

 

"Nantinya untuk membangun fasilitas dan prasarana pendukung lainnya, hanya boleh dilakukan di zona pengembangan yang berada di luar zona inti," ujarnya.

 

Berdasarkan grand design yang sudah dibuat oleh Kemendikbud, Situs Gunung Padang dibagi dalam tiga zona, yakni zona inti, zona penyangga dan zona pengembangan. Dari ketiga zona tersebut, pemerintah pusat saat ini sedang melakukan pembebasan lahan zona inti seluas 21,9 hektar

 

"Penataan dan pengembangan situs Gunung Padang sebenarnya melibatkan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Hanya saja untuk anggaran pembebasan lahan di zona inti, semuanya diserahkan ke pemerintah pusat langsung," katanya.

 

Alasan dilimpahkannya anggaran pembebasan lahan zona inti ke pusat, karena pemerintah provinsi dan kabupaten tidak memiliki anggaran yang besar termasuk penataan zona penyangga.

 

"Penataan zona inti dan penyangga dilimpahkan ke pusat, sedangkan untuk zona pengembangan masih menunggu instruksi dari pusat apakah akan dilimpahkan ke Pemprov Jabar atau Pemkab Cianjur," katanya.

 

Menurutnya, jika nantinya pemerintah pusat melimpahkan kewenangan penataan zona pengembangan ke pemprov dan pemkab, ke depan akan dibangun berbagai fasilitas pendukung seperti home stay, restoran, lahan parkir serta akses masuk kendaraan.

 

"Pengembangan Situs Gunung Padang sangat penting, karena dapat menambah destinasi wisata bagi wisatawan domestik dan mancanegara khususnya di wilayah utara Cianjur. Sehingga bisa menambah PAD (pendapatan asli daerah) dari sisi restribusinya," tegasnya. (pls)

Komentar